21:00 . Sejarah Perguruan Silat PSHT di Bojonegoro   |   20:00 . Kesiapsiagaan Bencana Penting Guna Cegah Penularan Covid-19 di Pengungsian   |   19:00 . Sejauh ini, Semua Laporan KIPI Bersifat Ringan   |   18:30 . Agar Banjir Tidak Melebar ke Jalan Raya, Petugas Membuat Saluran   |   18:00 . Pemkab Minta Puskesmas Mendata Penyitas Covid-19 untuk Donor Plasma Konvalesen   |   17:30 . Bupati Anna Meninjau Jembatan Putus Pasca Banjir   |   17:00 . Jalan Nasional di Bojonegoro Tergenang Banjir   |   16:30 . Jembatan Ambrol Diterjang Banjir Bandang   |   16:00 . Tunggu Banjir Surut, Warga Kalianyar Cari Ikan   |   15:00 . Banjir Kiriman Kembali Genangi Pemukiman di TPK Bojonegoro   |   14:00 . Empat Kecamatan Banjir, Rumah Hingga Ternak Warga Hanyut   |   13:00 . Banjir di Kalianyar Merendam 614 Rumah dan 44,337 Hektar Sawah   |   12:30 . Akibat Air Kiriman, Jalan Nasional Bojonegoro-Babat Terendam Sampai 30 Cm   |   12:00 . Reaksi Pascavaksinasi Kebanyakan Hanya Pegal, Lapar, dan Ngantuk   |   11:30 . Intensitas Hujan Tinggi, Banjir Genangi Rumah Warga   |  
Thu, 21 January 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Buku Cetak Vs E-Book, Mana yang Paling Baik untuk Anak?

blokbojonegoro.com | Monday, 23 November 2020 07:00

Buku Cetak Vs E-Book, Mana yang Paling Baik untuk Anak?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Perkembangan digital membuat semakin banyak buku yang yang dibuat dalam versi digital atau biasa disebut e-book. Selain gampang dibawa, buku digital ini juga membuat kita bisa menghemat tempat penyimpanan.

Hal ini terkadang membuat orangtua bingung dalam memilihkan bacaan untuk anaknya, apakah bertahan pada buku cetak atau e-book yang lebih modern.

Menurut Scholastic, penerbit buku asal Amerika, sebanyak 68 persen orangtua lebih senang anak-anaknya yang berusia 6-8 tahun membaca buku cetak daripada e-book.

Buku cetak memang alat membaca yang bagus untuk anak-anak. Tapi di sisi lain e-book juga memiliki kelebihan.

Berikut beberapa manfaat membaca buku versi cetak:

1. Memberi pengalaman

Buku cetak memberi anak pengalaman membaca sesungguhnya lewat sentuhan yang dilakukan ketika membalik halaman.

Anak juga bisa berbagi pengalaman dengan teman-temannya saat membaca buku bersama. Kedua pengalaman ini tidak didapatkan dari membaca e-book.

2. Mendongeng

Para ahli setuju membacakan dongeng sebelum anak tidur dapat menumbuhkan minat membaca mereka.

Ketika orangtua membacakan dongeng di buku, itu bisa meningkatkan nilai buku bagi anak-anak. Selain itu, mendongeng dapat semakin merekatkan hubungan orangtua dengan anak.

3. Meningkatkan konsentrasi dan fokus

Buku cetak dapat membantu anak kecil untuk lebih berkonsentrasi membaca. Sebab anak akan memerhatikan halaman yang berisi kata-kata dan gambar. dengan seksama.

Beda halnya saat membaca e-book. Pilihan anak mungkin saja teralihkan saat ada notifikasi atau iklan di gadget.

Kendati demikian, bukan berarti membaca e-book adalah hal yang buruk. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan.

1. Lebih interaktif

Menurut temuan studi yang dilakukan Scholastic, layar sentuh dan add-on dari e-book dapat membantu anak dalam membaca secara komprehensif.

Anak dapat memperbesar kata-kata asing atau rumit yang mereka temukan saat membaca e-book di gadget.

Mereka juga bisa langsung mengeklik tautan untuk menemukan sumber bacaan lain. Atau mencari tahu tentang kata asing tersebut.

Beberapa e-book juga menyediakan aimasi dan audio yang membantu anak lebih mudah memahami kata-kata.

2. Lebih bermanfaat

Seperti yang dikatakan sebelumnya, anak dapat menyoroti dan langsung mencari tahu arti kata asing dengan lebih cepat saat membaca e-book.

Melalui fungsi teknologi yang tinggi, lewat e-book anak dapat mendefinisikan kata-kata asing hanya dengan menekan layar.

Saat kosakata anak meningkat, hal itu mendorong mereka untuk belajar dan membaca lebih banyak materi.

3. Berikan gaya belajar unik

Membaca e-book dari gadget memungkinkan anak membaca hal yang disukai dan sesuai dengan keterampilan membacanya.

Mereka juga tidak perlu merasa malu untuk mengungkapkannya kepada teman. Hal ini membantu mereka agar tidak terlalu malu saat menemukan bahan tertentu yang sulit untuk dibaca.

Cara ini membuat anak dapat menemukan kecepatannya sendiri dalam meningkatkan keterampilan komprehensif. Akhirnya, ini juga akan membantu anak membaca secara mandiri.

Pilihan

Buku cetak atau e-book keduanya dapat bermanfaat bagi anak. Tetapi apabila anak belum suka membaca, mulailah dengan memberikan buku cetak.

Dari segi manfaat, baik buku cetakan maupun e-book, memberikan dampak positif. Tapi, di sisi lain para ahli mengatakan, cara terbaik untuk membentuk kebiasaan membaca dan memahami kata dimulai dari buku cetak sebelum melanjutkan ke e-book.

Mau buku cetak atau e-book atau cetak, hal paling penting bagi orangtua adalah menumbuhkan minat baca. Mulailah dengan membacakan cerita dongeng.

Selain itu, jangan lupakan interaksi. Orangtua harus terus mengajukan pertanyaan kepada anak seputar hal-hal yang mereka dengar atau gambar-gambar yang di lihat.

*Sumber: kompas.com

Tag : pendidikan, kesehatan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat