05:00 . 9 Pasien Sembuh, Kasus Baru Tambah 8 Orang di Bojonegoro   |   17:00 . Lestarikan Lingkungan DLH dan Muspika Tanam Ratusan Pohon   |   16:00 . Dinsos Dapat 500 Bantuan Kursi Roda, Berharap Tak Terpakai   |   14:00 . Begini Peran Keberadaan Posko Desa dalam Penanganan Covid-19 Secara Nasional   |   13:00 . Daerah Yang Masih Zona Oranye Harus Segera Berbenah   |   12:00 . BMKG Djuanda Prediksi Musim Hujan Selesai Dasarian II   |   11:00 . Peningkatan Kualitas Penanganan Jawa - Bali Berdampak Menekan Kasus Nasional   |   10:00 . Pasien Sembuh dari Covid-19 di Indonesia Terus Meningkat Menjadi 1.176 356 Orang   |   09:00 . Satgas Covid-19 Monitoring Strain Virus Baru   |   08:00 . Makin Pedas, Harga Cabai Rawit Tembus Rp105 Ribu Perkilogram   |   07:00 . 30 Persen Anak Muda Disebut Alami Kecanduan Smartphone, Ini Saran Pakar   |   05:00 . 3 Hari Berturut-turut Kasus Konfirmasi Positif di Bojonegoro 53 Orang   |   21:00 . Razia Kamar Kos, Dua Pasangan Diamankan, Satu Diantaranya Masih Pelajar   |   20:00 . Dinsos Tiadakan Pemberian Santunan Korban Covid-19 Meninggal Dunia   |   19:00 . Personil Binamulia Bantu Masyarakat Terdampak Bencana Banjir   |  
Sat, 06 March 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dua Desa Ikuti Lomba Keterbukaan Informasi Publik 2020

blokbojonegoro.com | Wednesday, 21 October 2020 20:00

Dua Desa Ikuti Lomba Keterbukaan Informasi Publik 2020

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Dua desa di Kabupaten Bojonegoro terpilih menjadi kandidat dalam Lomba Keterbukaan Informasi Publik 2020. Dua desa tersebut adalah Desa Prayungan Kecamatan Sumberrejo dan Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang. Pada Rabu (21/10/2020) dilakukan sesi wawancara oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur.

Proses wawancara digelar secara virtual di balai desa masing-masing oleh dua orang dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur, yakni Nur Aminuddin dan Edi Purwanto. Wawancara lebih banyak mengulas tentang tingkat partisipasi publik, inovasi di bidang keterbukaan, dan komitmen pemerintah desa dalam hal transparansi anggaran.

“Saya mengapresiasi Desa Prayungan yang membuka akses seluasnya dalam bentuk online maupun offline. Bagaimana tingkat partisipasi publik dan bagaimana indikatornya?,” kata Edi Purwanto dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur.

Kepala Desa Prayungan, Kecamatan Sumberrejo, Imam Rofii menuturkan desa yang dipimpinnya selama ini mempunyai komitmen tinggi dalam kaitan keterbukaan informasi yakni melalui website, aplikasi, serta pertemuan-pertemuan tatap muka dengan warga. “Tingkat partisipasi publik mencapai 60 persen lebih. Indikatornya, kehadiran warga dalam acara-acara Pemerintah Desa cukup tinggi. Biasanya dilakukan saat musyawarah,” katanya.

Desa Prayungan mempunyai aplikasi Ibuk e (info buku kependudukan elektronik) yang bisa digunakan warga untuk layanan surat kependudukan. Jadi, warga tidak harus selalu datang ke kantor desa, melainkan bisa memanfaatkan aplikasi Ibuk e.  “Prayungan juga telah mendapat penghargaan website desa terbaik se-Bojonegoro,” tambah Kades.

Kini, lanjut dia, warga tidak tabu lagi untuk mendiskusikan soal anggaran desa. Karena semua anggaran bisa dilihat oleh warga melalui website dan papan informasi yang banyak dipasang di sejumlah titik. Dampak dari keterbukaan, tingkat kepercayaan warga ke pemerintah desa cukup tinggi. “Dalam penanganan Covid-19, desa dan warga saling bergotong royong,” tutur Imam.

Sementara itu, Camat Sumberrejo Soemarsono menuturkan sangat mengapresiasi capaian Desa Prayungan dalam hal keterbukaan informasi. Pihaknya terus memotivasi desa dalam layanan keterbukaan informasi publik yang akuntabel.

“Ini sangat penting kerena demi terciptanya pengelolaan anggara yang lebih tertib dan akuntabel, peningkatan kualitas SDM dan yang terpenting adalah masyarakat bisa mengakses informasi apa saja yang dibutuhkan secara transparan dan meningkatnya partisipasi masyarakat,” katanya.

Ia juga akan mendorong desa-desa lain untuk terus meningkatkan keterbukaan. Pemerintah desa juga didorong untuk menganggarkan di APBDes 2021 terkait sistem informasi desa (SID). “Tujuannya untuk peningkatan keterbukaan publik,” tegasnya.[lis]

 

Tag : desa, lomba


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat