09:00 . Satgas Covid-19 Monitoring Strain Virus Baru   |   08:00 . Makin Pedas, Harga Cabai Rawit Tembus Rp105 Ribu Perkilogram   |   07:00 . 30 Persen Anak Muda Disebut Alami Kecanduan Smartphone, Ini Saran Pakar   |   21:00 . Razia Kamar Kos, Dua Pasangan Diamankan, Satu Diantaranya Masih Pelajar   |   20:00 . Dinsos Tiadakan Pemberian Santunan Korban Covid-19 Meninggal Dunia   |   19:00 . Personil Binamulia Bantu Masyarakat Terdampak Bencana Banjir   |   18:00 . Asiknya Mancing di Embung Ngraden Kecamatan Padangan   |   17:00 . NU Sebut Vaksin Ikhtiar untuk Sehat   |   16:00 . Uang Nasabah BRI yang Sempat Hilang Telah Dikembalikan   |   15:00 . Warga Deling Ditemukan Meninggal Gantung Diri di Teras Rumah   |   14:00 . Farida Hidayati Serahkan Hibah 20 Mesin Jahit dan 2 Laptop Pada Pelatihan DPD LDII   |   13:00 . Desa dan Masyarakat Menjadi Garda Terdepan dalam Pencegahan Terorisme   |   12:00 . Jalan Menuju Dusun Bangkle yang Belum Teraliri Listrik Memprihatinkan   |   11:00 . Peningkatan Zona Kuning Harus Memotivasi Daerah Masuk Zona Hijau   |   10:00 . Integrasi Data Pusat - Daerah Akan Meningkatkan Kualitas Keakuratan   |  
Fri, 05 March 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Penyebab dan Cara Mencegah Bau Badan, Biar Nggak Minder Saat Bergaul!

blokbojonegoro.com | Tuesday, 19 January 2021 07:00

Penyebab dan Cara Mencegah Bau Badan, Biar Nggak Minder Saat Bergaul!

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Bau badan adalah permasalahan yang dialami banyak orang. Bau badan akan sangat mengganggu, tidak hanya orang di sekelilingnya, tetapi dirinya sendiri.

Orang yang memiliki bau badan tidak sedap biasanya juga akan lebih menutup diri karena malu.

Bau badan pada dasarnya disebabkan karena keringat pada tubuh. Hal ini karena bakteri yang berkembang biak sehingga menyebakan bau.

Selain itu bau badan sendiri dapat disebabkan karena beberapa faktor antara lain:

- Pubertas
- Olahraga berat
- Cuaca hangat atau panas
- Kelebihan berat badan
- Perubahan hormon
- Kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes, penyakit hati, atau penyakit ginjal
- Beberapa obat, seperti antidepresan
- Diet
- Makanan berlemak, minyak, atau makanan berbau menyengat seperti bawang putih, kari, dan bawang bombay

Pencegahan bau badan

Tempat-tempat yang biasanya muncul bau badan yaitu di areah tubuh yang terdapat seperti ketiak, selangkangan, area anus, paha atas, dan kaki.

Bau badan sendiri dapat dicegah dengan beberapa hal seperto:

1. Jaga diri tetap bersih

Hal ini dapat dilakukan dengan mandi setiap hari untuk menghilangkan keringat dan bakteri di tubuh. Keringat pada dasarnya tidak berbau.

Namun, ketika bakteri yang hidup di kulit bercampur dengan keringat, mereka berkembang biak dengan cepat dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

2. Mencuci pakaian secara teratur dan pastikan mengenakan yang bersih

Ganti pakaian sesering mungkin saat berkeringat banyak. Pakaian segar membantu mengurangi bau badan.

Selain itu, pastikan untuk mengganti kaus kaki, terutama jika cenderung memiliki bau kaki.

3. Cobalah untuk menghindari makanan berbau menyengat

Makanan yang dikonsumsi akan sangat berpengaruh terhadap keringat. Selain itu, makanan juga berpengaruh terhadap banyaknya keringat yang diproduksi, terutama makanan pedas.

Aroma makanan seperti bawang merah atau bawang putih bisa terbawa oleh keringat. Di samping itu, minuman dengan kafein atau alkohol juga dapat membuat lebih banyak berkeringat.

4. Pakai antiperspiran sebelum tidur.

Antiperspiran adalah bahan kimia yang mengurangi keringat. Gunakan dua kali sehari di pagi hari dan sekali di malam hari. Bahan kimia ini mengandung aluminium klorida yang membantu menahan keringat.

5. Jaga area yang menyebabkan keringat tetap kering

Bakteri sulit berkembang biak di area tubuh yang kering. Mencukur ketiak secara rutin juga akan membantu mencegah penumpukan bakteri serta dapat mengurangi keringat dan bau badan.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan, pubertas, bau badan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat