18:00 . Mulai 1 April, ASN di Bojonegoro Diwajibkan Gunakan Udheng Samin   |   16:00 . Usai Tenggak Miras Oplosan, Tiga Warga Bojonegoro Meregang Nyawa   |   15:00 . Mentan Andi Sulaiman Tinjau Gerakan Pompanisasi di Bojonegoro   |   13:00 . Pj Adriyanto Berharap Semua Kepala Desa Bergerak Aktif Membangun Daerah   |   19:00 . Fatayat NU Balen, Bojonegoro Bagikan Ratusan Takjil ke Pengguna Jalan   |   18:00 . Cegah Perang Sarung, Kapolres Bojonegoro: Pastikan Anak-anak Tak Pulang Larut Malam   |   17:00 . KAI DAOP 8 Tambah 11 Kereta Api Jelang Mudik Lebaran   |   15:00 . Seorang Guru di Bojonegoro Diduga Lecehkan Siswanya   |   08:00 . Jumlah Buaya di Bengawan Solo, Bojonegoro Diperkirakan 10 Ekor Lebih   |   22:00 . Hadiri Rapat Paripurna DPRD, Pj Bupati Bojonegoro Paparkan LKPJ Tahun 2023   |   21:00 . Fakta Persidangan Pengeroyokan di Bojonegoro : Pelaku dan Korban Sama Cari Musuh   |   20:00 . Dari Aku Perempuan Untukmu Perempuan   |   19:00 . Sidang Pengeroyokan di Bojonegoro, Ibu Korban Minta Pelaku Dihukum Mati   |   18:00 . Bojonegoro Diprediksi Surplus Beras Bulan Maret dan April   |   17:00 . Inspeksi Rumah Terancam Longsor, Pj Bupati Bojonegoro : Kami Sarankan Relokasi   |  
Tue, 19 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Penyebab dan Cara Mencegah Bau Badan, Biar Nggak Minder Saat Bergaul!

blokbojonegoro.com | Tuesday, 19 January 2021 07:00

Penyebab dan Cara Mencegah Bau Badan, Biar Nggak Minder Saat Bergaul!

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Bau badan adalah permasalahan yang dialami banyak orang. Bau badan akan sangat mengganggu, tidak hanya orang di sekelilingnya, tetapi dirinya sendiri.

Orang yang memiliki bau badan tidak sedap biasanya juga akan lebih menutup diri karena malu.

Bau badan pada dasarnya disebabkan karena keringat pada tubuh. Hal ini karena bakteri yang berkembang biak sehingga menyebakan bau.

Selain itu bau badan sendiri dapat disebabkan karena beberapa faktor antara lain:

- Pubertas
- Olahraga berat
- Cuaca hangat atau panas
- Kelebihan berat badan
- Perubahan hormon
- Kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes, penyakit hati, atau penyakit ginjal
- Beberapa obat, seperti antidepresan
- Diet
- Makanan berlemak, minyak, atau makanan berbau menyengat seperti bawang putih, kari, dan bawang bombay

Pencegahan bau badan

Tempat-tempat yang biasanya muncul bau badan yaitu di areah tubuh yang terdapat seperti ketiak, selangkangan, area anus, paha atas, dan kaki.

Bau badan sendiri dapat dicegah dengan beberapa hal seperto:

1. Jaga diri tetap bersih

Hal ini dapat dilakukan dengan mandi setiap hari untuk menghilangkan keringat dan bakteri di tubuh. Keringat pada dasarnya tidak berbau.

Namun, ketika bakteri yang hidup di kulit bercampur dengan keringat, mereka berkembang biak dengan cepat dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

2. Mencuci pakaian secara teratur dan pastikan mengenakan yang bersih

Ganti pakaian sesering mungkin saat berkeringat banyak. Pakaian segar membantu mengurangi bau badan.

Selain itu, pastikan untuk mengganti kaus kaki, terutama jika cenderung memiliki bau kaki.

3. Cobalah untuk menghindari makanan berbau menyengat

Makanan yang dikonsumsi akan sangat berpengaruh terhadap keringat. Selain itu, makanan juga berpengaruh terhadap banyaknya keringat yang diproduksi, terutama makanan pedas.

Aroma makanan seperti bawang merah atau bawang putih bisa terbawa oleh keringat. Di samping itu, minuman dengan kafein atau alkohol juga dapat membuat lebih banyak berkeringat.

4. Pakai antiperspiran sebelum tidur.

Antiperspiran adalah bahan kimia yang mengurangi keringat. Gunakan dua kali sehari di pagi hari dan sekali di malam hari. Bahan kimia ini mengandung aluminium klorida yang membantu menahan keringat.

5. Jaga area yang menyebabkan keringat tetap kering

Bakteri sulit berkembang biak di area tubuh yang kering. Mencukur ketiak secara rutin juga akan membantu mencegah penumpukan bakteri serta dapat mengurangi keringat dan bau badan.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan, pubertas, bau badan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat