16:00 . Susun Kepengurusan Energik, Golkar Safari ke Ormas   |   15:00 . Bersama Warga, Bupati Bersih-bersih Sumber Air   |   14:00 . Stabil, Inilah Daftar Harga Kebutuhan Pokok   |   13:00 . Nasib Persibo Belum Jelas, Pembahasan Dilanjut Minggu Depan   |   12:00 . Tuntut Kejelasan Persibo, Mediasi Digelar Tertutup   |   11:00 . Di Kecamatan Dander Ada 11 Desa Parades Kosong   |   10:00 . Diduga Bansos Dipotong, Warga Tambakrejo Lapor ke Polres   |   09:00 . Pelunasan PBB-P2 di Kecamatan Purwosari Capai 100 Persen   |   08:00 . Melihat Pengolahan Limbah Padat Medis di Puskesmas Tanjungharjo   |   07:00 . Setop, Jangan Kulum Bibir untuk Ratakan Lipstik   |   22:00 . PN Tolak Praperadilan Kasus Pemalsuan AJB dan Dugaan Penyerobotan Tanah Hotel Bojonegoro   |   18:00 . Belum Ada Intruksi, Cabor Panahan Belum Gelar Latihan   |   17:00 . Lezat Terjangkau, Nikmati Bakso Kerikil Bang Har   |   16:00 . Sumber Bening Bisa Aliri Sawah Seluas 1.900 Hektar di 3 Kecamatan   |   15:00 . Toko Kaset Jadul, Legendaris, Ada Sejak 1979   |  
Wed, 12 August 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 29 July 2020 16:00

Perajin Sangkar Burung Sebulan Raup Omzet Jutaan

Perajin Sangkar Burung Sebulan Raup Omzet Jutaan

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Hasil kerajinan sangkar burung milik Mas Ar atau pemilik nama lengkap Muhammad Ainun Mustofa, memang tidak perlu diragukan lagi. Sebab pasarnya sudah menembus seluruh penjuru Jawa Timur hingga luar Provinsi, karena kualitasnya memang bagus.

Mas Ar, memulai usaha kerajinan sangkar burung sejak puluhan tahun lalu di Kota Kelahirannya Malang. Namun karena menikah dan mengikuti istri kini ia memulai kembali usaha sebagai perajin sangkar burung di Bojonegoro.

"Memproduksi hingga puluhan sangkar burung, baik dari jenis sangkar burung dara, burung kenari, cucak hijau, kacer, dara hingga murai," kata pria asal Kelurahan Jetak, Bojonegoro.

Sangkar burung yang dibuatnya ini terbuat dari kayu jati serta ruji bambu apus. Untuk setiap sangkar burung yang ia produksi tentu motif dan pola seninya berbeda. Baik cungkok, pion, lengkungan atas hingga kaki sangkar.

"Usaha kerajinan sangkar di Bojonegoro berjalan 4 tahun ini. Yang sering saya produksi motif dan pola sangkar berbeda-beda, baik untuk sangkar kenari hingga dara," tuturnya.

Pria yang saat ini bertempat tinggal di Kelurahan Jetak, juga bercerita, dalam sehari ia mampu produksi hingga 2 buah sangkar burung. Sebab produksi ini lebih terfokus pada seni untuk menyenangkan para pembeli. Bukan fokus pada target.

Bahan dasar sangkar yang ia produksi pun menggunakan kayu jati asli, supaya awet, dan tahan tempaan. Serta untuk jeruji ia gunakan bahan dasar dari bambu, sebab lebih kecil ukirannya.

"Sehari saya produksi hingga 2 sangkar, karena terpaku pada seni untuk menyenangkan pembeli. Bukan terfokus pada target, dan bahan dasar yang saya gunakan dari kayu jati serta bambu untuk jerujinya," tuturnya.

Setiap satu buah ukiran sangkar burung yang ia produksi terjual dari Rp 100.000 hingga Rp 150.000, dan tergantung pada jenis kerumitan seninya. Sebab sangkar yang ia produksi terfokus untuk perlombaan burung berkicau.

Tak kalah menarik, produksi sangkar burung yang ia tekuni selama tahunan ini mampu memperlebar sayap pasaran hingga luar Kota mampu luar provinsi.

"Untuk harga sangkar bisa capai Rp 150.000, tergantung jenis kerumitan seninya. Penasaran selama 4 tahun ini tidak terpaku dalam kota saja, namun hingga luar kota baik Malang, pandaan, bandung hingga jakarta," ucapnya.

Ar, juga mengatakan, omzet bersih per bulan yang ia peroleh dari hasil menekuni usaha sebagai perajin sangkar burung nyatanya nampak fantastis. Hingga jutaan rupiah tiap bulannya.

Tak henti sampai di sini saja, Ar pun berharap nantinya mampu bersaing dalam pasaran Nasional untuk produksi kerajinan sangkar burung miliknya. [liz/ito]

Tag : sangkar, burung, bojonegoro, harga


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 20 July 2020 23:00

    Ultah 9 Tahun blokBojonegoro.com

    Inilah Juara Video Pendek New Normal

    Inilah Juara Video Pendek New Normal Sebanyak 50 video telah naik di saluran youtube blokBojonegoroTV sebagai peserta lomba video pendek dalam rangka 9 tahun blokBojonegoro.com....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat