07:00 . Meski Boleh, Remaja Sebaiknya Tidak Terlalu Banyak Konsumsi Kafein!   |   21:00 . Safari Ramadhan Ke-6, Bupati Himbau Lebaran ini Agar Tidak Mudik Dahulu   |   20:00 . Proyek Gas JTB Diandalkan Penuhi Kebutuhan Gas Jatim   |   19:00 . Di Masa Pandemi, PEPC Tetap Berkontribusi Besar Pada Pajak Negeri   |   18:00 . Panen Kayu Putih di Wilayah Selatan Bojonegoro   |   17:00 . Penjual Nasi Kotak Dapatkan Pelanggan Banyak Saat Bulan Ramadan   |   16:00 . Permudah Masyarakat Mencari Kerja di Website Disperinaker   |   15:00 . UNUGIRI Langsungkan Pelantikan Ormawa Secara Online   |   14:00 . Disnakkan Pantau Stok Dan Harga Komoditas Peternakan   |   12:00 . Perusahaan Tempat Kerja Mangkir Bayar THR? Laporkan ke Sini   |   10:00 . Pemkab Bojonegoro Tindaklanjuti Inpres Optimalisasi Pelaksanaan Program Jamsostek   |   09:00 . Tak Boleh Mudik, Layanan KAI Dibatasi Hingga 5 Mei   |   08:00 . Meriah, Yayasan Bina Mulia Gelar Lomba se-Karisedanan   |   07:00 . Hati-hati, Jam Kerja Tak Teratur Bisa Tingkatkan Risiko Masalah Jantung!   |   20:00 . Hari Kartini, Polwan Polres Bagi Masker dan Imbauan Larangan Mudik   |  
Fri, 23 April 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sendang Templek yang Tersembunyi Keindahannya Saat Musim Penghujan

blokbojonegoro.com | Thursday, 14 January 2021 09:00

Sendang Templek yang Tersembunyi Keindahannya Saat Musim Penghujan

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Wisata air di Kabupaten Bojonegoro, rupanya bukan hanya Water Park, Waduk Pacal atau Bendung Gerak saja, banyak tempat indah nan alami seperti air terjun dan sumberan yang menyimpan pesona wisata tersendiri.

Sendang adalah kolam dari mata air alami yang berada di pegunungan atau hutan. Biasanya, sendang dimanfaatkan masyarakat sebagai sumber air minum, hingga untuk aktivitas mandi sehari-hari. Salah satunya, Kali Ubalan di Dusun Sendang Templek, Desa Jono, Kecamatan Temayang. Lokasinya berada kira-kira 20 kilometer dari pusat Kota Bojonegoro.

Sebuah sendang yang selama musim penghujan selalu tersembunyi aliran sungai ini, secara rutin di musim kemarau selalu menyuguhkan aliran air yang jernih. Selama musim penghujan, sungai selebar dua meter dengan tekstur batu di sepanjang alirannya ini tertutup oleh aliran sungai lain di atasnya.

Warga sekitar Sukiman mengatakan, jika musim penghujan seperti ini aliran air sendang tertutup dengan sungai di atasnya. Akan tetapi jika musim kemarau airnya mengalir jernih dengan tebing batu setinggi dua meteran, lebih mirip sebuah kanal kuno, namun warga setempat meyakini aliran tersebut terjadi secara alami.

"Kalau musim kemarau sendang ini selalu ramai, kedalaman air di Sendang Templek hanya setinggi pinggang orang dewasa dan jernih, itu menjadikan sendang ini cukup ramah dan menyenangkan untuk sekadar berenang atau berendam," ujarnya saat ditemui blokBojonegoro.com.

Bebatuan yang terlihat menjadi pemandangan yang memanjakan mata. Sendang Templek ini cocok digunakan bagi yang ingin berenang di alam atau sekadar berendam.

"Ketika datang ke sana, selalu jaga kebersihan sekitar dan jaga sopan santu. Jangan tinggalkan sampah atau merusak keindahan sendang," pesan lelaki paruh baya itu.

Konon, nama Sendang Templek diambil dari nama aliran sungai yang menyatu. Dasar sendang tersusun dari bebatuan dan pasir, jika pengunjung cukup berani, bisa juga mencoba masuk ke dalam goa kecil yang dialiri air di tempat itu. Tapi tetap harus hati-hati, karena jarak atap batuan dengan air hanya sekitar 30-40 cm.

Karena lokasinya yang masih tersembunyi, keindahan Sendang Templek ini baru dinikmati oleh warga sekitar. Uniknya, keindahan Sendang Templek ini hanya bisa dinikmati saat musim kemarau dan setelah sungai di atasnya mengering. [her/ito]

Tag : wisata, sendang, bojonegoro, temayang


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat