07:00 . Meski Boleh, Remaja Sebaiknya Tidak Terlalu Banyak Konsumsi Kafein!   |   21:00 . Safari Ramadhan Ke-6, Bupati Himbau Lebaran ini Agar Tidak Mudik Dahulu   |   20:00 . Proyek Gas JTB Diandalkan Penuhi Kebutuhan Gas Jatim   |   19:00 . Di Masa Pandemi, PEPC Tetap Berkontribusi Besar Pada Pajak Negeri   |   18:00 . Panen Kayu Putih di Wilayah Selatan Bojonegoro   |   17:00 . Penjual Nasi Kotak Dapatkan Pelanggan Banyak Saat Bulan Ramadan   |   16:00 . Permudah Masyarakat Mencari Kerja di Website Disperinaker   |   15:00 . UNUGIRI Langsungkan Pelantikan Ormawa Secara Online   |   14:00 . Disnakkan Pantau Stok Dan Harga Komoditas Peternakan   |   12:00 . Perusahaan Tempat Kerja Mangkir Bayar THR? Laporkan ke Sini   |   10:00 . Pemkab Bojonegoro Tindaklanjuti Inpres Optimalisasi Pelaksanaan Program Jamsostek   |   09:00 . Tak Boleh Mudik, Layanan KAI Dibatasi Hingga 5 Mei   |   08:00 . Meriah, Yayasan Bina Mulia Gelar Lomba se-Karisedanan   |   07:00 . Hati-hati, Jam Kerja Tak Teratur Bisa Tingkatkan Risiko Masalah Jantung!   |   20:00 . Hari Kartini, Polwan Polres Bagi Masker dan Imbauan Larangan Mudik   |  
Fri, 23 April 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jelang Idul Adha, Disnakkan Sidak ke Lapak Pedagang Hewan Kurban

blokbojonegoro.com | Monday, 27 July 2020 11:00

Jelang Idul Adha, Disnakkan Sidak ke Lapak Pedagang Hewan Kurban

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah atau Hari Raya Kurban yang tinggal beberapa hari, petugas Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Bojonegoro, terus melaksanakan sidak ke sejumlah lapak penjualan hewan kurban untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban.

Dalam sidak tersebut, Disnakan juga memperhatikan protokol kesehatan juga memberikan bantuan berupa cairan disenfektan dan masker gratis kepada pedagang hewan kurban.

"Ada 15 lapak penjualan hewan kurban yang bakal disasar dan sampai hari ini Senin (27/7/2020) sudah 11 lapak yang dikunjungi oleh pihak Disnakkan seperti lapak di jalan Pattimura, Untung Suropati Pacul, Panglima Sudirman," ungkap Kabid Kesehatan Hewan, Disnakkan Bojonegoro, Sugiharti S Rahayu.

Wanita yang disapa Yayuk ini juga mengatakan kegiatan ini sekaligus untuk memberikan kepastian, kepada masyarakat yang ingin membeli hewan kurban itu, bisa mendapatkan ternak kurban dengan produk daging berkualitas yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal).

"Sesuai kondisi riil dilapangan saat sidak hewan kurban, pedagang sudah banyak yang menyediakan hewan kurban dalam kondisi sehat, tidak cacat, jantan (testis lengkap dan simetris), cukup umur bahkan umurnya sudah bisa sesuai dengan ketentuan untuk bisa dikorbankan," paparnya.

Terpisah, Nur Hakim salah seorang penjual kambing kurban di jalan Untung Suropati, Bojonegoro mengaku penjualan hewan kurban tahun ini masih sepi. Hingga saat ini hewan kurban dilapaknya masih terjual 25 ekor kambing atau domba.

"Tahun lalu, satu minggu sebelum hari raya, hewan kurban terjual 50 sampai 70 ekor kambing atau domba," ujarnya kepada blokBojonegoro.com.

Masih kata Nur Hakim, untuk harganya tidak ada kenaikan masih sama seperti tahun sebelumnya, seperti kambing jenis gibas maupun kambing Jawa lapaknya menyediakan mulai harga mulai 2 juta hinga 5 jutaan. Namun, untuk pemilihan hewan kurban terlebih kambing variasi baik gibas maupun Jawa menyesuaikan hewan kurban yang dipilihnya.[saf/ito]

Tag : Disnakkan, Bojonegoro, hewan, kurban


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat