13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Diterpa Pandemi, Ini Cara Bisnis Hotel dan Restoran Tetap Bertahan

blokbojonegoro.com | Monday, 25 January 2021 19:00

Diterpa Pandemi, Ini Cara Bisnis Hotel dan Restoran Tetap Bertahan

Kontributor: Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Musibah pandemi Covid-19 seperti saat ini berdampak buruk bagi semua kalangan, dan memukul berbagai bidang ekonomi. 

Banyak pekerja yang harus dirumahkan. Banyak pula beberapa pengusaha yang harus tutup karena bangkrut. Meskipun, ada juga orang yang bangkit dan survive ditengah pandemi.

Pandemi tak hanya menerpa kaum menengah ke bawah, tapi hampir mengoyak semua bidang. Di antaranya pengusaha hotel dan restoran.

Moh. Subkhi, selaku Owner Hotel dan Resto MCM mengungkapkan, kondisi bisnis perhotelan dan restoran pada saat ini memprihatinkan. Kurang lebih satu tahun, kondisi berat dirasakan oleh pelaku usaha terutama yang bergerak di bidang pariwisata.

"Bisnis perhotelan dan restoran pada saat ini sangat lah prihatin. Kita semua merasakan kurang lebih satu tahun yang bergerak di bidang pariwisata khususnya perhotelan," ungkapnya.

Owner Hotel dan Resto MCM itu menambahkan, pembatasan wilayah skala kecil maupun besar yang diterapkan oleh pemerintah sangat lah mempengaruhi tingkat kegiatan masyarakat.

"Banyak dari masyarakat yang ingin berpergian, berlibur bersama keluarga, kerja dan melakukan kegiatan apapun di luar rumah namun pada saat seperti ini akhirnya semua terbatas," ujarnya.

Moh, Subkhi juga mengatakan beberapa cara agar perhotelan tetap mampu dikelola dan meminimalisir kerugian, yaitu dengan cara mengurangi tenaga kerja. Namun apabila sudah dirasa tidak mampu, lebih baik apabila ditutup sementara. Bahkan, ada juga yang apabila sudah berada di tingkatan biaya operasional tidak seimbang dengan pendapatan, maka bisa jadi dijual. 

"Jadi seorang pebisnis harus pandai dan mampu mengelola dengan kondisi yang ada," imbuhnya.

Adapun beberapa cara untuk survive yaitu harus memanfaatkan waktu dan kondisi saat seperti pandemi. Banyak hal yang bisa dilakukan di rumah saja dan menambah ekonomi keluarga. [uul/col]

Tag : Hotel, mcm, pandemi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat