Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ini Cara Atasi Biang Keringat pada Bayi

blokbojonegoro.com | Friday, 25 September 2020 07:00

Ini Cara Atasi Biang Keringat pada Bayi

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Biang keringat adalah ruam atau bintil kecil berwarna merah dan menonjol yang terasa gatal. Kondisi ini disebut miliaria dalam istilah medis. Meski lebih sering terjadi pada bayi, biang keringat bisa dialami orang dewasa ketika cuaca panas dan lembap. Area tubuh yang rentan terserang biang keringat adalah wajah, leher, punggung, dada, dan paha.

Biang keringat jarang membutuhkan penanganan serius karena bisa membaik hanya dengan mendinginkan kulit dan menghindari pajanan panas. Namun, kamu dianjurkan pergi ke dokter jika ruam yang muncul disertai demam, menggigil, pembengkakan kelenjar getah bening, dan keluarnya nanah dari bintil merah.

Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Penanganan biang keringat pada bayi tidak jauh berbeda dengan orang dewasa. Namun secara khusus, berikut cara mengatasi biang keringat pada bayi yang bisa dicoba.

1. Hindari Udara Panas dan Lembap

Pindahkan Si Kecil ke ruangan yang sejuk dan teduh. Jika ibu menggunakan AC atau kipas angin, jangan mengarahkan langsung ke tubuh Si Kecil. Pastikan ibu membawa kipas dan topi untuk melindungi Si Kecil dari paparan sinar UV matahari.

2. Pakaian

Pilih pakaian dari serat alami untuk Si Kecil, seperti yang berbahan katun. Hindari mengenakan pakaian dari kain sintetis, seperti poliester dan nilon, karena bahannya sulit menyerap keringat dan panas. Kenakan pakaian longgar pada Si Kecil, dan sesekali, biarkan ia beraktivitas tanpa pakaian dan popok.

3. Jangan Sering Digendong

Ketika Si Kecil mengidap biang keringat, hindari menggendongnya terlalu sering. Alasannya karena posisi digendong membuat Si Kecil berhadapan dengan dua sumber panas, yakni cuaca dan suhu tubuh ibu. Maka itu, lebih baik tidurkan Si Kecil di ranjang dan biarkan ia bergerak bebas.

4. Jaga Kulit Si Kecil Tetap Sejuk

Dinginkan kulit Si Kecil menggunakan kain basah yang sejuk. Atau, ibu bisa memandikannya dan biarkan kulit Si Kecil kering dengan sendirinya tanpa menggunakan handuk.

5. Oleskan Losion dan Krim

Hanya dilakukan jika dibutuhkan atau biang keringat yang diidap Si Kecil cukup parah. Misalnya oleskan krim hidrokortison atau obat yang disarankan dokter. Saat mengoleskan krim, hindari area dekat mata Si Kecil untuk mencegah iritasi. [lis]
Sumber: www.halodoc.com

Tag : Biang, keringat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini