10:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Dua Penghargaan dari Kemenaker RI   |   09:30 . Lontong Kikil Ala Mak Sih   |   09:00 . Eksekutif-Legislatif Sepakati APBD 2021 Diangka 6,2 T   |   08:00 . Penting untuk Kenali Gejala Covid Sejak Awal   |   07:00 . Wajib Tahu, Ini 4 Penyebab Sperma Encer dan Solusinya   |   06:00 . Momentum HGN; dari Guru untuk Bangsa   |   05:00 . Wabup Sebut Pademi Covid Tak Pengaruhi UMKM di Bojonegoro   |   21:00 . TBM Budi Utomo Tingkatkan Budaya Literasi di Kecamatan Malo   |   20:00 . Workshop dan Pelatihan untuk Perajin Resmi Dibuka Hari Ini   |   19:00 . Wisata Gerabah Rendeng Masih Bertahan di Tengah Pandemi   |   18:30 . Update Perkembangan Terkini Covid-19 di Indonesia   |   18:00 . Sempat Pindah-pindah Tempat, Geprek ini Kebanjiran Pelanggan Setiap Hari   |   17:00 . Cegah Pernikahan Dini, 44 Mahasiswa Ikuti Pembinaan Pra Nikah   |   16:00 . Wisata Edukasi Grabah Kembali Dibuka, Begini Kondisinya di Masa Pandemi   |   15:00 . AKBP Eva Guna Pandia Resmi Jabat Kapolres Bojonegoro   |  
Wed, 25 November 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 18 November 2020 21:00

Disperta Gelar Sosialisasi PPM dan Pembinaan Gapoktan

Disperta Gelar Sosialisasi PPM dan Pembinaan Gapoktan

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Dinas Pertanian (Disperta) Bojonegoro menggelar sosialisasi Program Petani Mandiri (PPM) dan pembinaan Gapoktan/Kelompok Tani, di Balai Desa Mulyoagung, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Rabu, (18/11/2020). Hal itu sebagai upaya meningkatkan kualitas kelompok tani serta sosialisasi terkait Program Petani Mandiri (PPM) di wilayah Kecamatan Bojonegoro.

Koordinator Penyuluh Dinas Pertanian Wilayah Kecamatan Bojonegoro, Diah Ayu N, mengatakan, pertemuan ini dilakukan untuk menyampaikan sosialisasi cara penebusan pupuk bersubsidi tahun 2020 dan Kartu Petani Mandiri (KPM) bagi para petani.

Program Petani Mandiri (PPM) merupakan salah satu wujud pemberian manfaat bagi petani, dan merupakan program nyata dari 17 program milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro. Program berupa hibah atau modal yang berwujud barang kepada petani untuk memberikan kesejahteraan dan kemandirian.

"Sosialisasi ini digelar dalam upaya meningkatan pembinaan terhadap gapoktan di Kecamatan Bojonegoro, sekaligus memberikan sosialisasi terkait PPM yang wujud nyatanya berupa kartu petani mandiri," tutur Diah Ayu N.

Pihaknya juga menjelaskan, dari 24 Gapoktan di Kecamatan Bojonegoro untuk periode tahun 2020 ini telah mencairkan hibah untuk 4 kelompok tani. Serta usulan di tahun 2021 sudah masuk 2 kelompok tani, yakni Sumber Makmur 1 Desa Campurejo dan Karya Makmur 1 Kelurahan Jetak.

Dengan harapan 5 tahun ke depan program pengusulan kartu petani mandiri bagi Gapoktan Kecamatan Kota ini sudah tuntas.

"24 gapoktan di Kecamatan Bojonegoro ini, yang sudah mencairkan di tahun 2020 ada 4 gapoktan. Untuk sisanya di tahun 2021 mendatang," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Bojonegoro, Helmy Elisabeth juga menyampaikan, secara teknis prinsip program petani mandiri program Pemkab Bojonegoro yang telah direalisasikan 2019 ini memang dituntaskan secara bertahap hingga lima tahun ke depan.

"Secara teknis prinsip program PPM ini akan dituntaskan hingga lima tahun kedepan, nantinya secara bertahap," tutur Kadin Disperta Bojonegoro.

Adapun manfaat bagi pemegang KPM antara lain, berupa bantuan modal saprodi, prioritas pelatihan dan pengembangan usaha tani. Jaminan pembelian hasil pertanian yang bekerjasama dengan BUMDes dan BUMD, hingga asuransi usaha tani padi serta beasiswa anak petani bagi keluarga pemegang KPM. [liz/lis]

Tag : Gapoktan, petani, bantuan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat