Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Lebihi Target, Pencetakan KPP Capai 33.300 Keping

blokbojonegoro.com | Wednesday, 21 October 2020 19:00

Lebihi Target, Pencetakan KPP Capai 33.300 Keping

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Pasca diluncurkan pada pertengahan Januari 2019, salah satu progam unggulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro yaitu Kartu Pedagang Produktif (KPP) berjalan sukses. Dari jumlah kuota yang ditargetkan sebanyak 31 ribu KPP, tahun ini jumlahnya melebihi target.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bojonegoro, Sukaemi menjelaskan, hingga bulan Oktober 2020 ini, Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Perdagangan telah mencetak sebanyak 33.300 KPP. Dari Jumlah tersebut, Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) Kabupaten Bojonegoro telah mengucurkan anggaran sebesar Rp31.387.470.277 dan sudah dipegang oleh pedagang.

"Dari total anggaran itu terbagi menjadi dua, pertama untuk pelaku usaha mikro sebesar, Rp17.270.620.277 dan untuk Pelaku usaha ultra mikro sebesar Rp14.116.850.000," ujarnya, Rabu (21/10/2020).

Dia mengatakan, KPP merupakan salah satu cara Pemkab Bojonegoro untuk memfasilitasi para pedagang, baik di perkotaan maupun di kecamatan untuk memperoleh pinjaman bank dengan bunga rendah untuk modal usaha mereka. Dalam hal ini Dinas Perdagangan menggandeng Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dengan bunga 0,5 persen. Sasaran KPP tersebut yakni perorangan atau badan usaha perorangan. 

“Kalau dalam setahun bunganya hanya 6 persen saja tanpa jaminan dan ultra mikro jasa 0.25 persen sebulan dan 3 persen dalam setahun,” ujarnya.

Terkait manfaat KPP, Menurut Sukaemi menjelaskan pemilik kartu bakal mendapatkan fasilitas akses permodalan maksimal Rp25 juta dari Bank Daerah Bojonegoro, kemudahan akses kemitraan, dan kemudahan pelayanan perizinan usaha. 

Tak hanya itu, para pedagang juga mendapat pelatihan kewirausahaan, kemudahan akses kemitraan, pelayanan perijinan usaha, mendapatkan sertifikasi produk dan fasilitas hak paten.

"Semoga pelaku usaha sangat terbantu dengan program ini, apalagi saat ini sedang masa pandemi Covid-19 yang berdampak terhadap perekonomian masyarakat," pungkasnya.[din/lis]

 

Tag : KARTU, KPP



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini