17:00 . Hadiri Peluncuran Sifajargoro, Tamu Undangan Patuhi Prokes   |   16:00 . LaNyalla Apresiasi UMKM Kripik Singkong Bertahan Saat Pandemi   |   15:00 . Bantu Pembelajaran Siswa di Masa Pandemi, Disdik Luncurkan Sifajargoro   |   14:00 . Manjakan Lidah dengan Kuliner Tradisional Nuansa Jawa di Kampoeng 7   |   13:00 . BPA Bojonegoro Beri Informasi Asi Ekslusif Ibu-Ibu saat CFD   |   11:00 . RSUD Bojonegoro Dapat APD dari AMSI-EMCL   |   10:00 . Kembalikan Fungsi Trotoar, 29 Kursi Santai di Veteran Dipindahkan   |   09:00 . Bawa Balita, Denwatser Ikut Amankan Konfercab   |   08:00 . Tips Ibadah di Masjid Nyaman Saat Pandemi   |   07:00 . Mencium Bau Kentut Baik untuk Kesehatan   |   06:00 . 306 Pasien di Jatim Sembuh, 289 Kasus Baru   |   05:00 . 6 Orang di Bojonegoro Sembuh, Kasus Baru Tambah 4 Orang   |   23:00 . Festival Krecek Ala Fatayat NU Cengungklung Bojonegoro   |   22:00 . Tingkatkan Ketahanan Pangan Saat Pandemi, Disdik Himbau Sekolah untuk Konsumsi Pangan Lokal   |   21:45 . Arief-Nining Dipercaya Pimpin AMSI Jawa Timur   |  
Sun, 25 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 02 August 2020 15:00

Berkah Kurban Buat Pengepul Kulit Hewan

Berkah Kurban Buat Pengepul Kulit Hewan

Kontributor : Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Hari Raya Idul Adha menjadi berkah tersendiri bagi pengepul kulit hewan kurban. Salah satunya Sukarno, warga Desa Sengon, Kecamatan Ngambon, Bojonegoro.

Di Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah ini, pria yang akrab di sapa Beno Molang Wedus (BMW) menceritakan, kiriman kulit hewan kurban baik sapi maupun kambing mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Hal itu terjadi seiring dengan banyaknya kiriman dari para pengecer dari berbagai wilayah di selatan Bojonegoro ini.

"Dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah kulit hewan kurban yang ditampung meningkat sekitar 40 persen, " kata pria ramah dan murah senyum itu.

Sukarno menjelaskan, kulit tersebut nantinya akan di kirim ke Kaji Mat pengepul kulit terbesar di sektor Bojonegoro Barat, tepatnya di Padangan. Kulit-kulit itu selanjutnya akan diproses kembali sebagai bahan baku kerajinan.

Haji Rohmat pengepul kulit asal Dusun Alastuwo, Desa Banjarjo, Kecamatan Padangan Bojonegoro mengatakan, dia mengumpulkan kulit kambing, kulit domba, dan kulit sapi hingga ribuan lembar. Usaha pengepulan kulit hewan kurban ini sudah berlangsung lama.

Dia menyimpan kulit kambing, kulit domba, dan kulit sapi itu dalam sebuah gudang yang besar. Kulit kambing dan kulit sapi yang terlihat masih basah dan banyak bercak darahnya terlihat menumpuk di gudang di belakang rumahnya itu. Bau apek dan anyir darah juga mencocok hidung.

Sementara itu, beberapa orang tampak sibuk membersihkan kulit kambing itu dengan air. Kulit kambing yang telah bersih lalu diberi garam agar tidak tercium bau apek. Beberapa orang lainnya tampak sibuk menata dan menumpuk kulit kambing dan sapi yang telah bersih.

"Iya beginilah, kulit hewan kurban ini berasal dari musala dan masjid yang ada di sekitar Padangan, Cepu, Purwosari dan Ngambon," ujarnya.

Setelah kulit kambing dan kulit sapi itu terkumpul dalam jumlah banyak, Haji Rohmat lalu menjualnya ke pabrikan di Semarang. "Kulit kambing dan kulit sapi itu ya dijual mentahan seperti itu," ujarnya.

Haji Rohmat meraup keuntungan lumayan dari penjualan kulit hewan kurban itu, namun ia enggan menyebutkan keuntungan yang diperolehnya. "Iya Alhamdulillah, lumayan untungnya," ungkapnya.[her/ito]

 

Tag : Pengepul, kulit, kurban, Bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat