05:00 . 4 Hari Berturut-turut, Kasus Konfirmasi Positif di Bojonegoro Tetap 54 Orang   |   17:00 . Nyalip, Oleng, Pengemudi Mobil Meninggal Hantam Pohon   |   16:00 . Pelaksanaan Vaksinasi Dibagi di Rumah Sakit dan GOR SMT   |   15:00 . Pemerintah Upayakan Lansia Mudah Menjangkau Lokasi Vaksinasi   |   14:00 . Mendagri: Damkar Melayani Dalam Mendukung Kebiasaan Baru   |   13:00 . Pengunjung Agrowisata Belimbing Turun 50 Persen Saat Pandemi   |   12:00 . HUT Damkar Ke-102, Begini Pesan Bupati Bojonegoro   |   11:00 . Pemdes Desa Napis Siapkan Tempat Wisata Bersejarah   |   10:00 . Melepaskan Dan Menyimpan Masker Harus Memperhatikan Higienitas   |   09:00 . Lembaga Penyiaran Berperan Mengedukasi Masyarakat Mematuhi Prokes   |   07:00 . Kapan Waktu Paling Tepat untuk Memberi Susu Sapi pada Bayi?   |   06:00 . Pakai Masker yang Bisa Dikalungin? Praktis, Tapi ............   |   05:00 . 2 Bulan, 33 Orang Dinyatakan Positif Covid-19 Meninggal Dunia   |   23:00 . Pengendara Motor Tabrak Truk Parkir di Jalan   |   21:00 . MWC NU Ngasem Peringati Harlah NU ke 98   |  
Tue, 02 March 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ketahui 7 Penyebab Payudara Sering Terasa Gatal

blokbojonegoro.com | Friday, 28 August 2020 07:00

Ketahui 7 Penyebab Payudara Sering Terasa Gatal

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Ladies, pernahkah Anda merasa area payudara terasa gatal? Sebenarnya, payudara gatal adalah hal yang umum dialami oleh banyak perempuan. Namun, jika rasa gatal terjadi terus-menerus, maka hal tersebut bisa menimbulkan rasa tidak nyaman di depan umum. Dan bila terus dibiarkan, dikhawatirkan akan menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Lantas, apa saja yang menyebabkan payudara terasa gatal? Ketahui tujuh penyebab berikut ini.

1. Eksim

Eksim atau eczema adalah adalah gangguan kelainan pada kulit yang kondisinya akan diperparah ketika terpapar lingkungan luar. Eksim memiliki tampilan yang sangat spesifik seperti ruam berbentuk benjolan kecil atau bercak kemerahan di kulit. 

Eksim juga bisa muncul di area payudara, termasuk juga pada puting payudara, sehingga payudara terasa gatal. Melansir Women's Health, Kari Martin, M.D., associate professor of dermatology di the University of Missouri School of Medicine, Amerika Serikat, menyarankan untuk mengurangi timbulnya eksim dengan menghindari penggunaan sabun dengan bahan kimia tinggi.

Selain itu, Anda pun disarankan untuk menjaga melembapkan kulit dengan petroleum jelly atau salep yang mengandung hidrokortison dua kali sehari. Tetapi jika eksim tak kunjung sembuh, sebaiknya periksakan diri dengan dokter kulit.

2. Digigit serangga

Mungkin tak ada yang berpikir bahwa payudara gatal terjadi karena gigitan serangga. Tetapi, hal itu mungkin saja terjadi karena ada banyak serangga berukuran kecil yang bisa saja menghinggapi tubuh Anda. Bisa jadi, serangga atau tungau datang dari bantal atau tempat tidur Anda.

Biasanya, gigitan serangga akan meninggalkan bekas seperti bentol atau kemerahan pada kulit. Untuk hal ini, Anda tak perlu khawatir, cukup gunakan krim hidrokortison atau losion penghilang gatal yang bisa digunakan kapanpun kulit terasa gatal.

3. Hamil

Rasa gatal pada payudara juga biasa terjadi pada ibu hamil seiring dengan perut yang mulai membesar. Menurut ahli kandungan di CareMount Medical New York, Stephanie Gore, M.D., hal ini normal terjadi karena perempuan hamil mengalami perubahan fisik yang cukup signifikan, termasuk di antaranya pembesaran payudara yang diikuti dengan rasa gatal.

"Ketika kulit melebar untuk mengakomodir pertumbuhan payudara, seringkali payudara terasa gatal, kering dan teriritasi. Beberapa perempuan juga mengalami stretch mark yang membuat kulit semakin iritasi. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini dengan mengoleskan pelembap yang tidak mengandung wewangian," tutur Stephanie.

4. Alergi terhadap pelembap tubuh

Kondisi ini disebut dengan dermatitis kontak yang terjadi ketika seseorang menjadi alergi terhadap bahan kimia yang dioleskan atau bersentuhan dengan kulit. "Biasanya, hal ini terjadi karena menggunakan pelembap tubuh baru atau bisa saja suatu zat tertentu di dalam pakaian," kata Kari Martin, M.D.

Jenis dermatitis ini menyebabkan ruam merah yang kering dan gatal. Bila sudah parah, dapat menyebabkan kulit melepuh dan pengerasan kulit. Jika sudah terjadi hal seperti ini, segera periksakan diri ke dokter.

5. Pakaian dalam (bra) terlalu ketat

Dermatitis kontak juga bisa terjadi karena adanya gesekan antara payudara dengan bra yang dikenakan karena terlalu ketat. Rasa gatal akan terjadi khususnya pada area puting. Untuk itu, sebaiknya gunakan bra dengan bahan yang nyaman dan menyerap keringat sehingga tidak membuat area payudara menjadi lembap. 

6. Payudara mengalami infeksi yang ditimbulkan oleh bakteri

Bila Anda pernah mendengar yeast infection (infeksi yang disebabkan oleh jamur atau bakteri) pada vagina, hal ini ternyata juga bisa muncul pada payudara. Infeksi ini bisa terjadi pada puting dan areola hingga bagian lipatan kulit di bawah payudara akibat keringat dan kurangnya kelembapan.

Cara mengatasinya bisa menggunakan krim penghilang gatal atau selalu menjaga agar kulit di area payudara tetap kering. Selain itu, Anda juga harus rajin mengganti bra ketika sudah merasa keringat atau mengganjal bagian lipatan kulit di bawah payudara dengan sapu tangan.

7. Kanker payudara yang langka

Dr. Therese Bever yang berpraktik di MD Anderson Cancer Prevention Center Houston, Texas, mengatakan bahwa rasa gatal yang terjadi bisa disebabkan karena kanker payudara yang sangat langka bernama inflammatory breast cancer. Tetapi perlu dipahami, gatal-gatal pada payudara bukanlah menjadi penyebab utamanya.

"Ketika kulit menjadi lebih elastis atau meradang karena kanker, reaksinya adalah menghasilkan rasa gatal pada tubuh, payudara memerah dan bengkak. Namun jangan langsung khawatir kalau payudara gatal tapi tidak merah dan bengkak," ungkap Dr. Therese.

Selain itu, gatal juga bisa menjadi tanda munculnya penyakit kanker payudara yang bernama Paget yang ditandai dengan munculnya bisul atau benjolan kecil pada puting. Tetapi, hal ini adalah gejala yang jarang sekali terjadi karena Paget tidak menimbulkan rasa sakit. 

Bila payudara Anda terasa gatal, jangan langsung mengambil kesimpulan jika Anda terkena alergi atau penyakit tertentu. Tetapi sebaiknya, konsultasikan diri ke dokter jika rasa gatal pada payudara tak kunjung berhenti.

*Sumber: kumparan.com

Tag : kesehatan, badan, tubuh, panyudara gatal


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat