Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sumber Bening Bisa Aliri Sawah Seluas 1.900 Hektar di 3 Kecamatan

blokbojonegoro.com | Tuesday, 11 August 2020 16:00

Sumber Bening Bisa Aliri Sawah Seluas 1.900 Hektar di 3 Kecamatan

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Untuk pelestarian di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) khususnya di mata air Sumber Bening yang ada di Desa Kunci Kecamatan Dander, perlu adanya penanaman pohon dan perlunya peran serta masyarakat yang ada di wilayah sekitar DAS itu sendiri.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Dinas PU SDA Bojonegoro, Tedjo Sukmono. Menurutnya keterlibatan warga dalam pelestarian sumber air sangatlah penting guna menjaga kebersihan lingkungan, terlebih lagi sumber mata air di Bojonegoro terbilang cukup bamyak diantaranya Sumber bening ini, Sumber Ngunut dan sumber mata air lainnya.

Lanjut Tedjo sapaan akrabnya, tidak hanya itu, selain pelestarian sumber air agar bersih juga yang tak kalah penting yakni perbaikan DAS disepanjang sumber mata air yakni dengan cara menanam pohon disepanjang DAS.

"Agar keberadaan mata air itu bisa baik, penanaman pohon di sekitar mata air juga diperlukan," cakap Tedjo kepada blokBojonegoro.com.

Guna mewujudkan itu semua pihaknya akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait mulai BBWS, PU SDA Provinsi instansi lain agar sumber mata air di Sumber Bening ini bisa dimanfaatkan dengan baik, baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun pengairan untuk area persawahan.

"Mata air Sumber bening ini bisa mengairi lahan pertanian seluas 1.900 hektar sawah dari 3 Kecamatan yakni Dander, Kapas dan Bojonegoro," terang Tedjo.

Oleh karenanya, sebagai langkah awal Pemkab Bojonegoro bersama jajaran instansi lain melakukan kerjabakti membersihkan sampah yang ada disekitar DAS mata air sumber bening ini. "Diharapkan kerjabakti ini bisa dilakukan rutin oleh pihak desa sehingga air di sumber ini bisa dimanfaatkan lebih baik lagi," pungkasnya.[saf/ito]

 

Tag : Dinas. Pu sda, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini