21:00 . Hingga Awal Agustus, Inilah Progres Pembangunan Jalan di Bojonegoro   |   20:00 . 3 Sembuh, Tambahan 2 Positif Covid-19   |   19:00 . Akomodir Milenial, Bu Mit Agandakan Silaturrohimi Para Tokoh   |   17:00 . Adaptasi New Normal, Bus Donor Darah UDD PMI Sudah Beroperasi   |   16:00 . Santunan Korban Cacat Jasa Raharja Menempati Posisi Paling Rendah   |   15:00 . Aklamasi, Srikandi Tambakrejo Kembali Nahkodai Partai Beringin   |   13:00 . Yuk Belajar Ala Millenial di Taman Kunto Wijoyo Mojodeso   |   12:00 . Anggota DPR RI serta Kementerian Kelautan dan Perikanan Singgah di Taman Kalianyar Mumbul   |   11:00 . PMI Bojonegoro Kirim 50 Kantong Darah untuk Korban Ledakan   |   10:00 . Pertamina Siap Distribusikan 35 Ribu Paket Konverter Kit untuk Nelayan & Petani   |   09:00 . Digrebek saat Asyik di Kamar Kos, 3 Orang Berstatus Menikah   |   08:00 . Bikin Ketawa, Petugas Bujuk Seorang Wanita Diduga Depresi   |   07:00 . Yuk, Lakukan 6 Rutinitas Pagi demi Hari yang Produktif dan Tak Lesu   |   22:00 . Pertegas Nasib Persibo, Curva Nord Bakal Gelar Aksi   |   21:00 . Sembuh 1 Orang, 4 Orang Terkonfirmasi Positif   |  
Fri, 07 August 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 24 July 2020 21:00

Klepon, Kudapan Legit Perpaduan Tepung Beras-Ketan

Klepon, Kudapan Legit Perpaduan Tepung Beras-Ketan

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Klepon merupakan jenis kudapan tradisional Indonesia yang termasuk kelompok jajanan pasar. Kudapan tradisional yang bentuknya bola berwarna khas hijau pandan, berisi gula merah yang saat digigit meleleh mulut dan berbalut taburan kelapa parut itu banyak digemari penikmat kuliner.

Namun, belakang ini beredar meme, klepon bukan jajanan islami. Meski tak tahu apa maksud si pembuat meme, namun akhirnya meme itu viral di media sosial. Gimana sih, cara buat jajanan tradisional itu? Ibu Suhartini, akan berbagi resep jajanan in.

Menurut wanita yang telah berpuluh-puluh tahun membuat kudapan tradisional itu,  pada umumnya klepon yang memiliki bentuk bulat serta tekstur yang lembut itu terbuat dari bahan baku tepung beras ketan serta ketela yang diberi pewarna hijau, kemudian diisi dengan gula merah lalu dibentuk bola-bola kecil yang direbus dalam air mendidih.

Setiap harinya, Suhartini dibantu oleh suami dan anaknya membuat kudapan klepon hingga pleret dan jajanan khas lainnya di rumahnya sekitar Ledokwetan. Dan setiap sore hingga malam ia mulai menjajakan kudapannya di sekitar Pasar Kota Bojonegoro.

"Dari pagi sampai siang untuk proses pembuatan dibantu anak dan suami, nanti sore sampai malam sudah mulai menjajakan kudapan tradisional sekitar barat pasar Kota Bojonegoro," jelas Suhartini.

Suhartini juga menuturkan, meski tergerus zaman. Nyatanya masih banyak pembeli yang menggandrungi klepon untuk sekadar bernostalgia. Tak heran, dagangannya selalu habis tidak tersisa.

Harga klepon yang dijual Suhartini relatif murah, tak jarang juga jika banyak orang yang memilih membeli di lapak maupun memesan di rumahnya. Harga yang ditawarkan bervariasi dari Rp2.500 - Rp5.000 untuk satu porsi.

"Terkadang ada yang langsung memesan di rumah ketika acara, atau bisa juga ke lapak sekitar barat pasar Kota Bojonegoro. Harganya variasi Rp2.500-Rp5.000 dan tergantung permintaan pembeli," pungkasnya. [liz/lis]

Secara rinci, begini proses pembuatan kudapan tradisional klepon milik Suhartini.

1. Campurkan bahan-bahan seperti tepung ketan, tepung beras, air dan perisa pandan. Kemudian uleni bahan tersebut hingga merata
2. Bentuk adonan yang sudah berwarna hijau pandan itu bulat-bulat kecil dan rata.
3. Isi adonan dengan menggunakan gula merah yang sudah disisir sesuai kebutuhan
4. Rebus bulatan kelepon ini di air yang telah mendidih. Angkat jika bulatan sudah mulai mengambang atau bertanda matang.
5. Taburkan adonan pada kelapa parut yang sudah dikukus.
6. Klepon siap disantap.

Tag : Klepon, viral


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 20 July 2020 23:00

    Ultah 9 Tahun blokBojonegoro.com

    Inilah Juara Video Pendek New Normal

    Inilah Juara Video Pendek New Normal Sebanyak 50 video telah naik di saluran youtube blokBojonegoroTV sebagai peserta lomba video pendek dalam rangka 9 tahun blokBojonegoro.com....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat