22:00 . Peduli di Masa Pandemi Covid-19, Disabilitas di Bojonegoro Bagikan Ribuan Masker   |   21:00 . Datangi Kejari di Pantura, Kajati Jatim Sebut Banyak Inovasi Kejari Bojonegoro   |   20:30 . Waspada Efek Jangka Panjang Covid-19   |   20:00 . Dishub Bojonegoro Himbau Masyarakat Gunakan Jalur Alternatif Menuju Tuban   |   19:00 . Jembatan Glendeng Penghubung Bojonegoro-Tuban Kembali Ditutup Total   |   18:30 . Gejala Covid-19 Pada Lansia   |   18:00 . Dinsos Bojonegoro Rakor Terkait Evaluasi PKH 2020 dan Rencana PKH 2021   |   17:00 . Covid-19 Masih Mengancam, Kapolres Bojonegoro Gencar Operasi Yustisi   |   16:00 . Hujan Disertai Angin Kencang, Tiga Pohon Tumbang ke Jalan   |   15:00 . BMG Sabet Juara 2 Kategori AJP   |   14:00 . Pameran Virtual Bulan Desember, dari 30 Perupa untuk Indonesia   |   13:00 . Zahrotul Aini Peraih IPK Tertinggi yang Hobi Main Game   |   10:00 . Kasus Aktif Covid-19 Indonesia Lebih Baik dari Rata-Rata Dunia   |   09:00 . Pasien Sembuh Covid-19 di Indonesia Sudah Mencapai 458.880 Orang   |   08:00 . Warga Dusun Terpencil Boti Puji Kinerja Bupati Anna   |  
Thu, 03 December 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 22 July 2020 21:00

Bisnis Kambing Kurban Omzet Pria Ini Ratusan Juta

Bisnis Kambing Kurban Omzet Pria Ini  Ratusan Juta

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Nur Hakim, warga Ledokkulon, Bojonegoro, seorang penjual kambing Jawa dan Gibas mengaku meraup omzet hingga ratusan juta. Terlebih saat menjelang Hari Raya Idul Adha kali ini.

Menurutnya, setiap hari omzet yang ia peroleh mencapai Rp200 juta per bulan. Perolehan itu merangkak naik, saat  momentum Idul Adha/Hari Raya Kurban.

Usaha ternak sekaligus penjualan kambing Jawa dan Gibas telah dilakoninya sejak 25 tahun lalu. Ia menyulap lahan di sekitar Jalan Untung Suropati sekaligus Ledokkulon, sebagai kandang.

"Usaha ini sudah ada sejak 25 tahun lalu, ada dua lahan di sekitar Untung Suropati dan Ledokkulon yang disulap jadi kandang kambing Jawa dan Gibas. Apalagi pada momentum Idul Adha," tutur pria pemilik nama lenggkap Nur Hakim itu.

Menurutnya, hingga saat ini kambing Jawa dan Gibas yang ia miliki jumlahnya ada sekitar 100 ekor. Baik yang ada di kandang Daerah Klangon maupun Ledokkulon.

Usaha penjualan kambing, baginya cukup menggiurkan terlebih lagi ketika memasuki momentum Idul Adha/Hari Raya Kurban. Pasalnya bagi sebagian masyarakat muslim, momentum ini dipergunakan sebagai salah satu bentuk ibadah.

"Pasar selalu ada, khususnya untuk aqiqah dan hewan kurban saat Idul Adha. Namun yang cukup menggiurkan ketika momentum Idul Adha," ucapnya.

Pria yang akrab disapa Pak Nur ini, juga turut bercerita, masyarakat ketika momentum Idul Adha mencari kambing dalam keadaan sehat, berumur dan berbobot lebih dari 40 hingga 80 kilogram.

Kambing Jawa maupun Gibas berat 40 kilogram biasanya terjual seharga Rp2 juta, dan kambing seberat 80 kilogram mampu tembus pasaran hingga Rp4 juta.

"Antara kambing Jawa dan Gibas imbang. Tetapi sebagian Masyarakat Bojonegoro lebih memilih kambing Gibas. Yang terpenting kambing itu dalam keadaan sehat dan berumur," pungkasnya. [lis/liz]

Tag : Harga, omzet, kambing


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 29 November 2020 00:00

    Selamat Jalan Mas Safuan

    Selamat Jalan Mas Safuan Innalillahi wainna ilaihi roojiuun. Reporter blokBojonegoro.com, Mochamad Safuan meninggal dunia, Sabtu (28/11/2020) petang....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat