Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Antisipasi Genangan di Kota, Pemkab Bojonegoro Normalisasi Sungai dan Afvoer

blokbojonegoro.com | Saturday, 15 August 2020 19:00

Antisipasi Genangan di Kota, Pemkab Bojonegoro Normalisasi Sungai dan Afvoer

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPU SDA) terus mengantisipasi adanya genangan bahkan banjir di dalam kota jika hujan turun, dengan melakukan normalisasi sungai dan Afvoer (saluran pembuangan air) yang melintasi kota Bojonegoro, Sabtu (15/8/2020).


Kepala DPU SDA, Tedjo Sukmono, menjelaskan, kegiatan normalisasi diawali dengan kerja bakti oleh Bupati Anna Mu'awanah dan pegawai kelurahan, kecamatan serta warga Kelurahan Klangon.


"Normalisasi dilakukan dengan mengeruk lumpur di dasar sungai mulai dari Desa Klangon, terus sampai ke wilayah Banjarjo," kata Tedjo Sukmono.

Dalam pelaksanaannya, DPU SDA menggunakan ekskaponton untuk mengeruk lumpur di dasar sungai. Sedimen tersebut kemudian diletakkan di sempadan sungai.

"Normalisasi ini dilakukan dengan sistem swakelola. Kami menggunakan alat berat sendiri untuk membersihkan sungai," imbuhnya.

Normalisasi ini akan dilakukan di titik lainnya. Afvoer Bojonegoro memang menjadi salah satu target sungai yang harus segera dinormalisasi. Selain karena sedimen yang sudah menumpuk, Afvoer ini lokasinya dekat dengan kota.

"Kalau aliran sungai mampet atau tidak lancar maka dampaknya wilayah kota akan terjadi genangan," ujar Tedjo.

Selain menjadi  program prioritas tahun ini, kata Tedjo, juga instruksi dari Bupati Anna Mu'awanah agar mengajak warga mencintai lingkungan salah satunya dengan menjaga kebersihan sungai dilingkungan masing-masing.

"Hal ini supaya diikuti oleh Pemdes setempat untuk kerja bakti dan gotong royong menjaga kebersihan lingkungan," pungkasnya. [ito/mu]

Tag : sungai, afvoer, bojonegoro, genangan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini