15:00 . Stok Menipis, Harga Cabai rawit Merah Merangkak Naik   |   14:00 . Ranting Nahdlatul Ulama Mulyorejo dan Banom Tanam Seribu Pohon   |   13:00 . Musim Penghujan Tiba Penjualan Belimbing Ngringinrejo Turun Drastis   |   11:00 . Begini Alur Pelayanan Vaksinasi di Fasilitas Kesehatan   |   09:00 . Pengaruh Cuaca, Harga Seafood Merangkak Naik   |   07:00 . 7 Tips Tampil Berkelas Tanpa Bikin Isi Dompet Amblas   |   20:00 . 172 Ribu Lebih Orang Sudah Divaksinasi Covid-19   |   19:00 . Sarasehan Ansor, Pemimpin Bojonegoro Harus Harmonis Hadapi Pandemi   |   18:00 . BNI Cabang Bojonegoro Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir   |   17:00 . Bersinergi, CEC Berupaya Meningkatkan Penjualan Produk Melalui Online Marketing   |   16:00 . Harga Bawang Merah Kini Mengalami Penurunan   |   15:00 . Pemerintah Maksimalkan Penanganan Covid-19, Masyarakat Dihimbau Tetap Tenang   |   14:00 . Begini Strategi Menyiapkan Fasilitas Kesehatan Khusus Covid-19   |   13:00 . Banjir Mulai Surut, Warga Sibuk Bersihkan Rumah   |   12:00 . Pemdes Kalianyar Bagikan Bantuan Kepada Warga Terdampak Banjir   |  
Sun, 24 January 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Si Kecil Sulit Fokus? Coba Ikuti Tips dari Psikolog Anak Ini

blokbojonegoro.com | Monday, 27 July 2020 07:00

Si Kecil Sulit Fokus? Coba Ikuti Tips dari Psikolog Anak Ini

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Bermain bukan hanya sebagai ajang hiburan bagi anak, tapi juga jadi salah satu cara untuk menstimulasi perkembangan kognitf dan motoriknya. Meskipun terlihat menyenangkan bagi si kecil, terkadang anak sulit fokus juga bila diajak bermain di rumah.

Ya Moms, ada saja yang membuatnya sulit fokus, mulai dari distraksi dari lingkungan sekitar atau karena dia merasa bosan melakukan permainan tersebut. Lantas, bagaimana caranya agar anak bisa fokus dengan permainannya ya?

Mengetahui Tingkat Perkembangan Anak

Psikolog Anak, Dr. Rose Mini Agoes Salim, M.Psi mengatakan orang tua mesti tahu dulu tentang tingkat perkembangan anak dan rentang fokus si kecil sesuai usianya. Sebab, stimulasi perkembangan anak di setiap umur berbeda. Anak-anak hingga berusia 4 tahun misalnya, tidak bisa terlalu lama diajak untuk fokus atau berkonsentrasi.

"Jadi anak 1 tahun itu bisa berkonsentrasi sekitar 1-3 menit. Kalau 1 menit saja sudah bisa, itu luar biasa. Lalu anak 2 tahun itu berkonsentrasi maksimal 2 menit. Kemudian anak 3-4 tahun, minimal bisa berkonsentrasi selama 4 menit, kalau bagus sekali itu bisa sampai 8 menit. Makanya agar anak bisa fokus, jangan terlalu jauh rentangnya. Sehingga dia bisa fokus pada kegiatannya," kata Rose Mini dalam acara Festival Hari Anak bersama Morinaga, Kamis (23/7).

Buat Permainan Jadi Menarik untuk Anak

Psikolog yang akrab disapa Bunda Romi ini menambahkan, agar anak tetap fokus terhadap kegiatan bermainnya, permainan tersebut harus menarik, Moms. Selain itu, Anda pun mesti sabar ketika menemani anak bermain. Ya Moms, keterlibatan orang tua, sangat penting agar anak tidak cepat bosan.

Jangan pernah memaksa atau bahkan memarahinya, karena hal itu justru bisa membuat si kecil semakin tidak fokus dalam bermain. Sehingga stimulasi anak menjadi kurang maksimal nantinya.

"Jadi untuk membuat anak fokus, harus membuat anak merasa nyaman dengan kegiatan bermainnya. Bisa dengan menyelipkan cerita menarik. Selain itu, jangan meninggalkan anak untuk bermain sendiri, karena main sendiri tidak menarik. Orangtua harus ikut serta dengan anak, supaya ia merasa nyaman. Itu yang penting," pungkasnya.

Selain itu, Bunda Romi juga punya beberapa tips lain yang tentunya bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang anak. Yuk, saksikan tayangan ulang Mom Playdate bersama Morinaga di sini.

*Sumber: Kumparan.com

Tag : Pendidikan, kesehatan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat