21:00 . Gubernur Jatim Siap Hadir pada Pelantikan Pengurus AMSI   |   20:00 . Kerugian Ditaksir Capai Rp10 M, Pedagang Pasar Kepohbaru Direlokasi   |   19:00 . Diskusi Reboan Bahas Kesejahteraan Masyarakat dan Pelestarian Hutan   |   18:00 . Penyelenggara Vaksinasi Diminta Pastikan Tenaga Kesehatan Sudah Divaksin   |   17:00 . Tokoh Lintas Agama Divaksin Covid 19 di Masjid Istiqlal   |   16:00 . Ujian Ditiadakan, Berikut Persyaratan Kelulusannya   |   15:00 . Siasati Harga Cabai Rawit yang Sedang Naik, Konsumen Beralih ke Cabai Kering   |   14:00 . Korban Saldo BRI Hilang Bertambah, Warga Balen Kehilangan 5 Juta Rupiah   |   13:00 . Upaya Kesejahteraan Masyarakat dan Pelestarian Hutan, IDFoS Gelar Diskusi Reboan   |   12:00 . Vaksinasi Tahap 2, Bojonegoro Terima 1.994 Vial Vaksin   |   11:00 . Upaya Skrining untuk Memastikan Pelaku Perjalanan Internasional dalam Keadaan Sehat   |   10:00 . Dampak Positif PPKM Jawa - Bali Dialami Sebagian Besar Wilayah   |   09:00 . Kesembuhan Covid-19 Bertambah Mencapai 1.104.990 Orang   |   08:00 . 4 Fungsi Posko Jaga Desa saat PPKM Mikro   |   07:00 . 12 Perilaku Sederhana untuk Tingkatkan Kesuburan Perempuan Usia 30 Tahunan   |  
Thu, 25 February 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hujan Disertai Angin Kencang, Tiga Pohon Tumbang ke Jalan

blokbojonegoro.com | Thursday, 03 December 2020 16:00

Hujan Disertai Angin Kencang, Tiga Pohon Tumbang ke Jalan

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Hujan yang turun dengan intesitas yang tidak terlalu deras disertai angin kencang melanda kawasan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Akibat hujan bercampur angin ini, tiga pohon yang berada di tiga titik berbeda tumbang dan menyebabkan arus lalu lintas sempat terganggu, Kamis (3/12/2020).

Masing-masing tiga pohon tumbang tersebut berada di Kecamatan Baureno, tepatnya Jalan Raya Surabaya tepatnya di depan pasar baru Baureno Kecamatan Baureno. Kemudian di Kecamatan Kapas, tepatnya berada di Jalan Raya Surabaya, Desa Kapas Kecamatan Kapas. Serta di Kecamatan Dander tepatnya di Jalan Raya Dander di Desa Ngraseh.

Untuk pohon tumbang yang berada di Kapas, sempat menimpa salah satu pengendara motor, namun tidak mengalami luka, lantaran pohon yang tumbang tersebut bisa dikatakan bukan jenis dari pepohonan besar. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro langsung mendatangi lokasi tersebut dan memotong batang kayu yang tumbang.

“Untuk pohon yang berada di Kapas sebenarnya bukan dari jenis pepohonan yang besar, melainkan bunga untuk penghias jalan tetapi ukuranya sudah besar dan kami sudah melakukan penanganan, dengan melakukan pemotongan dan pembersihan pohon yang tumbang,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nadief Ulfia.

Akibatnya, arus lalu lintas sempat tersendat sekitar 20 menit dan menyebabkan kemacetan sekitar 2 kilometer, lantaran diberlakukannya sistem buka tutup. Namun, saat ini sudah kembali normal lagi.

Dia menjelaskan, kejadian itu memang dipicu hujan disertai angin kencang yang terjadi pada sekitar pukul 13.38 WIB. Tiga pohon tersebut, tidak kuat menahan terpaan angin sehingga roboh.

"Kita langsung bergerak cepat dengan unsur lainya yang terlibat, seperti Dinas Pemadam Kebakaran, Polri, TNI, Satpol PP dan masyarakat setempat," sambung Nadief Ulfia.

Ia pun menghimbau kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Bojonegoro agar waspada jika terdapat hujan disertai angin. Mengingat potensi bencana di Kabupaten Bojonegoro saat hujan disertai angin adalah pohon tumbang dan banjir bandang. Sehingga saat hujan disertai angin agar menghindari pohon.

Sebelumnya banjir bandang melanda 15 Desa di 7 Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro yang meliputi Desa Kunci, Desa Sumberarum, Desa Ngumpakdalem dan Desa Ngraseh untuk Kecamatan Dander. Kemudian untuk Kecamatan Malo, meliputi Desa Kacangan, Desa Tambakromo dan Desa Petak.

Selain itu, banjir juga melanda Desa Sumberbendo Kecamatan Bubulan, Desa Sukorejo dan Desa Pacul di Kecamatan Kota Bojonegoro, Desa Baureno dan Desa Blongsong yang berada di Kecamatan Baureno. Banjir juga merendam Desa Sembung, Desa Bangilan dan Desa Bendo, serta Desa Sukosewu Kecamatan Sukosewu.

"Jangan berkendara jika terjadi angin kencang, karena rawan terjadi pohon tumbang dan hindari tempat terbuka jika terjadi petir," tutupnya. [din/mu]

Tag : hujan, angin kencang, pohon tumbang, pohon


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat