21:00 . Pembangunan Maju, Bojonegoro Semakin Produktif   |   20:00 . Rakor KONI, Bahas Evaluasi dan Penyusunan Program Kerja 2021   |   19:30 . Hujan Deras, Banjir Bandang Terjang Malo dan Dander   |   19:00 . Semua Umat Agama Rindu Beribadah Bersama   |   18:00 . Pemerintah Kawal Kesiapan Sarana Vaksin Covid-19   |   17:00 . Bupati Anna: Mas Safuan Wartawan Baik   |   16:00 . Begini Harapan Bupati Bojonegoro pada Pembukaan Raker KONI   |   15:00 . Satgas Covid-19 Harap Tak ada yang Menghalangi Petugas Kesehatan   |   14:00 . Buka Konfercab IPNU-IPPNU, Bupati Ingatkan Pemuda untuk Melek Media   |   13:00 . Kerumunan Berpotensi Besar Pemicu Klaster Baru Covid-19   |   12:00 . Perempuan Produktif, Muslimat Bojonegoro Latihan Wirausaha   |   11:00 . Ciri Kelelahan Akibat Covid-19   |   10:00 . Melepas Mas Safuan   |   09:00 . Begini Pesan Satgas Covid-19 saat Pembelajaran Tatap Muka   |   08:00 . Kiat Lansia Tetap Sehat di Masa Pandemi   |  
Mon, 30 November 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 29 October 2020 14:00

Sungai Mengkuris Meluap Terjang Pembangunan Jembatan dan Putus Saluran PDAM

Sungai Mengkuris Meluap Terjang Pembangunan Jembatan dan Putus Saluran PDAM

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah Bojonegoro bagian Timur, khususnya di wilayah Kecamatan Sumberrejo dan Kanor pada Rabu (28/10/2020) sore hingga kemarin petang, mengakibatkan Sungai Mengkuris yang melintasi dua Kecamatan itu meluap.

Meluapnya Sungai Mengkuris, berdampak terhadap longsornya tanah di area pembangunan jembatan poros Kecamatan Sumberrejo-Kanor, yang berada di Desa Simbatan Kecamatan Kanor.

Bahkan, longsor tersebut juga mengikis jalan poros yang menuju Kecamatan Sumberrejo-Kanor, hingga mendekati rumah warga.

Salah satu warga, Uus mengaku, longsornya tanah di area pembangunan jembatan di Desa Simbatan itu diperkirakan terjadi pada pagi tadi. Namun, terkait kronologi jelasnya ia tidak mengetahui secara pasti.

"Kalau untuk jam berapanya saya kurang begitu mengetahui, soalnya tadi masyarakat mengetahui sekitar pukul 06.00 Wib dan itupun sudah longsor," ungkapnya.

Terkait penyebab sendiri, ia menjelaskan dugaan terkuat memang disebabkan meluapnya Sungai Mengkuris dan juga hujan deras yang menyebabkan kontur tanah menjadi labil. Dengan longsor yang mendekati rumahnya tersebut, juga menjadikan dirinya was-was.

Selain menyebabkan longsor, hujan yang turun dengan intensitas cukup deras tersebut juga mengakibatkan saluran air PDAM yang menuju wilayah Kecamatan Sumberrejo maupun beberapa desa di Kecamatan Kanor terganggu. Lantaran saluran air PDAM yang menghubungan kedua kecamatan tersebut terputus.

Kepala Cabang PDAM Wilayah Sumberrejo dan Kanor, Agus Purwito mengatakan, Kecamatan Sumberrejo menjadi wilayah yang terdampak cukup parah dengan putusnya saluran air itu.  Sebab, sebagian wilayah di Sumberrejo mengambil air dari PDAM yang berada di Kecamatan Kanor.

"Kemungkinan dampak yang paling parah berada di selatan rel kereta api, yang meliputi Banjarsari, Pandanwangi, Kauman dan Kedungwaru," sambungnya kepada blokBojonegoro.com.

Terkait perbaikan saluran air PDAM itu sendiri, Agus menyampaikan membutuhkan waktu paling tidak dua hari. Sedangkan untuk menyuplai air ke beberapa Desa di wilayah Kecamatan Sumberrejo, akan melalui aliran PDAM dari Kecamatan Kota, yang melewati Kecamatan Balen.

"Kalau maksimal ya ndak bisa, karena juga harus berbagi dengan pelanggan yang berada di Balen, semoga perbaikan ini segera selesai sehingga tidak berdampak terlalu parah kepada konsumen," pungkasnya. [din/mu]

Tag : jembatan, banjir, longsor, kali, sungai


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 29 November 2020 00:00

    Selamat Jalan Mas Safuan

    Selamat Jalan Mas Safuan Innalillahi wainna ilaihi roojiuun. Reporter blokBojonegoro.com, Mochamad Safuan meninggal dunia, Sabtu (28/11/2020) petang....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat