20:30 . IKAMI ATTANWIR: Terima Kasih Semuanya   |   20:00 . Hebat..! Serba Pertama dan Istimewa di Ponpes Attanwir   |   16:00 . Anjlok, Harga Telur Ayam Capai Rp15 Ribu Per Kilogram   |   15:00 . Pemdes Sukorejo Tunggu Survei Pemkab untuk Pemekaran Desa   |   14:00 . Kalahkan Keterbatasan, Penyandang Disabilitas Antusias Ikuti Vaksinasi   |   11:00 . Ribuan Siswa di Ngasem Jadi Target Vaksinasi PDIP Bojonegoro   |   07:00 . Kena Diabetes, Waspadai Hiperglikemia   |   04:00 . Sah..! Irfan Terpilih Aklamasi Jadi Ketua PW IPNU Jatim   |   23:00 . H. Nurhadi Ridlwan Terima Buku Sejarah IPNU   |   22:00 . Sarasehan Majelis Alumni IPNU Jatim, Transformasi dari Ikatan Jadi Gerakan   |   21:00 . Munas-Konbes, PBNU Putuskan Muktamar Digelar 23-25 Desember 2021   |   20:00 . Jodohkan Pemuda Bertalenta dan Klien, Pemprov Fasilitasi Millenial Job Center   |   19:00 . Wagub Emil: IPNU dan IPPNU Saat ini Generasi Milenial   |   18:00 . Hadir di Pelantikan Pengurus Rayon PMII Raden Paku UNUGIRI, Disdik Sampaikan Ini   |   17:00 . Wihadi Wiyanto Bersama DPC Gerindra Bojonegoro Sukseskan Vaksinasi   |  
Sun, 26 September 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Di Tengah Pandemi, Sandur Rumah Hadir Secara Live Streaming

blokbojonegoro.com | Sunday, 15 November 2020 15:00

Di Tengah Pandemi, Sandur Rumah Hadir Secara Live Streaming

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Sandur rumah merupakan pentas kesenian sandur yang digelar di dalam rumah. Sandur sendiri juga termasuk kesenian atau tradisi yang sudah mengakar kuat di masyarakat, khususnya Bojonegoro.

Namun dikarenakan situasi dan kondisi tertentu, sandur sempat terhenti dan terlupakan. Para seniman Bojonegoro yang memiliki kepedulian dan semangat luhur akhirnya membangkitkan kembali. 

Semestinya pentas sandur digelar di tempat terbuka, namun karena situasi pandemi Covid-19 yang melanda seluruh Negara di dunia akhirnya pertunjukan sandur tidak bisa dilakukan. Karena itulah sandur kali ini digelar di dalam rumah dengan memanfaatkan properti seadanya.

Kali ini, ceritanya pun seputar masalah rumah dengan lakon selendang kuning. Lakon selendang kuning yang disutradarai oleh Oki Dwi Cahyo bersama para tokoh yang ada dalam pertunjukan sandur ini berhasil menghipnotis para penontonnya. 

"Selendang kuning ini mengisahkan tentang kekuatan dan kedalaman rasa seorang wanita. Kisah yang terinspirasi dari legenda Jaka Tarub dan Nawang Wulan," ungkap sang sutradara, Oki Dwi Cahyo. 

Oki juga mengatakan, sandur rumah lakon ini merupakan sebuah persembahan dari seniman dengan melibatkan kelompok sandur kembang desa dan didukung oleh sanggar sayap jendela. Sekaligus kegiatan ini difasilitasi oleh Direktorat Pengembangan Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, pada program fasilitas bidang kebudayaan. 

"Sandur rumah lakon dengan melibatkan kelompok seniman sandur kembang Desa kembali hadir secara live streaming di tengah pandemi," imbuhnya

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro, Budiyanto, secara live streaming juga menyampaikan kesan sekaligus apresiasi luar biasa khususnya kepada kelompok seniman sandur di Bojonegoro. 

"Amat sangat apresiasi, atas inisiatif sandur desa sebagai kearifan lokal Bojonegoro yang sempat tidak dapat terlihat oleh masyarakat saat pandemi, kini kembali hadir secara live streaming," ungkapnya. 

Pria yang menjabat sebagai Kadin Disbudpar Bojonegoro ini juga mengapresiasi sandur rumah yang tidak kalah menarik dengan sandur yang dipentaskan di tengah lapang. 

"Dan mudah-mudahan atas inisiatif dari Mas Oki bersama rekan-rekan ke depan bisa memotivasi dan mempelopori seniman lainnya dalam mengangkat seni dan kebudayaan di Bojonegoro," ujarnya. [liz/lis]

 

Tag : Sandur, kebudayaan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 02 August 2021 08:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more