15:00 . Kapan Pandemi Berakhir? Satgas Covid-19: Kuncinya Kedisiplinan Masyarakat   |   14:00 . Penanganan Covid-19 Indonesia Lebih Baik dari Rata-rata Dunia   |   13:00 . Iman Kuat Libur Panjang Aman   |   12:00 . Kangen Nonton Bioskop? Ini Tips Aman saat Nonton Bioskop   |   11:00 . Harga Daging Ayam di Pasar Kembali Naik   |   10:00 . Hingga Oktober 2020, Korban Tenggelam di Sungai Capai 24 Jiwa   |   09:00 . Yang Muda yang Disiplin   |   08:00 . Wabup: Berwisata Harus Tetap Patuhi Prokes   |   07:00 . Cegah Sakit Punggung dengan 6 Cara Mudah Ini   |   06:00 . Hujan Lebat, Air Sungai Naik Gerus Tebing Bantaran   |   05:30 . Pasien Sembuh di Jatim 254, Kasus Baru 268 Orang   |   05:00 . Jumlah Pasien Sembuh Covid-19 di Indonesia Bertambah Menjadi 329.778 Orang   |   04:00 . 4 Pasien di Bojonegoro Sembuh, 3 Tambahan Kasus Baru   |   21:00 . Patuhi Prokes, Polres Doa Bersana Anak Yatim   |   20:30 . Update Covid-19 Nasional, Pasien Sembuh 329.778   |  
Fri, 30 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 24 July 2020 21:00

Klepon, Kudapan Legit Perpaduan Tepung Beras-Ketan

Klepon, Kudapan Legit Perpaduan Tepung Beras-Ketan

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Klepon merupakan jenis kudapan tradisional Indonesia yang termasuk kelompok jajanan pasar. Kudapan tradisional yang bentuknya bola berwarna khas hijau pandan, berisi gula merah yang saat digigit meleleh mulut dan berbalut taburan kelapa parut itu banyak digemari penikmat kuliner.

Namun, belakang ini beredar meme, klepon bukan jajanan islami. Meski tak tahu apa maksud si pembuat meme, namun akhirnya meme itu viral di media sosial. Gimana sih, cara buat jajanan tradisional itu? Ibu Suhartini, akan berbagi resep jajanan in.

Menurut wanita yang telah berpuluh-puluh tahun membuat kudapan tradisional itu,  pada umumnya klepon yang memiliki bentuk bulat serta tekstur yang lembut itu terbuat dari bahan baku tepung beras ketan serta ketela yang diberi pewarna hijau, kemudian diisi dengan gula merah lalu dibentuk bola-bola kecil yang direbus dalam air mendidih.

Setiap harinya, Suhartini dibantu oleh suami dan anaknya membuat kudapan klepon hingga pleret dan jajanan khas lainnya di rumahnya sekitar Ledokwetan. Dan setiap sore hingga malam ia mulai menjajakan kudapannya di sekitar Pasar Kota Bojonegoro.

"Dari pagi sampai siang untuk proses pembuatan dibantu anak dan suami, nanti sore sampai malam sudah mulai menjajakan kudapan tradisional sekitar barat pasar Kota Bojonegoro," jelas Suhartini.

Suhartini juga menuturkan, meski tergerus zaman. Nyatanya masih banyak pembeli yang menggandrungi klepon untuk sekadar bernostalgia. Tak heran, dagangannya selalu habis tidak tersisa.

Harga klepon yang dijual Suhartini relatif murah, tak jarang juga jika banyak orang yang memilih membeli di lapak maupun memesan di rumahnya. Harga yang ditawarkan bervariasi dari Rp2.500 - Rp5.000 untuk satu porsi.

"Terkadang ada yang langsung memesan di rumah ketika acara, atau bisa juga ke lapak sekitar barat pasar Kota Bojonegoro. Harganya variasi Rp2.500-Rp5.000 dan tergantung permintaan pembeli," pungkasnya. [liz/lis]

Secara rinci, begini proses pembuatan kudapan tradisional klepon milik Suhartini.

1. Campurkan bahan-bahan seperti tepung ketan, tepung beras, air dan perisa pandan. Kemudian uleni bahan tersebut hingga merata
2. Bentuk adonan yang sudah berwarna hijau pandan itu bulat-bulat kecil dan rata.
3. Isi adonan dengan menggunakan gula merah yang sudah disisir sesuai kebutuhan
4. Rebus bulatan kelepon ini di air yang telah mendidih. Angkat jika bulatan sudah mulai mengambang atau bertanda matang.
5. Taburkan adonan pada kelapa parut yang sudah dikukus.
6. Klepon siap disantap.

Tag : Klepon, viral


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat