16:00 . BPBD Laksanakan Kegiatan Edukasi Bencana Banjir dan Penyerahan Sembako   |   15:00 . IPNU IPPNU Gayam beserta FPKT Bahu Membahu Tanam 1000 Pohon   |   14:00 . BPBD Lakukan Penyemprotan Disinfektan   |   13:00 . Donor Plasma Konvalesen, PMI Bojonegoro Akan Lakukan Rapat Koordinasi   |   12:00 . 37.473 Warga Bojonegoro Terima BST Melalui Kantor Pos   |   11:00 . Dikawal Ketat, Vaksin Sinovac Tiba di Bojonegoro   |   10:00 . Hendak Melawan, Spesialis Pembobol Konter Didor   |   09:00 . Vaksin Sinovac Tiba di Bojonegoro   |   08:00 . Puluhan Ribu Vaksinator Bersiap Jadi Komunikator Andal   |   07:00 . Kesal dengan Suara Dengkuran Pasangan? Coba Lakukan Trik Aneh Ini   |   06:00 . PPKM Diperpanjang Hingga 8 Februari   |   23:00 . Membuat Minuman Herbal dari Bunga Sekitar Rumah   |   20:00 . Wacana Pasar Kota Dipindah, Pedagang Resah Bentangkan Spanduk   |   19:00 . Diterpa Pandemi, Ini Cara Bisnis Hotel dan Restoran Tetap Bertahan   |   18:00 . dr. Reisa: Bersama Kurangi Beban Garda Terdepan Penanganan Covid-19   |  
Tue, 26 January 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sulap Biji Salak Jadi Bubuk Kopi

blokbojonegoro.com | Monday, 11 January 2021 08:00

Sulap Biji Salak Jadi Bubuk Kopi

Kontributor: Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Selama ini kita mengenal kopi adalah minuman yang berasal dari biji kopi yang disangrai light, medium maupun dark. Kebanyakan dari orang menyebutnya kopi hitam. Namun saat ini sudah banyak minuman kopi yang bukan berasal dari biji kopi seperti kopi biji salak.

Kopi saat ini sangat bervariasi dan tidak hanya dihasilkan dari biji kopi saja. Ternyata biji buah salak juga bisa disulap jadi bubuk kopi yang sangat nikmat dengan rasa yang cukup unik.

Mungkin bagi sebagian orang kopi dari biji salak memiliki citarasa yang berbeda dari kopi pada umumnya. Buah salak yang memiliki kulit bersisik juga terdapat biji yang cukup besar di dalamnya, dan bisa dimanfaatkan sebagai minuman penghilang penat.

Hal ini dilakukan oleh Muhammad Nasikin salah satu warga Desa Tanjungharjo Kecamatan Kapas. Di Kecamatan Kapas ada beberapa desa penghasil Salak. Dari situlah Nasihin mempunyai ide untuk memanfaatkan biji salak yang kaya akan manfaat.

"Saya memulai usaha ini pada tahun 2017, Alhamdulillah hingga saat ini penjualan  masih berjalan lancar. Bahkan sudah sampai ke luar kota," ungkapnya.

Nasikin mengungkapkan, dalam sekali produksi ia memerlukan 25 kilogram biji salak agar bisa disulap menjadi 5 kilogram bubuk kopi.

Adapun proses pengolahan yang ia lakukan ialah dengan cara biji salak dipecah menjadi beberapa bagian, setelah itu dicuci bersih dan dikeringkan sampai benar-benar kering. Lalu disangrai dengan wajan dan tanah, bisa juga ditambahi sedikit jahe.

"Produk kopi biji salak ini saya kasih merek KBS. Dan alhamdulillah hingga saat ini KBS telah banyak diterima oleh masyarakat pecinta kopi," ucapnya.

Nasikin juga berimbuh, kopi biji salak memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh, salah satunya yaitu mengatasi asam urat dan menjaga stamina.

Omset yang ia dapat dalam satu bulan dari usaha ini kisaran Rp1,5 hingga Rp2 juta rupiah. Untuk promosi sendiri ia menggunakan sistem online dan juga offline.

"Kalau untuk proses pemasaran hingga saat ini saya bersyukur masih tetap lancar. Bahkan kemarin juga ada teman yang membeli KBS untuk dikenalkan di luar negeri serta beberapa kota lainnya, seperti Jakarta, Surabaya, Bali dan masih banyak lagi." tandasnya. [uul/mu]

Tag : biji salak, kopi biji salak, salak, salak bojonegoro, olahan salak


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat