16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pemuda Harus Jadi Contoh Disiplin Protokol Kesehatan

blokbojonegoro.com | Thursday, 29 October 2020 21:30

Pemuda Harus Jadi Contoh Disiplin Protokol Kesehatan

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - Ikrar Sumpah Pemuda yang selalu diperingati setiap 28 Oktober harus dijadikan momentum membawa perubahan yang baik. Peringatan tahun ini menjadi peringatan yang ke-92. Ikrar yang diucapkan para pemuda di tahun 1928 harusnya menjadi pengingat untuk kembali menguatkan semangat persatuan dan kesatuan.

Tahun ini peringatannya sedikit berbeda. Karena Indonesia masih berada dalam masa genting, dan masa pandemi Covid-19. Momentum inilah yang harusnya bisa dijadikan sebagai pengingat kembali, bahwa masyarakat harus bersatu dan bangkit melawan Covid-19. Atau pun bisa turut menjaga lingkungan agar tidak terjadi bencana.

"Lawannya jelas, mereka yang positif harus kita dukung agar dapat segera sembuh," jelas Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, dalam keterangan pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (29/10/2020).

Untuk itu Satgas Penanganan Covid-19 mengajak para pemuda dan pemudi untuk hidupkan kembali ikrar Sumpah Pemuda, yaitu bertanah air, berbangsa dan berbahasa yang satu, Indonesia. Dengan mengerahkan tenaga dan mengabdikan diri dalam lingkungan.

Baik dalam upaya mitigasi bencana alam maupun menyuarakan aspirasi yang benar. Dan juga dapat ikut berpartisipasi dalam upaya pengendalian Covid-19 dengan menjalankan protokol Kesehatan yang konsisten.

Saat operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan pencegahan covid-19 masih banyak pemuda yang kedapatan melanggar protokol kesehatan seperti tidak memakai masker.

"Rata-rata begitu masih banyak pemuda yang melanggar protokol kesehatan," kata Kepala Satpol PP Bojonegoro, Nanang Arif.

Terpisah, beberapa mahasiswa yang ada di Kota Migas berpendapat, peran pemuda seharusnya adalah jembatan bagi pemerintah kepada masyarakat.

"Jadi di lain sisi mungkin ada beberapa masyarakat awam yang tidak mengetahui himbauan pemerintah, maka pemuda adalah jembatan atau sebagai penyalur himbauan tersebut ke masyarakat awam tadi,
apalagi pemuda memiliki pemikiran yang lebih luas, fleksibel dan cerdas sudah semestinya pemuda adalah contoh pertama yang patuh akan himbauan pemerintah mengenai patuh protokol kesehatan tersebut," kata Shinta Presillia, mahasiswa Unugiri Bojonegoro.

Sebagai salah satu pemuda, jelas Shinta, pemuda Bojonegoro harus memberitahu masyarakat tentang bahaya dari covid-19, selain itu juga harus di edukasi terkait cara pencegahannya salah satunya bisa dengan disiplin protokol kesehatan, dengan begitu masyarakat akan sadar pentingnya himbauan pemerintah.

PRESMA (Presiden Mahasiswa) Unigoro, Anggita Lionid Hadiyansah sangat menyayangkan kebanyakan masyarakat takut dengan razia yang dilakukan petugas ketimbang bahaya covid itu sendiri.

"Untuk masyarakat terutama pemuda mari kita sebagai kaum muda berfikir secara rasional, tetap memakai masker dan rajin cuci tangan bukan sekadar takut dengan himbauan pemerintah, namun demi diri kita dan keluarga masing masing," katanya kepada blokBojonegoro.com. [mu]

Tag : mahasiswa, kampus



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat