08:00 . Belum Berijin dan Jual Miras, Dua Karaoke di Mojoranu Diamankan   |   07:00 . Waspada, Pemberian MPASI Kurang Tepat Bisa Berisiko Stunting   |   19:00 . 3 Orang Sembuh, Tambahan 2 Positif Covid-19   |   18:00 . Hadirkan Hotspot Area Untuk Akses Jangkauan Informasi yang Luas   |   17:00 . Gotong Royong Masyarakat Samin yang Masih Terjaga   |   16:00 . Pandemi, Apakah Pentol Sejati Terdampak?   |   15:00 . Siap Jaga Kyai Dan NKRI, Santri IPSPN-NU Dikukuhkan   |   13:00 . 852 Modin Wanita Dapat Insentif Rp125 Ribu Tiap Bulan   |   12:00 . MTQ di Bojonegoro Dilaksanakan 15 Oktober Mendatang   |   10:00 . Perlancar Aliran Sungai, Pemkab dan Koramil Kerja Bakti   |   08:00 . Angin Kencang Akibatkan Rumah Rusak dan Pohon Tumbang   |   07:00 . Berikut Ciri-Ciri Sakit Jantung   |   23:00 . Makin Maju, Pesantren Mahasiswa Attanwir Diresmikan   |   22:00 . Intip Museum Pertanian di Wisata Edukasi Pejambon   |   21:00 . Wisata Edukasi Pejambon Diresmikan Menteri Desa   |  
Mon, 28 September 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 22 July 2020 13:00

Program Aku Sehat

Dinsos Provinsi Apresiasi EMCL dan STIKes ICsada

Dinsos Provinsi Apresiasi EMCL dan STIKes ICsada

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Apresiasi terhadap program kemitraan antara ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dan Kampus Ungu, STIKes ICsada Bojonegoro dalam melakukan kegiatan home care lanjut usia (Ho Re LU) yang dikemas melalui kegiatan Keluarga Binaan sebagai bagian dari Program Aku Sehat diberikan oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur dalam kunjungan yang sekaligus supervisi kegiatan kemitraan dunia usaha dengan perguruan tinggi mitra dinas sosial Jatim.

Keberhasilan STIKes ICsada memperoleh kepercayaan ExxonMobil sebagai pihak yang pertama kali menjalin kemitraan dalam menyelenggarakan program kesehatan merupakan anugerah yang patut diapresiasi untuk menginspirasi pihak-pihak lain dari kalangan dunia usaha agar tergerak untuk membantu perguruan tinggi dan mensukseskan program pemerintah.

Penghargaan diberikan Dinas Sosial Provinsi Jatim diberikan langsung oleh Kepala Dinas Provinsi Jatim, Dr.Alwi ,M.Hum, dan diserahkan pada Ichwan Arifin sebagai perwakilan EMCL dan Hasan Bisri, SE.,MSA sebagai Ketua STIKes ICsada Bojonegoro, setelah sebelumnya masing-masing pihak memaparkan presentasi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan.

Jalinan kemitraan antara EMCL dan STIKes ICsada berawal dari ketertarikan EMCL terhadap inovasi program pemberdayaan masyarakat terkait kesehatan yang terus dilakukan setiap tahun oleh Kampus Ungu STIKes ICsada, dengan hasil kegiatan yang dipublikasikan di berbagai kesempatan dalam bentuk buku saku, jurnal, berita di media massa dan lain-lain.

EMCL sebagai kalangan dunia usaha yang memiliki komitmen untuk melakukan menajemen potensi resiko yang baik dan mengajarkan pada masyarakat agar bisa hidup berdampingan secara harmonis dengan industri Migas yang juga penyokong produksi minyak nasional, membutuhkan mitra dari perguruan tinggi kesehatan untuk bisa menjalankan komitmen tersebut dengan baik.

"Kampus Ungu STIKes ICsada menjalankan program kesehatan yang pertama kali didukung oleh EMCL yaitu Gerakan Masyarakat Sehat dan Bebas HIV-AIDS (Gemas HIV-AIDS) , berlanjut dengan Program Aku Sehat yang didalamnya terdapat kegiatan Keluarga Binaan Lansia. Pendampingan Keluarga Binaan (KaBi) sebagai bentuk pelaksanaan Home Care Lansia ( Ho Re LU)," kata Ketua STIKes ICsada, Hasan Bisri.

Program Aku Sehat yang didukung EMCL telah mendampingi sebanyak 1.285 KaBI, membentuk 123 Simpul Kabi di 4 Desa mitra wilayah Kecamatan Gayam, yaitu Desa Gayam, Desa Mojodelik, Desa Bonorejo dan Desa Brabowan.

Dalam kegiatan kunjungan secara berkala di rumah /keluarga ( Home Care) Tim Perawat yang ditempat di desa melakukan kunjungan secara berkala untuk memberikan layanan dari aspek promotif, preventif , kuratif dasar, hingga rehabilitatif sesuai kebutuhan. Dilanjutkan dengan pembentukan simpul KaBi sebagai wahana belajar dan bergerak bersama para lansia, dari sharing tentang masalah kesehatan sampai dengan menanam ToGa bersama di lingkungan sekitar keluarga binaan.

Dinas sosial provinsi Jawa Timur yang juga memiliki kerjasama kemitraan dengan STIKes ICsada Bojonegoro dalam melakukan supervisinya melibatkan Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro dan perwakilan dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro untuk bersama-sama mengunjungi eks binaan di Desa Bonorejo dan Desa Mojodelik (Binaan Mitra Dinsos) Kecamatan Gayam, untuk melihat perkembangan dan sekaligus memberikan santunan pada Eks Binaan/Klien.

Para eks binaan/klien tersebut perlu untuk terus mendapatkan pemantauan dan pembinaan lebih lanjut dari Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan serta OPD terkait di daerah masing-masing.

Selain kunjungan pada eks klien, rombongan dinas provinsi juga mengunjungi taman toga di salah satu desa mitra binaan EMCL dan STIKes ICsada yang hasil ToGanya telah dimanfaatkan oleh para lansia dan warga pada umumnya untuk mengatasi masalah kesehatan dasar. [ito/mu]

 

Tag : Stikes, icsada, Bojonegoro, ExxonMobil, program


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat