Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pandemi, Inovasi PJJ Melalui Siaran Radio

blokbojonegoro.com | Tuesday, 17 November 2020 08:00

Pandemi, Inovasi PJJ Melalui Siaran Radio

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pembelajaran melalui metode daring kini banyak dilakukan sebagai solusi pembelajaran di tengah pandemi Covid-19. Tidak hanya melalui zoom meeting, kini salah sekolah menciptakan inovasi sah satunya pembelajaran melalui siaran radio.

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) melalui radio, merupakan sebuah kolaborasi antara Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bojonegoro dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bojonegoro. Untuk memberikan fasilitas berupa materi dan review pembelajaran jarak jauh (PJJ) melalui siaran radio milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro. 

"Ketika pandemi seperti ini ada berbagai cara yang dilakukan supaya pembelajaran terus berjalan, salah satunya selain melalui zoom meeting. Akan tetapi melalui PJJ siaran radio yang telah difasilitasi oleh Pemkab Bojonegoro melalui koloborasi Dinas Informatika dan Komunikasi Bojonegoro," jelas Hesti Sumi Rahayu salah satu tim penulis soal KKG Kabupaten Bojonegoro.

PJJ yang dikelola oleh Pemkab Bojonegoro ini rencananya akan berlangsung dari bulan November di minggu kedua, hingga akhir Desember untuk jenjang Sekolah Dasar (SD). Sedangkan jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) sudah berjalan pada awal November.

"Untuk jenjang SMP sudah berjalan beberapa minggu kemarin, namun untuk jenjang SD kami baru bisa mulai minggu ini. Sebab ada beberapa hal yang harus disiapkan mulai dari administrasi, materi, hingga persiapan pemateri," imbuhnya. 

Pembelajaran luring (luar jaringan) melalui radio juga disambut baik oleh masyarakat Bojonegoro. Terlebih para guru maupun wali murid, sebab pembelajaran ini bisa dikatakan sebagai materi tambahan untuk anak didik. 

"Antusias masyarakat cukup tinggi, terlebih guru maupun wali murid yang mendampingi anak didik belajar selama pandemi Covid-19. Sebab bisa dikatakan sebagai materi tambahan selain yang diberikan oleh guru kelas/mata pelajaran," imbuhnya. 

Pihaknya juga turut menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Bojonegoro yang telah memberikan fasilitas berupa PJJ yang berkolaborasi dengan Dinas Informatika dan Komunikasi. 

Dengan harapan, pembelajaran seperti ini akan tetap terus berlanjut melalui media radio. Guna memberikan materi, review tambahan bagi para anak didik. 

"Terimakasih kepada pemkab Bojonegoro yang telah memberikan fasilitas berupa pembelajaran jarak jauh. Untuk menunjang materi tambahan bagi anak didik kami saat pandemi, kedepan pembelajaran seperti ini juga semoga bisa tetap berlanjut tidak hanya  disini," pungkasnya. [liz/lis]

 

Tag : Radio, suara



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini