08:00 . Irfan dan Rida Nahkodai PC IPNU - IPPNU Bojonegoro Periode 2020-2022   |   06:00 . Banjir Bandang Terjang Desa di 3 Kecamatan   |   21:00 . Pembangunan Maju, Bojonegoro Semakin Produktif   |   20:00 . Rakor KONI, Bahas Evaluasi dan Penyusunan Program Kerja 2021   |   19:30 . Hujan Deras, Banjir Bandang Terjang Malo dan Dander   |   19:00 . Semua Umat Agama Rindu Beribadah Bersama   |   18:00 . Pemerintah Kawal Kesiapan Sarana Vaksin Covid-19   |   17:00 . Bupati Anna: Mas Safuan Wartawan Baik   |   16:00 . Begini Harapan Bupati Bojonegoro pada Pembukaan Raker KONI   |   15:00 . Satgas Covid-19 Harap Tak ada yang Menghalangi Petugas Kesehatan   |   14:00 . Buka Konfercab IPNU-IPPNU, Bupati Ingatkan Pemuda untuk Melek Media   |   13:00 . Kerumunan Berpotensi Besar Pemicu Klaster Baru Covid-19   |   12:00 . Perempuan Produktif, Muslimat Bojonegoro Latihan Wirausaha   |   11:00 . Ciri Kelelahan Akibat Covid-19   |   10:00 . Melepas Mas Safuan   |  
Mon, 30 November 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 22 October 2020 10:00

597 Peserta Ikut Ujian Perangkat Desa di Balen

597 Peserta Ikut Ujian Perangkat Desa di Balen

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Sebanyak 601 peserta, mengikuti tes pengisian perangkat desa (Sekretaris Desa, Kasi Pemerintahan, Kaur Kesra, Kaur Keuangan, Perencanaan dan Kepala Dusun) di Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, Kamis (22/10/2020).  Tes tulis yang digelar di SMPN 1 Balen ini, merupakan tes tulis yang diselenggarakan secara serentak oleh 17 desa di Kecamatan Balen dengan total 24 kursi yang diperebutkan.

Panitia Pelaksana Sya'roni mengungkapkan, ada sebanyak 601 peserta yang seharusnya mengikuti ujian kali ini. Namun, ada empat peserta yang tidak hadir tanpa disertai alasan yang jelas, tiga peserta berasal dari Desa Mayangkawis dan 2 peserta berasal dari Margomulyo.

"Sebenarnya ada 603 orang yang mendaftar, tetapi ada 2 orang yang tidak lolos seleksi. Sehingga, hari ini yang mengikuti ujian ada 597 peserta," ujarnya.

Dirinya juga menjelaskan, untuk ujian yang menggandeng Universitas Airlangga sebagai pihak ketiga pembuat soal ini dilakukan dalam dua sesi. Pada sesi pertama, para peserta harus mengerjakan 100 soal dengan materi Bahasa Indonesia, Matematika, Sosial ekonomi dan Kewarganegaraan. Sedangkan untuk sesi kedua tentang materi Kemampuan Dasar, Pengetahuan Umum dan Wawasan Kebangsaan.

"Masing-masing sesi para peserta diberi waktu selama 120 menit, sesuai kesepakatan dari pihak yang membuat soal," imbuhnya.

Terkait sesi kedua, Sya'roni mengungkapkan, hanya diikuti sebanyak 20 persen peserta yang diambil dari jumlah peserta yang mengikuti ujian lowongan perangkat yang ada di setiap desa. Hal itu dilakukan guna sebagai penyaringan peserta untuk mengikuti sesi kedua.

"Jadi untuk hasil ujian sesi pertama nanti langsung keluar dan para peserta bisa melihatnya, kemudian baru diambil 20 persen peserta dari masing-masing total peserta yang mengikuti ujian," sambungnya.

Pria asal Desa Lengkong ini juga menyebutkan, kursi Sekretaris Desa masih menjadi primadona bagi para peserta. Bahkan, untuk lowongan kursi Sekretaris Desa Margomulyo direbutkan sebanyak 64 orang.

Pada ujian kali ini pihak panitia juga menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang sangat ketat. Bahkan sebelum masuk ruangan ujian, para peserta dicek suhu terlebih dahulu dan wajib mencuci tangan, serta menggunakan masker.

"Selain itu, kita juga membatasi jumlah peserta di setiap ruangannya dengan maksimal sebanyak 25 orang dan ada 24 ruangan pada ujian kali ini," pungkasnya.[din/lis]

 

Tag : Perangkat, desa


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 29 November 2020 00:00

    Selamat Jalan Mas Safuan

    Selamat Jalan Mas Safuan Innalillahi wainna ilaihi roojiuun. Reporter blokBojonegoro.com, Mochamad Safuan meninggal dunia, Sabtu (28/11/2020) petang....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat