20:00 . Wacana Pasar Kota Dipindah, Pedagang Resah Bentangkan Spanduk   |   19:00 . Diterpa Pandemi, Ini Cara Bisnis Hotel dan Restoran Tetap Bertahan   |   18:00 . dr. Reisa: Bersama Kurangi Beban Garda Terdepan Penanganan Covid-19   |   17:00 . Prakiraan Cuaca, 3 Hari ke Depan Bojonegoro Diguyur Hujan Sedang   |   16:00 . Sebarkan Berita Benar, Laporkan dan Lawan Hoaks, Begini Caranya   |   15:00 . Meski Grafik Menurun, Jumlah Santunan Korban Luka-luka Jasa Raharja Masih Tinggi   |   14:00 . 100 CPNS Guru SMA-SMK se Bojonegoro dan Tuban Terima SK   |   13:00 . Jembatan Kalibedah di Jalur Padangan-Ngawi Longsor   |   12:00 . Pembatasan Kegiatan Masyarakat Diperpanjang Hingga 8 Februari   |   11:00 . Peduli Covid-19, Biznet Serahkan Ribuan Masker ke RSUD Bojonegoro   |   10:00 . Bulog Bojonegoro Pastikan Stok Beras Aman Sampai 6 Bulan Kedepan   |   09:00 . Pasien Sembuh di Indonesia Meningkat, Menjadi 798.810 Orang   |   08:00 . Harga Sayuran Mulai Merangkak Naik di Pasaran   |   07:00 . Lebih Sehat dengan Bangun Pagi, Begini Cara Menjadi Morning Person   |   06:00 . Ini Kriteria Pendonor Plasma Konvalesen   |  
Mon, 25 January 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Cegah Pernikahan Dini, 44 Mahasiswa Ikuti Pembinaan Pra Nikah

blokbojonegoro.com | Tuesday, 24 November 2020 17:00

Cegah Pernikahan Dini, 44 Mahasiswa Ikuti Pembinaan Pra Nikah

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Kasus pernikahan dini di kalangan pelajar atau usia remaja memang perlu perhatian khusus, Oleh karenanya, untuk menekan kasus tersebut, Kementerian Agama (Kemenag) Bojonegoro, memprogramkan Pembinaan Pra Nikah atau Bimbingan Perkawinan (Binwin) bagi kalangan mahasiswa yang, kali ini, Selasa (24/11/2020) digelar di STIT Muhammadiyah.

"Sebanyak 44 mahasiswa ikut dalam pembinaan pra nikah ini," kata Kasi Binmas, Kemenag Bojonegoro, M Abdulloh Hafidz.

Menurut Hafidz mengungkapkan bimbingan pra nikah Ini, salah satu upaya untuk mencegah atau menekan kasus pernikahan dini di Kabupaten Bojonegoro ini. Pasalnya, pernikahan dini menjadi perhatian semua pihak, termasuk pihak Kemenag Bojonegoro,  makanya, untuk mencegahnya, ada salah satu program yang dilaksanakan oleh Kemenag Bojonegoro yakni pembinaan pra nikah bagi kalangan mahasiswa atau usia sekolah.

Lanjut Hafidz dalam pembinaan itu, Kemenag Bojonegoro, memberikan sosialisasi mengenai aturan pernikahan sesuai dengan aturan terkait usia pernikahan pada usia 19 tahun dan kalaupun usia calon pengantin (Catin) di bawah usia itu, maka pasangan harus bisa mendapatkan dispensasi kawin (diska) atau rekomendasi dari Pengadilan Agama (PA).

Materi yang disampaikan saat pelaksanaan Binwin atau pembinaan pra nikah tersebut sama seperti materi yang disampaikan pada binwin para Catin selama ini diantaranya meliputi aspek mempersiapkan keluarga yang sakinah, membangun hubungan dalam keluarga, memenuhi kebutuhan keluarga, menjaga kesehatan reproduksi,  dan mempersiapkan generasi yang berkualitas.

"Pastinya Nara sumber yang menyampaikan materi tersebut berkompeten," ucapnya.

Pelaksanaan pembinaan pra nikah bagi mahasiswa tersebut sangat penting, selain untuk mencegah pernikahan dini juga sebagai  bekal para mahasiswa bila akan mengarungi rumah tangga mendatang terlebih lagi, untuk menghindari adanya perselisihan dalam menjalani kehidupan baru nantinya.

"Ini merupakan atensi serius Kemenag Bojonegoro, terhadap kasus pernikahan dini sekaligus memberikan pemahaman kepada para mahasiswa bila nantinya akan  mengarungi bahtera rumah tangga," ujarnya.

Masih dalam Pandemi Covid-19, kegiatan pembinaan pra nikah ini tetap mematuhi  protokol kesehatan (Prokes) secara ketat,  seperti setiap mahasiswa yang ikut dalam pembinaan pra nikah ini, harus memakai masker dan menjaga jarak saat mengikuti materi Binwin yang disampaikan.

"Tidak hanya itu, pengecekan suhu tubuh dan mencuci tangan dengan sabun juga dilakukan sebelum memasuki ruangan untuk mengikuti materi pembinaan pra nikah tersebut," pungkasnya. [saf/ito]

Tag : bimbingan, kawin, kemenag, bojonegoro, mahasiswa


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat