09:00 . Turun Rp3.000 di Akhir Pekan, Harga Emas Dibanderol Rp940.000   |   08:00 . Warga Kedungadem Nekat Bunuh Diri Masuk Sumur   |   07:00 . Punya Penyakit Penyerta, Apakah Harus Tetap Vaksinasi Covid-19?   |   06:00 . Tambah 4 Kota/Kabupaten di Jatim yang Terapkan PPKM   |   23:00 . Bertekad Kembangkan Lembaga, Siapkan Siswa Mengabdi di Masyarakat   |   22:00 . Aklamasi, Ketua Terpilih Siapkan Pengusaha Muda Baru   |   20:00 . Penerimaan PPPK Tahun 2021 Dibuka dengan 3 Kali Tes   |   19:30 . Sehari Bersama Dea Miswa, Gadis Peternak Kambing   |   19:00 . Disiplinkan Penerapan Prokes Satgas Covid-19 Tindak 17 Pelanggar   |   18:00 . Arumi Dampingi Wagub Jatim Suntik Vaksin Covid   |   17:00 . Menjaga Keselamatan Rakyat Jadi Prioritas Pemerintah Menangani Pandemi   |   16:00 . Butuh Karangan Bunga? BloKembang Hadir Lebih Modis   |   15:00 . Klaim Santunan Jasa Raharja Tahun 2020 Turun   |   14:00 . Pemerintah Berkomitmen Perluas Ruang Lingkup Vaksinasi   |   13:00 . Tercapainya Herd Immunity, Tujuan Program Vaksinasi   |  
Sat, 16 January 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sahabat Pertamina yang Tulus Melayani

blokbojonegoro.com | Saturday, 17 October 2020 14:30

Sahabat Pertamina yang Tulus Melayani Paramedis Sahabat Pertamina sedang memeriksa kesehatan salah satu keluarga yang menjadi sasaran program.

Sejak tahun 2018 dicanangkan, Program Penguatan Kesadaran Kesehatan Berbasis Masyarakat atau lebih familier disebut Sahabat Pertamina, awalnya dikira sebagai pemanis perusahaan saja. Asal-asalan dan sekadar formalitas belaka. Namun, lambat laun warga benar-benar merasakan manfaat besar Sahabat Pertamina hasil kemitraan Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field dengan Kampus Ungu, STIKes ICsada Bojonegoro.

Reporter: Muhammad Abdul Qohhar

blokBojonegoro.com – Saat pandemi Covid-19 seperti saat ini, Sahabat Pertamina benar-benar semakin bisa menyentuh hati masyarakat, karena begitu tulus melayani. Hal itu seperti diceritakan Koordinator Kader Kesehatan di Desa Ngampel, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Indrawati. Ia salah satu diantara orang yang mengetahui secara langsung tim paramedis Sahabat Pertamina melayani sepenuh hati warga yang menjadi Keluarga Binaan (KaBi).

“Sebab, saya juga sering ikut terlibat saat sosialisasi maupun mengikuti rangkaian kegiatan Sahabat Pertamina. Benar-benar jadi program yang luar biasa dan membantu masyarakat,” katanya.

Selain kegiatan rutin mendatangi ratusan keluarga untuk mengecek kesehatan, memberikan pendidikan dan lain sebagainya, setiap saat dibutuhkan Tim Sahabat Pertamina juga begitu sigap. Seperti ketika mengantarkan orang sakit ke fasilitas kesehatan, ibu hamil mau melahirkan dan lain sebagainya. Bahkan, waktu ada warga dikarantina karena ditengarai terpapar Covid-19, paramedis Sahabat Pertamina dengan peralatan lengkap menjemputnya.

“Kami yang ada di desa sekitar wilayah operasi Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field, terutama kader kesehatan desa juga diberikan wawasan lebih banyak tentang kesehatan dasar. Sehingga, keberadaan Program Sahabat Pertamina sangat bermanfaat sekali,” tegas dengan mimik serius.

Seperti diketahui, sampai Oktober 2020 Program Sahabat Pertamina telah menyentuh Kabi sebanyak 720. Di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur ada tiga desa yang menjadi sasaran, diantaranya Desa Campurejo, Kecamatan Kota, Desa Sambiroto dan Ngampel, Kecamatan Kapas. Sedangkan wilayah Tuban ada Desa Rahayu, Kebonagung dan Bulurejo, semuanya di Kecamatan Soko.

Manfaat Sahabat Pertamina juga diakui perwakilan dari Dinas Kesehatan Pemkab Bojonegoro, tepatnya Kepala Puskesmas Tanjungharjo, Dr. Fifin Erliana. Menurutnya, paramedis program yang berada di desa tidak menggantikan peran pemerintah. Namun, benar-benar lebih menguatkan dan sangat bermanfaat. Apalagi, masyarakat sangat terlayani dengan baik.

"Alhamdulillah saya sangat terbantu dengan kegiatan Sahabat Pertamina. Akses kesehatan di masyarakat semakin baik dan meningkatkan derajat kesehatan dengan kunjungan rumah agar menjadi keluarga mandiri," tegasnya.

Sementara itu Tenaga Ahli Program Sahabat Pertamina dari Kampus Ungu, STIKes Icsada Bojonegoro, Nurul Jariyatin, SH., MKN menerangkan, setiap keluarga yang menjadi sasaran program mendapatkan kunjungan secara berkala. Setelah itu, tetap dikunjungi dengan intensitas tertentu sambil mengecek kondisi kesehatan keluarga. “Kita mengutamakan edukasi ke KaBi, terutama agar benar-benar bisa mandiri secara kesehatan,” jelas Bu NJ, sapaan karibnya.

Selain ke KaBi, tim yang dibekali mobil layanan kesehatan juga turut memastikan perusahaan hadir di tengah-tengah warga. Karena, program kemitraan ini diharapkan mampu melayani sepenuh hati ke masyarakat yang membutuhkan. Apalagi, 24 jam tim berjaga di wilayah Bojonegoro dan Tuban.

Terpisah, Field Manager (FM) Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field, Indarwan Harsoni mengatakan bahwa dalam beroperasi, perusahaan memandang penting keselarasan operasi dengan kepentingan kedua faktor eksternal maupun internal. Terutama berwawasan lingkungan sehat dan selamat.

"Program Sahabat Pertamina ini merupakan salah satu wujud kepedulian perusahaan. Semoga apa yang kami hadirkan di masyarakat membawa manfaat yang luas dan menciptakan sinergi, antara masyarakat dengan perusahaan," pungkasnya.

Anggota DPR RI, Farida Hidayati (nomor dua dari kanan)
tengah memberikan bingkisan kepada Keluarga Binaan (KaBi)

 

Apresiasi dari DPR RI dan SKK Migas

Keberadaan Program Sahabat Pertamina menuai apresiasi dari banyak kalangan, diantaranya anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Farida Hidayati. Mbak Rida, sapaan akrab wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) IX Bojonegoro-Tuban itu mendatangi langsung Keluarga Binaan (KaBi) di beberapa desa. Yakni Desa Campurrejo, Kecamatan Kota dan Desa Ngampel, Kecamatan Kapas, Bojonegoro. Setelah itu bergeser ke Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban.

“Bagus sekali Program Sahabat Pertamina yang digagas Pertamina EP Asset 4 dan Kampus Ungu. Benar-benar sampai di masyarakat bawah,” jelas Mbak Rida.

Ia mengetahui itu karena menanyai langsung KaBi yang menjadi sasaran program. Intinya mereka terbantu dengan pendidikan dan pengecekan kesehatan secara rutin. “Itu bentuk nyata kepedulian perusahaan kepada masyarakat sekitar. Kami sangat mengapresiasi Pertamina EP Asser 4 dan Kampus Ungu,” terang politikus dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.

Apresiasi lain datang dari Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Perwakilan Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara (Jabanusa). Staf SKK Migas Jabanusa, Rangga Dinasti ketika melakukan monitoring program bersama Cindy Koeshardini menegaskan, kegiatan ini dilaksanakan dengan melihat langsung ke KaBi dan Kader Kesehatan di desa yang menjadi sasaran Program Sahabat Pertamina.

“Setelah ke lapangan, kami melihat program Sahabat Pertamina ini sangat baik dan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat sekitar operasi Sukowati Field,” terang Rangga.

Ditambahkan, selain mampu memberikan informasi kesehatan krusial bagi yang membutuhkan, terutama lansia, program ini bisa mempererat silaturahmi antar perusahaan dengan masyarakat secara berkesinambungan. “Yang perlu diperhatikan hanya bagaimana membuat program ini berkesinambungan. Tapi yang pasti sangat luar biasa programnya,” tambahnya. [mad/ito]

Tag : migas, sahabat pertamina, pertamina ep, kampus ungu, STIKes ICsada


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat