11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |   14:00 . Jalur Bojonegoro-Babat Padat Merayap, Kasat Lantas : Mudik Lokal   |  
Tue, 16 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bojonegoro Bebas Desa Tertinggal Tahun 2020, Gubernur Berikan Penghargaan

blokbojonegoro.com | Tuesday, 29 December 2020 10:00

Bojonegoro Bebas Desa Tertinggal Tahun 2020, Gubernur Berikan Penghargaan

Reporter:  Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menerima penghargaan atas keberhasilan dalam pengentasan Desa  tertinggal berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2020 dari Gubernur Jawa Timur.

Penyerahan penghargaan di serahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di terima langgsung oleh Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah, Senin (28/12/2020) di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Agenda tersebut bersamaan dengan penyerahan bantuan kepada lembaga keuangan Desa Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Transmigrasi (PDTT) RI. Dan dilakukan secara simbolis oleh Menteri Desa PDTT RI Abdul Halim Iskandar, turut hadir pula 17 Bupati penerima penghargaan se-Jawa Timur serta perwakilan penerima bantuan BUMDesa.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyampaikan dengan semangat dan lebih prima terlebih dalam komitmen yang lebih kuat bahwa seluruh program dapat bersinergitas dan kolaborasi dengan sangat baik.

Bahwa Program-program yang sangat strategis dari para bupati kemudian memberikan arahan pendampingan dan penguatan. Maka seiring dengan peningkatan kualitas manajerial skill bagi pelaku lembaga keuangan desa, tentu akan menjadi bagian dari penguatan.

"Terimkasih atas kerjasama dan komitmen, bahwa program-program dari para Bupati ini dapat bersinergitas dalam memajukan Desa tertinggal. Dengan harapan kedepan bisa memberikan kesejahteraan yang substantif," tutur Gubernur Jawa Timur.

Sementara itu Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah, juga turut menyampaikan bahwa  pengentasan terhadap Desa tertinggal tidak akan lepas dari kerjasama semua unsur elemen masyarakat Bojonegoro.

"Terima kasih atas sinergitasnya selama ini, sehingga program dari Pemkab dalam pengentasan Desa yang masih tertinggal dapat  berjalan dengan baik," tutup Bupati Anna.

Terpisah, Kepala DPMD Jatim Mohammad Yasin mengatakan, pada 2019 lalu, sebanyak 344 desa di Jatim berstatus desa tertinggal. "Pada 2020 tersisa tiga desa di Kabupaten Sidoarjo dan Probolinggo berstatus desa tertinggal," ujar Yasin.

Berdasarkan data 2019, jumlah desa tertinggal di Bojonegoro menurut Indeks Desa Membangun (IDM), Status Desa di Kabupaten Bojonegoro terdapat desa Mandiri 3 desa, Maju 74 desa, Berkembang 323 dan Tertinggal 19 desa. Selain itu jumlah Desa Mandiri mengalami peningkatan signifikan dari 3 Desa Mandiri di Tahun 2019 menjadi 38 Desa Mandiri di Tahun 2020.

Adapun Desa Tertinggal Tersebut diantaranya:
1. Tinampuk Purwosari
2. Pelem Purwosari
3. Donan Purwosari
4. Kaliombo Purwosari
5. Gapluk Purwosari
6. Pragelan Gondang
7. Jari Gondang
8. Kalisumber Tambakrejo
9. Manukan Gayam
10. Sumberbendo Bubulan
11. Pancur Temayang
12. Babad Kedungadem
13. Mojorejo Kedungadem
14. Ngrandu Kedungadem
15. Krangkong Kepohbaru
16. Betet Kepohbaru
17. Sugihwaras Kepohbaru
18. Karangan Kepohbaru
19. Sumbergede Kepohbaru

Tag : bojonegoro, angka, kemiskinan, tertinggal, penghargaan, gubernur, pmd



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat