19:00 . Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPNNU Ngambon Adakan Rakerancab   |   18:00 . Konsumsi BBM dan LPG Meningkat Menjelang Akhir September   |   17:00 . Ini Kondisi Sumur Bor Keluarkan Gas di Padasmalang   |   16:00 . Besok Menteri Desa PDTT Kunjungi Desa Pejambon   |   15:00 . Bupati Buka Acara Pelatihan Hidroponik Warga Binaan Lapas   |   14:00 . Warga Binaan Lapas Kelas II A Bojonegoro Diberikan Pelatihan Tehnik Hidroponik   |   13:00 . Harga Jual Turun, Buyback Justru Stagnan   |   12:00 . RS 'Aisyiyah Siap Beri Dukungan Pelayanan Kesehatan   |   11:00 . Tak Kenal Lelah, Tanpa Pamrih, Mengabdi Amalkan Ilmu   |   07:00 . 3 Tips Tenangkan Bayi yang Menangis   |   23:00 . Kanwil BPN Serahkan 3.313 Sertifikat Tanah Kepada Pemkab   |   22:00 . Satu Guru Setingkat SMA Terkonfirmasi Covid 19   |   21:00 . BPN Bojonegoro Serahkan Sertifikat Hak Atas Tanah Kodim   |   20:00 . Klaim Pasien Covid 19 se-Jatim Capai Rp1 Triliun   |   19:00 . Bersih-Bersih, Polres Gelar Tes Urine Bagi Anggota   |  
Thu, 24 September 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 15 September 2020 13:00

Petilasan Ki Atas Aji yang Dekat dengan Bukit Atas Angin

Petilasan Ki Atas Aji yang Dekat dengan Bukit Atas Angin

Kontributor : Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Masyarakat secara khusus Jawa, cukup familiar dengan istilah petilasan. Kata ini merujuk pada “tilas” atau bekas. Suatu tempat yang pernah didatangi atau ditinggali oleh seseorang yang mempunyai jasa besar bagi kehidupan. Dalam konteks ini seseorang yang pernah tinggal dan mendatangi suatu tempat merupakan orang penting.

Oleh sebab itu terutama di tanah Jawa, tercatat cukup banyak petilasan yang pernah ditinggali atau didatangi. Karena petilasan tersebut pernah ditinggali oleh orang penting maka dalam perkembangannya orang memandang bahwa lokasi tersebut wajib untuk dihormati dan dijaga.

Seperti halnya petilasan Ki Atas Aji yang terletak di Dusun Atas Angin Desa Deling, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro. Ki Atas Aji adalah seorang tokoh agung yang dulunya pernah bertapa di bukit atas angin dan dipercayai oleh masyarakat Atas Angin berengkarnasi menjadi bupati pertama Bojonegoro yaitu Bupati Sumantri.

Juru Kunci Petilasan, Suwiji mengatakan, di sini ada dua petilasan,yakni Ki Atas Aji dan Sujonopuro. Mereka berdua itu masih saudara, yang Atas Aji petilasannya ada di Dusun Atas Angin dan Sujonopuro di Dusun Jonopuro.

"Masyarakat sini itu percaya kalau ki Atas Aji itu berengkarnasi menjadi bupati pertama Bojonegoro yaitu Bupati Sumantri sedangkan Sujonopuro berengkarnasi menjadi bupati pertama Madiun yaitu Bupati Ronggo Jumeno," terangnya dengan bahasa Jawa.

Menurutnya, banyak orang yang memanjatkan hajat untuk menjadi pejabat pemerintahan di petilasan ini. Mulai dari Kepala Desa, Camat, DPR hingga Bupati.

"Saya tidak begitu paham atas silsilah dari Ki Atas Aji, kalau ingin tahu lebih jelas silsilahnya datang ke Kapas, di situ masih ada keturunannya dan punya silsilahnya," ujar bapak setengah baya itu.[her/ito]

Tag : petilasan, atas, angin, bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat