Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Warga Nglampin Gelar Sedekah Bumi di Tengah Pandemi

blokbojonegoro.com | Friday, 18 September 2020 20:00

Warga Nglampin Gelar Sedekah Bumi di Tengah Pandemi

Kontributor : Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Sedekah bumi merupakan upacara adat atau tradisi orang Jawa pada umumnya yang diadakan setiap tahun.

Acara tersebut dilaksanakan pada bulan Sura/Muharam untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat yang dirasakan melalui hasil bumi.

Dalam acara sedekah bumi tersebut, warga lingkungan Desa Nglampin Kecamatan Ngambon, bergotong-royong memasak serta menyiapkan serangkaian selamatan untuk leluhur pada siang hari setelah Salat Jumat di sendang setempat.

Setelah selesai melaksanakan ibadah warga berbondong-bondong menuju sendang berkumpul untuk melaksanakan tasyakuran dan tidak lupa menggunakan masker karena masih dalam pandemi Virus Corona.

Pelaksanaan sedekah bumi melibatkan semua elemen masyarakat, mulai dari perangkat desa, para Ketua Rukun Tetangga, Ketua Rukun Warga (RW), tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat desa.

Kepala Desa Nglampin, Agus Roni Jaya mengatakan, sedekah bumi adalah simbol penghormatan dan penghargaan masyarakat kepada alam sebagai karunia yang besar.

"Tanah yang kita pijak setiap hari, kita buang kotoran di situ, kita tanam dan segala sesuatu yang kita lakukan, maka kita perlu merawatnya dengan cara memberikan sedekah terhadap bumi kita ini," katanya, pada Jumat, 18 September 2020.

Dia juga menambahkan, acara pada pagi hari ini berbeda dengan sedekah bumi sebelumnya. Di masa pandemi ini dengan adanya sedekah bumi, masyarakat Desa Nglampin harus bersyukur karena masih diberikan kesehatan dan keselamatan.

"Mudah-mudahan dengan acara sedekah bumi ini, masyarakat Desa Nglampin selalu mendapatkan keberkahan," harapnya.

Kemudian, mereka berdoa bersama agar warga selalu diberi hasil bumi yang melimpah, serta dijauhkan dari Covid-19.[her/col]

Tag : Sedekah, bumi, tradisi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini