21:00 . Razia Kamar Kos, Dua Pasangan Diamankan, Satu Diantaranya Masih Pelajar   |   20:00 . Dinsos Tiadakan Pemberian Santunan Korban Covid-19 Meninggal Dunia   |   19:00 . Personil Binamulia Bantu Masyarakat Terdampak Bencana Banjir   |   18:00 . Asiknya Mancing di Embung Ngraden Kecamatan Padangan   |   17:00 . NU Sebut Vaksin Ikhtiar untuk Sehat   |   16:00 . Uang Nasabah BRI yang Sempat Hilang Telah Dikembalikan   |   15:00 . Warga Deling Ditemukan Meninggal Gantung Diri di Teras Rumah   |   14:00 . Farida Hidayati Serahkan Hibah 20 Mesin Jahit dan 2 Laptop Pada Pelatihan DPD LDII   |   13:00 . Desa dan Masyarakat Menjadi Garda Terdepan dalam Pencegahan Terorisme   |   12:00 . Jalan Menuju Dusun Bangkle yang Belum Teraliri Listrik Memprihatinkan   |   11:00 . Peningkatan Zona Kuning Harus Memotivasi Daerah Masuk Zona Hijau   |   10:00 . Integrasi Data Pusat - Daerah Akan Meningkatkan Kualitas Keakuratan   |   09:00 . Kedatangan 10 Juta Dosis Vaksin Untuk Mencukupi Kebutuhan Vaksinasi Tahap 2   |   08:00 . Warga Napis Manfaatkan Lahan untuk Budidaya Terong   |   07:00 . Selain Bau Mulut, Waspada 3 Masalah Kesehatan Ini Jika Malas Menyikat Gigi   |  
Fri, 05 March 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Fish Academy, Didik Mukrianto Perkuat Pemberdayaan Ekonomi

blokbojonegoro.com | Friday, 01 January 2021 11:00

Fish Academy, Didik Mukrianto Perkuat Pemberdayaan Ekonomi

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Potensi Kabupaten Bojonegoro disektor perikanan menjadi perhatian Didik Mukrianto. Anggota DPR RI dari partai Demokrat ini segera meresmikan Fish Academy di Desa Mojodeso Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro, untuk memperkuat sektor pemberdayaan ekonomi di daerah penghasil minyak.

Disampaikan Didik Mukrianto, sebelum diparlemen ia sudah menggeluti usaha eksportir hasil laut sebagai pengusaha ikan. Selama menjadi DPR RI tentu harus memastikan konstituen yang ia wakili ini juga merasakan kehadirannya. Di sini kemanfaatan Didik, satu sisi bahwa karena tugas dan tanggung jawab di DPR RI yang cukup padat, kemudian tidak bisa memberikan keluasan waktu untuk bisa sharing setiap saat dengan masyarakat.

"Untuk itu dengan konsep pemberdayaan yang saya bangun melalui Fish Academy ini, mudah-mudahan menjadi bagian dari media untuk bersilaturahmi dengan masyarakat," ungkapnya.

Dijelaskan, Fish Academy ini sebetulnya adalah bagaimana membudidayakan lele dan ia ikhtiarkan untuk menjadi solusi. "Di Fish Academy itu nanti seluruh pelatihan baik pelatihan pembibitan, budidaya, kuliner, prodak turunan pasar kita berikan," jelas Didik.

Anggota DPR RI dari Dapil Jatim IX (Bojonegoro-Tuban) ini menerangkan, di Fish Academy ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang mendorong untuk mendukung hulu-hilir. Mulai dari bibit, pakan, budidaya, prodak turunan dan pasarnya disiapkan.

"Kita ingin membangun pemberdayaan semua orang. Target saya mudah-mudahan mencarikan solusi buat BUMDes, kalau BUMDes mampu menjadi kemitraan saya dan mampu menjadi lembaga usaha seperti yang diharapkan maka BUMDesnya akan berkembang menjadi besar," terangnya.

Ketua Umum Cabang Olahraga Rugby itu menambahkan, ternak lele atau ikan ini hal yang terbiasa tapi masyarakat tidak dilindungi dengan pola pasar yang baik dengan pemberdayaan yang baik, pendampingan yang baik, dengan pemberdayaan prodak pasar yang baik pula.

"InsyaAllah pemberdayaan ini saya ikhtiarkan untuk menghasilkan sebuah lembaga profit. Siapa yang bermitra dengan kita, insyaAllah profit dan saya akan menjadi opteker semua hasil. Maka saya siapin konstorit siapapun yang panen ingin menjual kita tampung sesuai harga pasar," imbuhnya.

Ia menandaskan, Fish Academy ini bukan pabrik tapi budidaya, jadi budidaya itu penyerapan tenaga kerjanya juga terbatas, tapi lebih kepada keterlibatan partisipasi orang. "Mudah-mudahan bulan Februari atau Maret 2021 sudah bisa diresmikan," pungkas Didik. [zid/mu]

Tag : budidaya, fish academy


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat