13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

IKM Malo Sulap Limbah Sampah Jadi Kerajinan Tangan

blokbojonegoro.com | Sunday, 20 December 2020 13:00

IKM Malo Sulap Limbah Sampah Jadi Kerajinan Tangan

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Berawal dari keinginan mengolah sampah kering yang tidak terpakai, Yadi pria asal Desa Sudah, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro, kini memiliki usaha kerajinan tangan. Selain itu, dia juga menciptakan lapangan kerja bagi warga sekitar sekaligus menciptakan lingkungan yang asri.

Yadi juga berujar, telah merintis usahanya sejak tahun 2018 setelah melalui proses panjang dari memperkenalkan ke desa hingga instansi terkait.

Seiring berjalannya waktu, pria asal Malo ini bergabung dengan komunitas Industri Kecil Menengah (IKM) binaan Dinas Koperasi Bojonegoro.

"Saya lihat sampah kertas banyak terbuang sia-sia, berawal dari situlah inovasi muncul untuk mengembangkan kerajinan daur ulang dari bahan kertas. Berjalan 2 tahun bisa bergabung dengan binaan Dinas Koperasi Bojonegoro," ungkap Yadi.

Bapak satu anak ini juga menuturkan, kerajinan  tangan dari bahan kertas yang di produksinya selain vas bunga, ada juga wadah tissue, nampan hingga wadah cemilan yang dikemas dengan apik dan unik.

Selain dipasarkan secara offline melalui sejumlah bazar dan pameran di galeri dinas koperasi Bojonegoro maupun event lainnya, produk kerajinan milik Yadi juga dipasarkan lewat marketplace.

"Produk daur ulang yang saya hasilkan variasi, dari vas bunga, nampan hingga tempat tissue. Pemasaran selain melalui galeri dinas koperasi Bojonegoro juga lewat marketplace," jelas Pria yang pernah dinobatkan juara 2 UMKM berprestasi se-kabupaten Bojonegoro.

Masih lanjut, saat pandemi seperti ini tentu omzet penjualan yadi juga tidak begitu signifikan. Sebagai seorang pelaku IKM tentunya memiliki inisiatif lain untuk terus mengembangkan usahanya.

Salah satunya, dengan gencar membangun jejaring dengan lembaga pendidikan, guna menularkan ilmu yang ia miliki sekaligus melebarkan sayap usaha.

"Selain produksi dan penjualan, saat ini juga sedang gencar membangun jejaring dengan lembaga pendidikan untuk memberikan pelatihan," ucap Bapak satu anak.

Ia juga berharap, nantinya usaha yang telah ia rintis dan berkembang selama dua tahun ini tak hanya bermanfaat sebagai sumber perekonomian kehidupannya. Namun juga bermanfaat bagi sekeliling untuk menciptakan lapangan kerja, menciptakan lingkungan yang asri sekaligus menorehkan ilmu yang ia miliki. [liz/lis]


Tag : Ikm, Malo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat