09:00 . Vaksinasi Covid-19 Prioritaskan Keselamatan Masyarakat   |   08:00 . Irfan dan Rida Nahkodai PC IPNU - IPPNU Bojonegoro Periode 2020-2022   |   07:00 . Studi: Bermain Boneka Dapat Kembangkan Keterampilan Sosial dan Empati Anak   |   06:00 . Banjir Bandang Terjang Desa di 3 Kecamatan   |   21:00 . Pembangunan Maju, Bojonegoro Semakin Produktif   |   20:00 . Rakor KONI, Bahas Evaluasi dan Penyusunan Program Kerja 2021   |   19:30 . Hujan Deras, Banjir Bandang Terjang Malo dan Dander   |   19:00 . Semua Umat Agama Rindu Beribadah Bersama   |   18:00 . Pemerintah Kawal Kesiapan Sarana Vaksin Covid-19   |   17:00 . Bupati Anna: Mas Safuan Wartawan Baik   |   16:00 . Begini Harapan Bupati Bojonegoro pada Pembukaan Raker KONI   |   15:00 . Satgas Covid-19 Harap Tak ada yang Menghalangi Petugas Kesehatan   |   14:00 . Buka Konfercab IPNU-IPPNU, Bupati Ingatkan Pemuda untuk Melek Media   |   13:00 . Kerumunan Berpotensi Besar Pemicu Klaster Baru Covid-19   |   12:00 . Perempuan Produktif, Muslimat Bojonegoro Latihan Wirausaha   |  
Mon, 30 November 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 23 October 2020 20:00

Konferwil 2 AMSI Jatim

Pemanfaatan Facebook dan Tiktok Bisa Sebagai Distribusi Konten Berita

Pemanfaatan Facebook dan Tiktok Bisa Sebagai Distribusi Konten Berita

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Dalam webinar yang diselenggarakan oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur, dengan Memahami Aspek Ekonomi Bisnis Platform Digital diikuti oleh para awak media.

Beberapa pertanyaan diajukan terkait pemanfaatan Facebook dan Tiktok sebagai platform untuk menyebarluaskan berita yang diproduksi oleh perusahaan media.

Strategic Partner Manager News, Facebook Indonesia dan Malaysia, Yos Kusuma menjelaskan fasilitas di media sosial Facebook bisa dimanfaatkan untuk keperluan apapun. Mulai dari grup, market place, maupun halaman. Penggunaannya juga bisa dimaksimalkan oleh perusahaan media untuk lebih menyebarluaskan berita.

"Di Facebook juga ada tools untuk melindungi hak kekayaan intelektual. Bagi perusahaan media yang mempunyai IT khusus, bisa memanfaatkan untuk mengatur agar berita yang di copy paste oleh pengguna lain tidak bisa muncul diposting. Jika ada yang membajak, akan muncul notifikasi bisa di-take down, hingga pinalti," ulas Yos Kusuma.



Head of User and Content Operations Tik Tok Indonesia, Angga Anugrah Putra menjelaskan, Tiktok bukanlah media sosial, melainkan platform distribusi konten yang bisa dimanfaatkan semua orang.

Angga menjelaskan, meskipun pengguna Tiktok baru memiliki 5 pengikut, namun konten video bisa ditonton oleh ribuan. "Sebab, di Tiktok mendistribusikan konten sesuai dengan apa yang disukai oleh pengguna lain, seperti masak, olahraga, hingga komedi," ungkapnya.

Bahkan, penggunaan Tiktok juga mendukung para pelaku ekonomi untuk bertahan dan kreatif di masa pandemi Covid-19. Seperti koki yang aktifitasnya di rumah, bisa memanfaatkan untuk berbagi resep hingga viral. Begitu juga pekerja salon, bisa berbagi tips makeup, serta pelaku usaha mikro bisa mempromosikan barangnya.

Begitu juga penggunaan Tiktok untuk media, video dengan 30 detik juga bisa menarik perhatian pengguna. "Karena user Tiktok kebanyakan adalah milenial, media bisa menyasar milenial dengan Tiktok," imbuh Angga.

Webinar yang dimoderatori oleh Muhammad Abdul Qohhar, selaku Koordinator Daerah (Korda) Mataraman AMSI Jatim, yang juga Chief Executive Officer (CEO) PT Blok Bojonegoro Media (blokBojonegoro.com dan blokTuban.com) berlangsung dengan banyak pengetahuan yang disampaikan secara gamblang. Sehingga banyak hal yang didapatkan peserta, terutama awak media dalam memanfaatkan Facebook dan Tiktok.

 

Tag : webinar, amsi, jatim, facebook, tiktok


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 29 November 2020 00:00

    Selamat Jalan Mas Safuan

    Selamat Jalan Mas Safuan Innalillahi wainna ilaihi roojiuun. Reporter blokBojonegoro.com, Mochamad Safuan meninggal dunia, Sabtu (28/11/2020) petang....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat