16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Gelar Virtual Bamboo Festival, Wisata Beged Diharapkan Lebih Dikenal Luas

blokbojonegoro.com | Thursday, 31 December 2020 21:30

Gelar Virtual Bamboo Festival, Wisata Beged Diharapkan Lebih Dikenal Luas

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Virtual Bamboo Festival, begitulah semarak penampilan akhir tahun yang diadakan di Desa Beged Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro. Acara ini digelar secara virtual, yakni penampilan telah direkam pada tanggal 28 sampai 30 Desember 2020, di kawasan wisata Pring Beged dengan tetap menaati protokol kesehatan sesuai dengan aturan pemerintah.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro, Budiyanto mengapresiasi terhadap terobosan yang dilakukan warga Beged untuk memunculkan potensi desa bidang pariwisata.

"Saya sangat mengapresiasi kepada para pemuda yang telah melakukan terobosan yang kreatif dalam mengembangkan serta mempromosikan wisata dan kesenian di Kabupaten Bojonegoro melalui media virtual," ujarnya.

Karena masih dalam situasi pandemi, pihaknya menambahkan agar masyarakat tidak lupa harus tetap mengikuti protokol kesehatan, rajin mencuci tangan, serta menghindari kerumunan.

Acara diputar secara virtual pada Kamis, 31 Desember 2020 pukul 16.00 WIB, menampilkan beberapa karya seni khas Bojonegoro dan Desa Beged. Kegiatan ini berasal dari inisiatif Komunitas Pring Beged (pemuda Desa Beged), dengan tujuan untuk mempromosikan identitas Desa Beged sebagai salah satu desa wisata penghasil kerajinan bambu di Indonesia.

Perlu diketahui bahwa Desa Beged memiliki sumber daya bambu yang sangat melimpah, sehingga hal ini membuat masyarakat setempat menjadikannya sebagai sumber utama mata pencaharian. Produk yang dihasilkan juga cukup beragam, namun pemuda desa setempat merasa masih belum cukup untuk dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Desa Beged.

Oleh karena itu Komunitas Pring Beged menggandeng Sanggar Sayap Jendela, Pemkab Bojonegoro dan Exxon Mobil Cepu Ltd., untuk mengadakan pentas seni yang bertakjub 'Virtual Bamboo Festival', sebagai bentuk pengenalan kepada dunia luar agar desa mereka lebih dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara sebagai salah satu tempat wisata andalan yang dapat dikunjungi.

Ke depannya Komunitas Pring Beged akan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan wisata lokal lainnya seperti edukasi proses kerajinan bambu, wisata hutan bambu, pasar bambu, kuliner tradisional khas desa, taman bermain khas bambu, dan festival budaya lokal 'Nyandranan' atau sering dikenal dengan sedekah bumi.

External Affair Exxon Mobil Cepu Limited, Ichwan Arifin mengatakan, EMCL selalu berkomitmen pada pengembangan masyarakat dalam tiga pilar yakni pendidikan, kesehatan, dan pengembangan ekonomi. "Oleh karena itu kami selalu mendukung kegiatan masyarakat yang berkaitan dengan tiga hal tersebut seperti Virtual Bamboo Festival di Desa Beged," jelasnya.

Selain itu, Kepala Desa Beged Erdian Trihandoyo, sangat bangga dan mengapresiasi inisiatif Komunitas Pring Beged dalam rangka mengembangkan kesenian dan wisata khas Desa Beged. "Harapannya kedepan komunitas dapat terus bekerjasama dengan pemerintah desa serta seluruh lapisan masyarakat untuk terus mengembangkan potensi wisata di Desa Beged," harapnya. [zid/ito]

Tag : Virtual, festival, bambu, beged



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat