16:00 . Anjlok, Harga Telur Ayam Capai Rp15 Ribu Per Kilogram   |   15:00 . Pemdes Sukorejo Tunggu Survei Pemkab untuk Pemekaran Desa   |   14:00 . Kalahkan Keterbatasan, Penyandang Disabilitas Antusias Ikuti Vaksinasi   |   11:00 . Ribuan Siswa di Ngasem Jadi Target Vaksinasi PDIP Bojonegoro   |   07:00 . Kena Diabetes, Waspadai Hiperglikemia   |   04:00 . Sah..! Irfan Terpilih Aklamasi Jadi Ketua PW IPNU Jatim   |   23:00 . H. Nurhadi Ridlwan Terima Buku Sejarah IPNU   |   22:00 . Sarasehan Majelis Alumni IPNU Jatim, Transformasi dari Ikatan Jadi Gerakan   |   21:00 . Munas-Konbes, PBNU Putuskan Muktamar Digelar 23-25 Desember 2021   |   20:00 . Jodohkan Pemuda Bertalenta dan Klien, Pemprov Fasilitasi Millenial Job Center   |   19:00 . Wagub Emil: IPNU dan IPPNU Saat ini Generasi Milenial   |   18:00 . Hadir di Pelantikan Pengurus Rayon PMII Raden Paku UNUGIRI, Disdik Sampaikan Ini   |   17:00 . Wihadi Wiyanto Bersama DPC Gerindra Bojonegoro Sukseskan Vaksinasi   |   16:00 . Percepat Kekebalan Komunal DPD LDII Bojonegoro Lakukan Vaksinasi MassalĀ    |   15:00 . EMCL dan Yayasan PESAT Berikan Pelatihan Timlak Patra Daya 2 Desa   |  
Sun, 26 September 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tak Ada yang Terbuang, Usaha Kelapa Sangat Menguntungkan

blokbojonegoro.com | Tuesday, 10 November 2020 11:00

Tak Ada yang Terbuang, Usaha Kelapa Sangat Menguntungkan

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Segarnya air kelapa dari yang muda sampai yang tua ternyata juga selain enak untuk dikonsumsi sehari-hari dan berkhasiat bagi tubuh ternyata bisnis kelapa juga cukup menjanjikan.

Tidak hanya yang muda, kelapa tua pun ternyata berharga dan dapat dijadikan bisnis yang menghasilkan pundi pundi rupiah.

Tidak heran jika banyak yang berpendapat bahwa bisnis kelapa merupakan bisnis yang tidak sia-sia karena tidak ada yang terbuang dan bisa dibilang semua bernilai. Karena kelapa adalah salah satu komoditi terbesar yang dimiliki indonesia.

Seperti yang dilakukan Syafi'i Warga Desa Jono Kecamatan Temayang ini. Menurutnya kelapa dapat dimanfaatkan mulai dari buah, batok/kulit keras sampai limbahnya yang berupa serabut sekalipun.

"Air kelapa biasanya dikonsumsi sebagai minuman berkhasiat penambah energi ataupun untuk detoksifikasi sedangkan daging buahnya dapat dijadikan bahan konsumsi baik dimakan langsung, menjadi santan ataupun minyak yang berkhasiat bagi kesehatan," ujarnya.

Untuk penjualannya sendiri dia memasarkan kelapa-kelapa itu di pasar Temayang, bahkan banyak penjual sayur keliling yang langsung datang ke rumahnya. Kelapa tua itu diperoleh dari Palembang dan sekali beli dari sana satu truk berisi 7.000 butir kelapa.

"Untuk kendala di pengiriman kelapa, apalagi musim hujan seperti ini, sudah 2 minggu belum dikirim karena belum bisa muat. Dan stok kelapa di rumah juga tinggal sedikit," katanya kepada awak media.

Untuk harganya sendiri tergantung ukuran besar kelapanya, untuk grade A: Lingkar 40-45 cm berat 1-1.2 Kg dijual Rp8.000/butir, grade B: lingkar 35-40 cm berat 0.8-1 Kg dihargai Rp6.000/butir dan grade C: lingkar 35 cm, berat 0,6-0,8 Kg  harga Rp5.000/butir.

"Untuk batok kelapa sendiri juga sudah ada yang memesannya dengan harga Rp15.000/karung, sedangkan untuk kelapa yang sudah tidak layak nanti di jemur juga sudah ada lagi yang membeli," tutupnya. [her/mu]

Tag : buah kelapa, usaha kelapa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 02 August 2021 08:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more