21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |  
Thu, 28 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Klepon, Kudapan Legit Perpaduan Tepung Beras-Ketan

blokbojonegoro.com | Friday, 24 July 2020 21:00

Klepon, Kudapan Legit Perpaduan Tepung Beras-Ketan

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Klepon merupakan jenis kudapan tradisional Indonesia yang termasuk kelompok jajanan pasar. Kudapan tradisional yang bentuknya bola berwarna khas hijau pandan, berisi gula merah yang saat digigit meleleh mulut dan berbalut taburan kelapa parut itu banyak digemari penikmat kuliner.

Namun, belakang ini beredar meme, klepon bukan jajanan islami. Meski tak tahu apa maksud si pembuat meme, namun akhirnya meme itu viral di media sosial. Gimana sih, cara buat jajanan tradisional itu? Ibu Suhartini, akan berbagi resep jajanan in.

Menurut wanita yang telah berpuluh-puluh tahun membuat kudapan tradisional itu,  pada umumnya klepon yang memiliki bentuk bulat serta tekstur yang lembut itu terbuat dari bahan baku tepung beras ketan serta ketela yang diberi pewarna hijau, kemudian diisi dengan gula merah lalu dibentuk bola-bola kecil yang direbus dalam air mendidih.

Setiap harinya, Suhartini dibantu oleh suami dan anaknya membuat kudapan klepon hingga pleret dan jajanan khas lainnya di rumahnya sekitar Ledokwetan. Dan setiap sore hingga malam ia mulai menjajakan kudapannya di sekitar Pasar Kota Bojonegoro.

"Dari pagi sampai siang untuk proses pembuatan dibantu anak dan suami, nanti sore sampai malam sudah mulai menjajakan kudapan tradisional sekitar barat pasar Kota Bojonegoro," jelas Suhartini.

Suhartini juga menuturkan, meski tergerus zaman. Nyatanya masih banyak pembeli yang menggandrungi klepon untuk sekadar bernostalgia. Tak heran, dagangannya selalu habis tidak tersisa.

Harga klepon yang dijual Suhartini relatif murah, tak jarang juga jika banyak orang yang memilih membeli di lapak maupun memesan di rumahnya. Harga yang ditawarkan bervariasi dari Rp2.500 - Rp5.000 untuk satu porsi.

"Terkadang ada yang langsung memesan di rumah ketika acara, atau bisa juga ke lapak sekitar barat pasar Kota Bojonegoro. Harganya variasi Rp2.500-Rp5.000 dan tergantung permintaan pembeli," pungkasnya. [liz/lis]

Secara rinci, begini proses pembuatan kudapan tradisional klepon milik Suhartini.

1. Campurkan bahan-bahan seperti tepung ketan, tepung beras, air dan perisa pandan. Kemudian uleni bahan tersebut hingga merata
2. Bentuk adonan yang sudah berwarna hijau pandan itu bulat-bulat kecil dan rata.
3. Isi adonan dengan menggunakan gula merah yang sudah disisir sesuai kebutuhan
4. Rebus bulatan kelepon ini di air yang telah mendidih. Angkat jika bulatan sudah mulai mengambang atau bertanda matang.
5. Taburkan adonan pada kelapa parut yang sudah dikukus.
6. Klepon siap disantap.

Tag : Klepon, viral



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat