Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Long Weekend Penumpang KA Meningkat, Daop 8 Operasikan 69 Kereta

blokbojonegoro.com | Tuesday, 27 October 2020 09:00

Long Weekend Penumpang KA Meningkat, Daop 8 Operasikan 69 Kereta

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - Akhir pekan ini tepatnya Kamis tanggal 29 Oktober bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW, sehingga dalam kalender tanggil ini masuk merah atau libur. Otomatis hari libur akan sampai dengan hari Minggu atau empat hari kedepan.

Seperti biasa, saat ada libur panjang otomatis mobilitas warga ke luar rumah meningkat. Termasuk penumpang kereta api.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto mengatakan, lonjakan jumlah pemesanan tiket KA jarak Menengah/Jauh di wilayah Daop 8 menjelang libur Long Weekend akhir Oktober 2020 terus menunjukan peningkatan yang sangat signifikan.

Suprapto menerangkan, untuk kondisi tiket KA jarak menengah/jauh saat ini di wilayah Daop 8 Surabaya berdasarkan data per Senin (26/10/2020) tercatat untuk tanggal 27 Oktober kapasitas tempat duduk 8.767 tersisa 4.643.

Sedangkan tanggal 28 Oktober kapasitas tempat duduk 8.084 tersisa 3.882. Tanggal 29 kapasitas 7.295 tersisa 4.630, tanggal 30 Oktober dari kapasitas 8.489 tersisa 6.776, tanggal 31  kapasitas 8.555 tersisa 4.343 tempat duduk dan untuk tanggal 1 November dari kapasitas 9.344 tersisa 3.343.

"Total dari tanggal 27 Oktober hingga 1 November dari kapasitas tempat duduk 50.534 tersisa 27.617 kursi," kata Suprapto.

Guna mengantisipasi lonjakan permintaan masyarakat dalam mobilisasi, PT KAI tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19, sehingga PT KAI Daop 8 Surabaya akan mengoperasikan 23 kereta jarak menengah/jauh dan 46 KA lokal.

Menurut Suprapto, diperkirakan lonjakan jumlah penumpang akan terjadi mulai tanggal 28 Oktober, dengan dominasi tujuan KA ke arah Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Banyuwangi.

"Sementara diprediksi untuk arus balik penumpang akan terjadi pada tanggal 1 November 2020," jelasnya kepada blokBojonegoro.com.

PT KAI menghimbau kepada masyarakat calon penumpang apabila akan melaksanakan test rapid di stasiun harus H-1 sebelum keberangkatan. Karena apabila calon penumpang datang 3 jam sebelum keberangkatan untuk melakukan rapid tes di stasiun, maka bisa mengganggu kelancaran perjalanan penumpang.

"Kita himbau apabila rapid tes di stasiun itu satu hari sebelum keberangkatan. Apabila 3 jam sebelum jadwal keberangkatan dikhawatirkan tertinggal kereta karena antrean rapid tes bisa jadi cukup padat," terang Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto. [mu]

Tag : kereta api, kai, libur panjang, long wekend, kereta, penumpang, tiket



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini