Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pandemi Covid 19, Operasi Semeru Utamakan Tindakan Preventif dan Sediakan Masker

blokbojonegoro.com | Thursday, 23 July 2020 12:00

Pandemi Covid 19, Operasi Semeru  Utamakan Tindakan Preventif dan Sediakan Masker

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com- Operasi Patuh Semeru 2020 digelar secara serentak hari ini, Kamis (23/7/2020) hingga 5 Agustus 2020 mendatang, namun dalam Operasi Patuh Semeru ini  berbeda dengan operasi dalam kondisi normal. Sebab para pelayan masyarakat dalam operasi ini lebih mengutamakan tindakan preventif dan persuasif.

Meski demikian, pelanggar tetap akan dilakukan penindakan tegas apabila pengendara tersebut kedapatan melakukan pelanggaran lalu lintas yang bisa menimbulkan kecelakaan. Oleh karena itu, pengendara diimbau untuk tertib berlalu lintas, mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan mengedepankan keselamatan dalam berkendara.

Kasatlantas polres Bojonegoro Amirul Hakim mengungkapkan, pada Operasi Patuh Semeru tahun 2020 ini pihaknya lebih mengedepankan tindakan persuasif serta persuasif yakni memberikan penyuluhan atau sosialisasi ke pengendara, lantaran pelaksanaan operasi ini ini berlangsung di tengah masa Pandemi Covid-19, sehingga pelaksanaanya cukup  berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Bahkan, setiap kali melaksanakan operasi, petugas juga menyediakan 50 masker untuk diberikan ke pengendara bila ada pengendara tersebut kedapatan tidak memakai masker," terang Kasatlantas Bojonegoro yang biasa disapa Amirul itu.

Lanjut Amirul, selama operasi patuh Semeru ini berlangsung, setiap hari bakal memfokuskan menggelar operasi di 2 titik yakni menggelar operasi ditempat bloot spot dan black spot atau di tempat keramaian dan ditempat rawan kecelakaan. "Untuk hari pertama operasi patuh difokuskan menggelar operasi di sekitaran jalan kota Bojonegoro," papar Amirul kepada blokBojonegoro.com.

Amirul menjelaskan pada operasi patuh ini pihaknya tetap akan menindak tegas pengendara dengan disanksi tilang bila pengendara itu dirasa cukup membahayakan dan bisa menimbulkan kecelakaan.

"Pada operasi patuh ada 20% akan dilakukan penindakan yang mengakibatkan laka, 40% petugas memberikan sosialisasi protokol kesehatan dan 40% petugas akan patroli untuk mencegah pelanggaran," cakapnya.

Adapun sasaran dalam Operasi patuh Semeru 2020 ini setidaknya ada beberapa fokus  pelanggaran yang akan ditindak dalam razia Operasi Patuh Semeru 2020 di wilayah Kabupaten Bojonegoro diantaranya :

1. Tidak mengunakan helm
2. Penguna HP saat berkendara
3. Kendaraan melaju melebihi batas kecepatan
4. Roda 4 tidak mengunakan sabuk pengaman
5. Kendaraan melebihi muatan
6. Kendaraan melawan arus
7. Pengemudi kendaraan bermotor di bawah umur.[saf/col]

Tag : Operasi, semeru



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini