13:00 . 852 Modin Wanita Dapat Insentif Rp125 Ribu Tiap Bulan   |   10:00 . Perlancar Aliran Sungai, Pemkab dan Koramil Kerja Bakti   |   08:00 . Angin Kencang Akibatkan Rumah Rusak dan Pohon Tumbang   |   07:00 . Berikut Ciri-Ciri Sakit Jantung   |   23:00 . Makin Maju, Pesantren Mahasiswa Attanwir Diresmikan   |   22:00 . Intip Museum Pertanian di Wisata Edukasi Pejambon   |   21:00 . Wisata Edukasi Pejambon Diresmikan Menteri Desa   |   20:00 . 2 Sembuh, Tambahan 2 Positif   |   19:00 . Hujan Deras Disertai Angin, 4 Pohon Tumbang Tutup Jalan Nasional di Balen   |   18:00 . Pohon Tumbang di Jalan Nasional Akibat Angin Kencang   |   17:00 . Resmi Dilantik, PAC IPNU IPPNU Kanor Komitmen Genjot Kaderisasi   |   15:00 . Pandemi Covid-19, Ratusan TPA/TPQ Dapat BOP 10 Juta Dari Kemenag RI   |   14:00 . 2.130 Majelis Taklim di Bojonegoro Dapat Bantuan Insentif 200 Ribu Tiap Bulan   |   13:00 . Lokasi Badander Ditelisik dari Arkeologi dan Sejarah, Begini Penjelasannya...   |   12:00 . Bupati: Majelis Taklim Ikut Berperan Dalam Kekokohan NKRI   |  
Sun, 27 September 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 31 July 2020 13:00

Patungan Masih Jadi Pilihan Warga Agar Bisa Kurban Sapi

Patungan Masih Jadi Pilihan Warga Agar Bisa Kurban Sapi

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Meski masih dalam masa pandemi covid-19, tidak menyurutkan animo warga ikut menyembelih hewan kurban di hari raya Idul Adha 1441 H, Jumat (31/7/2020).

Di masyarakat Indonesia seperti di Bojonegoro, hewan kurban umumnya adalah kambing dan sapi.

Bagi warga yang tidak mampu membeli sapi dan hanya kuat membeli kambing, biasanya mereka patungan agar bisa membeli sapi.

Sapi dirasa lebih banyak dagingnya dibanding 7 ekor kambing. Selain itu daging sapi lebih disukai warga ketimbang kambing.

Seperti warga yang ada di Desa Pacul RT.17 Kecamatan Kota Bojonegoro, dan juga warga yang tinggal di Perumahan Bukit Banjarsari Baru Kecamatan Trucuk.

"Idul Adha tahun 2020 ini, warga RT 17 menyembelih kurban 4 ekor sapi," kata salah satu ketua RT, Jupari.

4 Hewan kurban tersebut kata Jupari merupakan hasil swadaya dari 28 warga.

Begitu juga dengan warga yang ada di Perumahan Bukit Banjarsari Baru turut Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk. Warga saling gotong royong patungan untuk membeli sapi.

Andy Hera, salah satu panitia kurban mengatakan, setelah lebaran kurban selesai, takmir musola al-fath sudah membuka tabungan kurban sapi untuk 7 orang warga.

Hal ini kata Andy Hera, tentu bisa memotivasi warga untuk turut serta berkurban dan pasti sangat meringankan daripada harus membeli sendiri.

"Kita ingin mengajak warga bersama-sama berkurban bagi yang mampu, dan kenapa kita ajak sapi dan bisa ditabung jauh-jauh hari karena untuk meringankan. Daging sapi hampir semua warga suka dan jauh lebih banyak," jelasnya.

Ia bersyukur meski pandemi masih banyak warga yang turut serta berkuban baik itu kambing maupun sapi. Ia berharap setiap tahun jumlah kurban bisa meningkat dan semakin luas berbagi kepada yang berhak menerima. [saf/mu]

Tag : kurban, sapi, patungan, idul adha


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat