20:00 . Kesalahan yang Sering Dilakukan di Warkop saat Pandemi   |   19:00 . Disiplin Prokes, Petugas Gelar Operasi Yustisi di Dua Tempat Wisata   |   18:00 . Fungsikan Bobota, Kapolres Pastikan Pengunjung Swalayan Bermasker   |   17:00 . Ngopi Santai Saat Pandemi   |   16:00 . Terapkan Prokes, 121 Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi Wisuda Hari Ini   |   15:00 . 4 Hari Long Weekend, 59.315 Penumpang Naik di Wilayah KAI Daop 8 Surabaya   |   14:00 . Diduga Hendak Dahului Truk, Pengendara Motor di Baureno Meninggal di TKP   |   13:00 . Cupang Jadi Primadona saat Pandemi, Sehari Pedagang Raup Minimal Rp1 Juta   |   12:00 . Akhir Pekan, Harga Jual Logam Mulia Naik   |   11:00 . Tingkatkan Pasokan Darah Saat Pandemi, Karta Tri Tunggal Jaya Tumpengan dan Donor   |   10:00 . Gaya Hidup Sehat Agar Liburan Aman   |   09:00 . Musim Penghujan, Petani Selatan Bojonegoro Mulai Tanam Jagung   |   08:00 . Viral....!!! Pengembala Cantik Asal Tambakrejo   |   07:00 . 5 Penyebab Medis yang Memicu Sensasi Pening di Kepala   |   06:00 . Pasien Sembuh di Jatim 215, Tambahan 222 Kasus Baru   |  
Sun, 01 November 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 28 July 2020 20:00

Melihat Budidaya Madu Lebah di Hutan Kahyangan Api

Melihat Budidaya Madu Lebah di Hutan Kahyangan Api

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Hutan Kahyangan Api di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro terkenal sebagai obyek wisata sumber api abadi yang tak kunjung padam. Rupanya, selain itu, hutan Kahyangan Api juga berpotensi sebagai tempat ternak lebah yang menghasilkan madu.

Di salah satu sudut lahan hutan Kahyangan Api tampak berjejer ratusan kotak terbuat dari kayu berukuran 40x25 cm dengan tinggi sekitar 30 cm. Kotak-kotak itu berjumlah sekitar 380 boks.

Rupanya kotak-kotak itu milik salah satu pembudidaya madu lebah asal Desa Sumberarum, Kecamatan Dander. Yanto salah seorang karyawan pembudidaya mengatakan, dia bertugas mengontrol lebah madu setiap harinya untuk memastikan kotak-kotak lebah madu sudah bisa dipanen atau belum.

"Di kawasan hutan kahyangan api ini, paling cepat bisa di panen sekitar 3 minggu, karena di sini kami baru sekitar dua minggu kurang," jelasnya.

Lebah yang dibudidayakan di kawasan hutan kayangan api ini adalah jenis Lebah madu Apis mellifera.  Lebah madu Apis mellifera merupakan lebah budidaya paling unggul. Selain menghasilkan madu yang melimpah, lebah jenis ini juga sangat jinak (maksudnya tidak mudah menyerang/menyengat) dan relatif mudah pemeliharaannya.

"Madu yang dihasilkan dari jenis lebah ini sebenarnya bisa mencapai 60 kg/koloni/th, dengan catatan bahwa tanaman pakan lebah memadai dan manajemen koloninya dilakukan secara benar," lanjutnya.

Dia juga menambahkan, Jika sudah produksi madu dari lebah ini lancar, setiap kotak bisa menghasilkan sekitar 2 hingga 3 liter madu dalam setiap 2 minggu sekali.

Dirinya akan mencari lahan baru untuk berburu madu lebah jika kandungan tepung sari yang ada di tumbuhan sekitar hutan sudah mulai mengurang. Biasanya hal itu bisa diketahui dengan populasi lebah di sarang yang mulai mengurang. Lebah-lebah dalam boks itu akan pergi mencari tempat baru yang banyak mengandung tepung sari sebagai bahan penghasil madu.

"Bila lebah sudah mulai berkurang, saat itulah harus angkat kaki untuk mencari lokasi baru yang banyak mengandung sari bunga atau tepung sari," tutup yanto kepada tim media blokBojonegoro.com.[her/col]

Tag : Madu, budidaya, hutan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat