17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wabup: Jika Ada Dugaan Bantuan Diselewengkan Laporkan Saja

blokbojonegoro.com | Friday, 13 November 2020 16:00

Wabup: Jika Ada Dugaan Bantuan Diselewengkan Laporkan Saja

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com - Mediasi polemik bantuan dana puso yang berlangsung tertutup di Dinas Pertanian (Disperta) Bojonegoro, Jumat (13/11/2020) berlangsung tertutup. Mediasi  berjalan dengan baik yang dihadiri Kepala Disperta, Camat, Kepala Desa dan Kepala Poktan Serta beberapa anggota Poktan Desa Kumpulrejo Kecamatan Kapas yang dipantau langsung oleh Wakil Bupati Bojonegoro.

Usai mediasi dilakukan,  sejumlah petani yang merasa dirugikan langsung melaporkan permasalahan ini ke Polres Bojonegoro. Hal itu, dimaksudkan agar kejadian serupa tidak terulang lagi. 

"Memang saat mediasi tadi, sudah dijelaskan aturan terkait penerima bantuan dana puso dan disampaikan beberapa perihal lainnya," kata Sumini salah satu Poktan yang mewakili mediasi.

Lanjut Sumini, kasus ini tetap akan dilaporkan ke aparat hukum, agar kejadian ini tidak terjadi kembali, apalagi dalam mediasi tadi sudah gamblang semuanya dan Ketua Poktan sudah menjelaskan semuanya.

Terpisah, Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto mengatakan adanya masalah bantuan dana puso itu memang harusnya menjadi perhatian Disperta. Terlebih dana yang disalurkan tidak sesuai dengan aturan kepada penerimanya dan ada pula dugaan uang bantuan yang masuk ke rekening pribadi Ketua Poktan.

Lanjut Wabup, semestinya bantuan itu, diberikan ke petani yang mendapat musibah yang dialami karena gagal panen, akan tetapi dana itu tidak diberikan keseluruhan ke petani. "Jika memang tidak bisa dikendalikan persoalan ini, ya silahkan dibawa ke jalur hukum," ucap Wabup saat menemui sejumlah wartawan usai menghadiri mediasi. 

Masih kata Wawan sapaan akrabnya,  transparansi adanya semua bantuan memang sangat penting. Oleh karenanya, diimbau bagi warga bila mengetahui adanya bantuan yang dirasa tidak transparan dalam pengelolaannya bisa langsung melaporkan perihal tersebut.

"Tidak hanya itu, ke depan Disperta juga agar melakukan pengawasan terhadap kepada Poktan agar permasalahan ini tidak terjadi lagi," ucapnya.

Pastinya, kejadian Ini harus menjadi pelajaran bagi semua masyarakat baik secara lembaga agar melaksanakan program bantuan dari pemerintah dengan baik dan benar, karena yang dikelola atau disalurkan sesuai aturan yang ada.[saf/col]

 

 

 

 

 

Tag : Wabup, gapoktan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat