Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sempat Siaga Hijau, TMA Bengawan Solo Mulai Surut

blokbojonegoro.com | Wednesday, 13 January 2021 18:30

Sempat Siaga Hijau, TMA Bengawan Solo Mulai Surut

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah hulu Sungai Bengawan Solo sempat membuat Tinggi Muka Air (TMA) Sungai Bengawan Solo di papan ukur Taman Bengan Solo (TBS), Keluharan Ledokwetan, Kecamata Kota, Kabupaten Bojonegoro, Rabu (13/1/2021) naik.

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulana Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, Nadif Ulfia, kenaikan tersebut disebabkan intensitas hujan cukup lebat di sebagian wilayah hulu Bengawan Solo, seperti Kabupaten Ngawi. Selain itu, beberapa wilayah di Kabupaten Bojonegoro juga beberapa hari lalu juga terjadi hujan deras.

"Meningkatnya TMA Bengawan Solo di Bojonegoro disebabkan oleh hujan lokal, selain itu di wilayah Dungus Ngawi juga sempat menyentuh siaga hijau, sehingga mendapat kiriman air dari sana," ungkapnya, Rabu (13/1/2021).

Dikatakannya, debit air Sungai Bengawan Solo mulai naik pada pukul 00.00 WIB dini hari tadi hingga menyentuh angka 12.22 phielschal. Kemudian pada pukul 06.00 WIB TMA Sungai terpanjang di Pulau Jawa ini sudah menyentuh angka 12.93 phielschal. 

Lanjut Nadif Ulfia, tinggi air terus meninggi hingga pukul 14.00 WIB bahkan mencapai batas hijau dengan tinggi permukaan air mencapai 13.17 phielschal. Namun pada pukul 15.00 WIB terpantau mulai surut hingga menyentuh angka 13.08 phielschal.

"Alhamdulillah saat ini sudah mulai surut, tetapi masih menyentuh siaga hijau. Sebab, untuk menentukan siaga hijau TMA Bengawan Solo di Papan Ukur Taman Bengawan Solo minimal menyentuh angka 13.00 phielschal," jelasnya. 

Ia juga menuturkan dengan meningkatnya status siaga tersebut, pihaknya juga telah berkordinasi dengan Kecamatan yang wilayahnya dilewati oleh Sungai Bengawan Solo agar diteruskan kepada perangkat desa. Selain itu, pihaknya juga meminta kepada masyarakat yang berada di bantaran Bengawan Solo agar meningkatkan kewaspadaan.

"Setelah debit naik jadi siaga, kita langsung koordinasi dengan Camat yang dilewati Sungai Bengawan Solo agar menginformasikan kepada warganya," tutup Nadif Ulfia.[din/col]

 

 

Tag : TMA , Bengawan solo, naik


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini