20:00 . Terima SK, Para PPPK Mengaku Senang   |   19:00 . Fokus PEN 2021: Menanggulangi Pandemi dan Membangkitkan Ekonomi Nasional   |   18:00 . Bupati Hadiri Pengukuhan Dewan dan Temu Wicara Pendidikan   |   17:00 . Temu Wicara Semua Pihak Paparkan Masalah dan Solusi Pendidikan Bojonegoro   |   16:00 . Giliran Petugas Dispendukcapil Lakukan Vaksinasi Tahap Kedua   |   15:00 . 5.172 Petugas Pelayan Publik Ikuti Vaksinasi Tahap Kedua   |   14:00 . Bupati Serahkan SK Kepada PPPK di Lingkungan Pemkab Bojonegoro   |   13:00 . Menurunkan Kasus Aktif dengan Meningkatkan Kesembuhan dan Menghindari Kematian   |   12:00 . Penetapan Kelompok Prioritas Vaksinasi Berdasarkan Hal ini   |   11:00 . HIMEK IKIP PGRI Bojonegoro Gelar Webinar Kewirausahaan Bareng Duta Petani Milenial Kementan   |   10:00 . Cerita Hilangnya Dua Dusun di Bumi Wali Jawa Timur   |   09:00 . Indahnya Desain Bendungan Karangnongko Bojonegoro   |   08:00 . Awak Media Mulai Divaksin   |   07:00 . Kanker Payudara dan Serviks Ternyata Bisa Dicegah, Begini Caranya   |   06:00 . Vaksin Bagi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan   |  
Sat, 27 February 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kemarau, 19 Desa Ajukan Permintaan Droping Air

blokbojonegoro.com | Wednesday, 16 September 2020 12:00

Kemarau, 19 Desa Ajukan Permintaan Droping Air

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Dampak kemarau, kini mulai dirasakan oleh masyarakat Bojonegoro, bahkan beberapa wilayah sudah mengalami kesulitan air bersih untuk memenuhi kebituhan sehari-harinya. Hingga saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, telah mencatat sudah ada 31 dusun di 19 Desa di wilayah Kabupaten Bojonegoro, telah terdampak kekeringan dan kesulitan air bersih akibat musim kemarau yang telah terjadi.

"Saat ini, sudah ada 19 desa di 10 Kecamatan yang mengalami kesulitan air dan terjadi kekeringan dan telah mengajukan permohonan droping air," kata Kepala Seksi (Kasi) Rehabilitasi dan Rekonstruksi, BPBD Bojonegoro, Yudi Hendro Kartono.

Pria yang akrab disapa Yudi melanjutkan untuk pendistribusian air bersih sudah dilaksanakan oleh BPBD Bojonegoro, sejak awal September ini, bahkan dengan kondisi kemarau seperti ini, petugas BPDB terus melakukan pendistirbusian air bersih ke warga yang terdampak.

"Untuk desa yang memenuhi syarat administrasi akan langsung dikirimi air sesuai permintaan yang diajukan," terang Yudi kepada blokBojonegoro.com.

Yudi mencontohkan, seperti pada hari Selasa, (15/9/2020) kemar BPBD Bojonegoro telah melakukan kegiatan distribusi air bersih di 6 Desa, yakni Desa Mulyorejo, Desa Gamongan Kecamatan Tambakrejo, Desa Sugihwaras, Desa Nganti Kecamatan Ngraho,Desa Kasiman kecamatan Kasiman, Desa Donan Kecamatan Purwosari.

"Untuk saat ini, total air bersih sudah didistribusikan kewarga mulai dari tanggal 7 September 2020 sampai hari ini sebanyak 77 tangki," ungkapnya.

Guna mengantisipasi dampak kekeringan itu, BPBD meminta pihak Kepala Desa (Kades) ataupun camat agar proaktif melaporkan desa atau wilayahnya yang terdampak kekeringan, hal itu dilakukan droping air bersih kita bisa merata dan tidak terjadi ada desa terdampak yang tak mendapatkan bantuan air.

Adapun Desa yang mengajukan permintaan bantuan air bersih sampai hari ini adalah 31 dusun 19 desa di 10 Kecamatan diantarannya, Desa Sumberharjo dan Desa Margoagung Kecamatan Sumberejo, Desa Ngasem, Desa Butoh, Desa Kolong, Desa Jelu Kecamatan Ngasem, Desa Sumberbendo dan Desa Ngorogunung Kecamatan Bubulan, Desa Mulyorejo, Desa Gamongan.

Kemudian Desa Malingmati, Desa Kalisumber Kecamatan Tambakrejo, Desa Sumberjokidul Kecamatan Sukosewu, Desa Nganti dan Desa Sugihwaras Kecamatan Ngraho, Desa Kasiman Kecamatan Kasiman, Desa Ngumpakdalem Kecamatan Dander dan Desa Donan Kecamatan Purwosari, Desa Bakulan Kecamatan Temayang.[saf/ito]

Tag : Dropping, air, bpbd


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat