21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Puji Astuti, Guru SMPN 5 Bojonegoro

Ciptakan Smartphone Shower Plant SMP-5 untuk Siram Tanaman Via HP

blokbojonegoro.com | Tuesday, 24 November 2020 11:00

Ciptakan Smartphone Shower Plant SMP-5 untuk Siram Tanaman Via HP

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Harus diakui Pandemi Covid-19 memang cukup berdampak di berbagai sektor, baik ekonomi hingga pendidikan juga terkena dampaknya.

Dengan kondisi ini, semua sekolah di berbagai jenjang harus mengambil kebijakan yakni melakukan pembelajaran melalui daring, hal itu guna mencegah penyebaran Covid-19 agar tidak semakin luas.

Dengan Pembelajaran daring itu, bisa dikatakan selama pandemi pastinya keasrian lingkungan sekolah tetap harus dijaga, seperti halnya merawat dan menyirami tanaman yang ada di sekolah.

Padahal selama ini, untuk menyirami tanaman di sekolah yang biasa setiap siswa diberikan tanggung jawab, namun saat pandemi siswa harus belajar dari rumah.

Oleh karenanya agar tanaman yang ada di lingkungan sekolah tetap tumbuh dan berkembang, Puji Astuti salah satu guru SMPN 5 Bojonegoro menciptakan Smartphone Shower Plant SMP-5, yakni alat penyiram tanaman melalui aplikasi Smartphone (Android).

Dengan idenya tersebut, penyiraman tanaman di sekolah tak lagi mengandalkan penyiraman secara manual yang dilakukan siawa, namun tinggal mengaktifkan aplikasi melalui smartphone yang bisa langsung otomatis bisa menyirami tanaman yang ada di lingkungan sekolah.

"Untuk ide awal Smartphone Shower Plant SMP-5 berawal saat saya melihat taman di salah satu tempat wisata di Bojonegoro, yang penyiramannya dilakukan dengan memutar kran air terlebih dulu," ungkap Puji Astuti kepada blokBojonegoro.com.

Sehingga ia memiliki ide membuat aplikasi Smartphone Shower Plant SMP-5. Ide ini muncul sekitar bulan Maret 2020 lalu, saat awal Covid-19 mulai merebak, saat itu semua siswa dan guru harus bekerja dari rumah, sehingga dengan demikian kondisi lingkungan sekolah terutama tanaman khususnya lantai atas SMPN 5 banyak yang mengering dan hampir mati kekurangan air.

"Kalau sebelum pandemi Covid-19, setiap siswa diberlakukan sistem piket dan diwajibkan dan bertanggung jawab untuk menyiram beberapa tanaman," ujarnya.

Puji Astuti yang juga guru Mapel IPA di SMPN 5 Bojonegoro ini mengaku, saat awal mencoba aplikasi Smartphone Shower Plant SMP-5 itu, memang dirinya agak kesulitan, pasalnya banyak alat yang harus ditambahkan mulai dari pipa air hingga komponen elektronika aplikasi. Namun dengan kerja kerasnya itu akhirnya aplikasi Smartphone Shower Plant SMP-5 bisa digunakan.

"Aplikasi Smartphone Shower Plant SMP-5 ini bisa digunakan meski kita berada di ruang guru atau di lingkungan sekolah dan tidak usah memutar kran air lagi," terang wanita asal Kecamatan Kanor ini.

Meski begitu Smartphone Shower Plant SMP-5 masih harus terus dikembangkan, pasalnya aplikasi tersebut baru bisa diaktifkan bila berada di lingkungan sekolah. Hal ini karena sistem harus terus terkoneksi dengan jaringan internet sekolah.

Puji Astuti menjelaskan, rata-rata setiap jalur pipa yang disiapkan dalam aplikasi Smartphone Shower Plant SMP-5 bisa menyiram puluhan tanaman yang ada di lingkungan sekolah, khususnya tanaman hias maupun toga yang berada di lantai atas.

"Saat ini baru ada 5 komponen elektronika yang sudah terkoneksi dan sudah bisa diakses melalui smartphone," terang guru yang biasa disapa Bu Puji ini.

Aplikasi Smartphone Shower Plant SMP-5 ini beberapa waktu lalu juga telah meraih prestasi Best Vidio di salah satu ajang lomba KIR yang diselenggarakan oleh salah satu Universitas Negeri di Kabupaten Malang.

"Mudah-mudahan  Smartphone Shower Plant SMP-5 ini bisa bermanfaat bagi semua terkhusus untuk menjaga keasrian lingkungan SMPN 5 Bojonegoro," pungkasnya. [saf/mu]

Tag : covid 19, smpn 5, ingat pesan ibu, pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan, masker, cuci tangan pakai sabun, satgas covid 19, covid 19



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat