21:00 . Pelaksanaan PTM Terbatas SMA-SMK di Bojonegoro Dinilai Lancar   |   20:00 . Tiga Pilar di Bojonegoro Terus Optimalkan 3T Saat Pandemi Covid-19   |   19:00 . Tiga Pekerja Migran Bojonegoro Dipulangkan Usai Karantina di Surabaya   |   18:00 . Rental Novel dan Komik Ini Masih Bertahan di Tengah Digitalisasi   |   17:00 . Telat Cutting, Ruas Kumpulrejo-Bendo Bentuk Pola Retak   |   16:00 . Kupas Tuntas Cara Berlaboratorium yang Baik Bersama Prodi Farmasi UNU Sunan Giri Bojonegoro   |   15:00 . Targetkan Rampung November, Proyek Jargas di Bojonegoro Capai 70 Persen   |   14:00 . Tahap Akhir Pengerjaan, Bendungan Gongseng Mulai Dilakukan Pengisian Awal   |   13:00 . Konferwil IPNU Jatim di Bojonegoro Usung Tema Akselerasi Pelajar   |   07:00 . Benarkah Berjalan 10.000 Langkah Bisa Menurunkan Berat Badan? Begini Faktanya   |   18:00 . Petani Toge Desa Talok, Omzet Jutaan, Ciptakan Lapangan Kerja Bagi   |   17:00 . Mapping dan Konseling Anggota Polres Bojonegoro di Masa Pandemi Covid-19   |   16:00 . 2 Bulan, Ada 9 Peristiwa Kebakaran Akibat Ulah Orang Tak Bertanggung Jawab    |   15:00 . Catat...! Ini Jadwal Tes SKD CASN di Bojonegoro   |   14:00 . 10 Karya Terbaik Akan Mendapatkan Piagam Penghargaan   |  
Thu, 23 September 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Cegah Alergi pada Anak Sejak Ibu Hamil, Bisa Enggak Ya?

blokbojonegoro.com | Monday, 07 September 2020 07:00

Cegah Alergi pada Anak Sejak Ibu Hamil, Bisa Enggak Ya?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Alergi dapat dialami oleh siapa saja, mulai dari ibu hamil, anak bayi, hingga orang dewasa. Alergi sendiri diartikan sebagai kondisi saat sistem kekebalan tubuh seseorang bereaksi menerima respons terhadap zat asing. Bentuk alergi pun ada bermacam-macam, seperti alergi makanan, debu, udara, dan sebagainya.

Meski dalam beberapa kasus kondisi alergi ini tak berbahaya bagi tubuh, tapi bagi Anda yang tengah hamil mungkin ini akan menjadi suatu hal yang membuat diri Anda cemas. Ya, beberapa ibu hamil khawatir apakah kelak anak yang mereka lahirkan akan memiliki alergi atau tidak. Sebab, alergi pada anak juga bisa terjadi karena faktor keturunan.

Lantas, bisakah alergi pada anak dicegah sejak ibu hamil?

Kata Dokter soal Cegah Alergi sejak Ibu Hamil

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Grace Valentine, SpOG mengungkapkan, anak yang lahir dari orang tua yang mengalami alergi memang berisiko lebih tinggi mengalami alergi. Itu artinya, faktor genetik atau riwayat dari orang tua memengaruhi apakah si kecil nantinya memiliki alergi atau tidak, Moms.

dr. Grace kembali menjelaskan bahwa mungkin dahulu ibu hamil dianjurkan untuk menghindari beberapa makanan yang dianggap dapat mencetus alergi, seperti susu, keju, telur, ikan, kacang, kedelai, dan sebagainya. Karena beberapa makanan tersebut dinilai dapat meningkatkan risiko alergi pada bayi.

Namun sebenarnya, hal itu tidak berpengaruh pada janin Anda, Moms. Jadi, Anda tak perlu batasi makanan saat hamil, karena pada dasarnya hal ini bisa dicegah saat si kecil masih berada di dalam kandungan Anda.

"Pada studi terbaru didapatkan bahwa restriksi atau ketatnya mengonsumsi jenis makanan tertentu selama kehamilan tidak berpengaruh pada kejadian alergi pada anak," kata dr. Grace kepada kumparanMOM.

Saran Dokter untuk Cegah Alergi pada Bayi

Dokter yang praktik di RS Pondok Indah Puri Indah, Jakarta Barat ini pun menyarankan agar Anda dapat mengonsumsi makanan bergizi dan bervariasi selama kehamilan hingga menyusui si kecil nantinya. Adapun bayi yang lahir dari ibu yang menderita alergi, sangat dianjurkan untuk mendapat ASI eksklusif selama 6 bulan. Menurutnya, ASI sangat jarang menyebabkan alergi. Malah ASI dapat meningkatkan sistem imun bayi karena mudah dicerna serta sebagai nutrisi utama pula untuk si kecil.

"Pemberian ASI selama 6 bulan terbukti menurunkan risiko eksim dan alergi susu sapi pada bayi," ujarnya.

Konsumsi Probiotik

Selain itu, ia menganjurkan agar ibu dapat mengonsumsi probiotik selama kehamilan. Probiotik sendiri merupakan bakteri baik yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Tak perlu khawatir, Moms. Sebab probiotik dapat Anda temukan dalam beberapa jenis makanan seperti tempe, yogurt, dan keju. Tak hanya baik perkembangan janin, probiotik juga bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil.

"Mengonsumsi probiotik pada akhir kehamilan (lebih dari 36 minggu) hingga 3 bulan menyusui telah terbukti dapat menurunkan risiko dermatitis atopik pada anak, namun tidak pada asma. Pemberian probiotik baru boleh dilakukan pada akhir kehamilan," tutupnya.

Probiotik juga terdapat dalam bentuk suplemen yang tidak menyebabkan efek samping pada ibu maupun bayi. Namun, ada baiknya hal ini tetap Anda konsultasikan ke dokter pemilihan jenis probiotik yang aman selama kehamilan. Karena, kondisi kesehatan tiap ibu hamil berbeda-beda, Moms.

*sumber: kumparan.com

Tag : Kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 30 August 2021 20:00

    HMP PIAUD Unugiri Dukung Pemenuhan Hak Anak Usia Dini

    HMP PIAUD Unugiri Dukung Pemenuhan Hak Anak Usia Dini Semarak HUT RI ke-76 masih menyelimuti jiwa-jiwa pendidik millenial. Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (HMP PIAUD) UNU Sunan Giri (Unugiri) turut meramaikan bulan kemerdekaan tersebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 02 August 2021 08:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more