11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Menikmati 'Kopi Areng' Khas Jogja di Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Monday, 21 September 2020 19:00

Menikmati 'Kopi Areng' Khas Jogja di Bojonegoro

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Menikmati sajian kopi tak melulu harus di kafe-kafe mewah dengan harga yang wah. Tapi juga bisa di warung kopi lesehan atau angkringan di pinggir jalan.

Di Kabupaten Bojonegoro, ada tempat ngopi yang asyik, yaitu di Angkringan Sahabat. Meski tempatnya di pinggir jalan, rasanya juga tak kalah enak dengan kopi di kafe. Apalagi, kopi ini bisa dibilang baru di Kabupaten Bojonegoro.

Namanya Kopi Jos atau 'Kopi areng'. Dinamakan jos karena cara penyajiannya memakai arang yang masih membara. Begitu arang dimasukkan ke kopi, maka akan menimbulkan bunyi ‘joosss’. Bagi Anda yang tinggal atau sering mampir ke Jogja, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis kopi ini.

Pemilik Angkringan, Khoirul Iksan mengungkapkan, ide menyajikan Kopi Jos memang terinspirasi dengan Kopi Jos yang berada di Yogyakarta. Apalagi di Kabupaten Bojonegoro, bisa dikatakan masih jarang.

blokBojonegoro sempat menikmati Kopi Jos yang terletak di Jalan Veteran Kabupaten Bojonegoro. Rasanya memang berbeda dengan kopi lainnya. Selain pahit dan sedikit manis, juga ada kombinasi aroma asam. Kata Khoirul sapaan akrabnya, itu karena pengaruh arang yang berasal dari kayu asem.

“Memang harus pakai kayu khusus yaitu dari kayu pohon asem. Tetapi jangan khawatir, arang yang digunakan merupakan arang khusus sehingga masih bersih dan hanya digunakan sekali pakai saja,” katanya.

Untuk cara pembuatannya, kata Koirul, tak ada yang beda seperti di Kota Yogyakarta. Kopi diseduh lebih dulu, lalu arang yang masih membara dicelupkan. Menurut Khoirul, selama arang masih berwarna merah saat dicelupkan, cukup aman untuk dikonsumsi.

“Saya memang belajar di Jogja selama 1 bulan untuk bisa membuat Kopi Jos, sambil bekerja di Jogja. Sebelum buka memang sudah saya pelajari untuk meracik Kopi Jos,” kata Khoirul, yang baru 2 bulan buka Angkringan di Jalan Veteran ini.

Selain Kopi Jos, ia juga menyediakan kopi lainya yang jarang ada di Bojonegoro, seperti Kopi Walik, Kopi Santen dan Kopi Item.

Adapun untuk Kopi Jos, menurutnya, memakai kopi jenis khusus yang dia ambil dari reseller khusus yang ada di Bojonegoro. Di sini, Khoirul tinggal menyeduhnya lantaran ia membeli sudah dalam kemasan serbuk.

“Dari berbagai macam menu kopi, yang paling laris ya Kopi Jos. Karena mungkin di Bojonegoro baru ada di sini,” katanya.

Untuk menikmati satu cangkir Kopi Jos, kita tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Cukup dengan Rp5.000, kita bisa menyeruput kopi dengan kombinasi arang dalam cangkir yang cukup besar.

Selain menyediakan kopi, Khoirul juga menyediakan beberapa menu lainya dan seperti angkringan yang berada di Jogja. Seperti usus bakar, ampela bakar, sosis bakar, sego kucing dan lain sebagainya.

Sementara itu, salah satu pembeli, Farikhut Tamam mengaku, merasa ada sedikit rasa pahit di dalam kopi yang ia pesan. Namun, ada aroma yang khas ditimbulkan oleh arang yang dicelupkan ke dalam kopi.

"Rasanya terasa seperti kopi yang dibakar, sehingga menimbulkan rasa yang khas," tutup pria asal Desa Ringintunggal, Kecamatan Gayam ini.[din/col]

Tag : Angkringan, kopi, jogja



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat