21:00 . Razia Kamar Kos, Dua Pasangan Diamankan, Satu Diantaranya Masih Pelajar   |   20:00 . Dinsos Tiadakan Pemberian Santunan Korban Covid-19 Meninggal Dunia   |   19:00 . Personil Binamulia Bantu Masyarakat Terdampak Bencana Banjir   |   18:00 . Asiknya Mancing di Embung Ngraden Kecamatan Padangan   |   17:00 . NU Sebut Vaksin Ikhtiar untuk Sehat   |   16:00 . Uang Nasabah BRI yang Sempat Hilang Telah Dikembalikan   |   15:00 . Warga Deling Ditemukan Meninggal Gantung Diri di Teras Rumah   |   14:00 . Farida Hidayati Serahkan Hibah 20 Mesin Jahit dan 2 Laptop Pada Pelatihan DPD LDII   |   13:00 . Desa dan Masyarakat Menjadi Garda Terdepan dalam Pencegahan Terorisme   |   12:00 . Jalan Menuju Dusun Bangkle yang Belum Teraliri Listrik Memprihatinkan   |   11:00 . Peningkatan Zona Kuning Harus Memotivasi Daerah Masuk Zona Hijau   |   10:00 . Integrasi Data Pusat - Daerah Akan Meningkatkan Kualitas Keakuratan   |   09:00 . Kedatangan 10 Juta Dosis Vaksin Untuk Mencukupi Kebutuhan Vaksinasi Tahap 2   |   08:00 . Warga Napis Manfaatkan Lahan untuk Budidaya Terong   |   07:00 . Selain Bau Mulut, Waspada 3 Masalah Kesehatan Ini Jika Malas Menyikat Gigi   |  
Fri, 05 March 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Donor Plasma Konvalesen, PMI Bojonegoro Akan Lakukan Rapat Koordinasi

blokbojonegoro.com | Tuesday, 26 January 2021 13:00

Donor Plasma Konvalesen, PMI Bojonegoro Akan Lakukan Rapat Koordinasi

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Palang Merah Indonesia (PMI) Bojonegoro hingga saat ini belum bisa memproses terkait donor plasma konvalesen yang merupakan pengambilan darah yang berasal dari warga yang pernah terpapar Covid-19, sehingga akan diadakan rapat koordinasi (Rakor) dan sosialisasi pada Rabu (27/1/2021) mendatang.

Menurut Kepala Bidang Administrasi dan Keuangan UTD PMI Bojonegoro, Ali Syafaat,  bahwa terkait donor plasma konvalesen akan mengadakan rapat koordinasi dan sosialisasi terkait pengumpulan data calon pendonor bersama dengan pihak terkait. Termasuk Danramil, Kodim, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala RSUD, Kepala satgas Covid-19 Bojonegoro dan stakeholder terkait.

"Rabu kami mengundang stakeholder terkait guna rakor persiapan pengambilan plasma konvalesen," ungkap Ali Syafaat.

Menambahkan, untuk sementara ini pihaknya belum bisa memproses secara langsung donor plasma konvalesen disebabkan belum tersedia fasilitas berupa alat untuk pengambilan plasma.

"Kita belum bisa melakukan pengambilan karena memang belum memiliki alatnya sehingga harus ke Surabaya terlebih dahulu," tambah Ali Syafaat.

Untuk proses pengambilan plasma konvalesen sendiri harus melalui berbagai proses panjang. Diantaranya, mulai dari pendataan dan screening, pemeriksaan anti bodi, pemeriksaan IMLTD atau penyakit penyerta dengan cara Nad yang hanya bisa dilakukan di Surabaya karena keterbatasan alat. Hingga berbagai proses  pemeriksaan lainya.

"Satu pendonor bisa diambil tiga hingga empat kantong. Dua kantong untuk Surabaya, serta dua kantong lagi untuk PMI Bojonegoro," paparnya.

Meski begitu, pihaknya sudah melakukan akomodasi dari awal penyebaran Covid-19 di Bojonegoro. Diantaranya terkait pengambilan plasma konvalesen sehingga pasien tidak perlu mengambil sendiri ke surabaya, dengan catatan sesuai permintaan penerima konvalesen di Bojonegoro.

"Dari awal Covid-19 sudah kami lakukan akomodasi sehingga pasien tidak perlu repot datang ke Surabaya," pungkasnya. [liz/ito]

Tag : vaksin, jatah vaksin bojonegoro, ingat pesan ibu, pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan, cuci tangan pakai sabun, satgas covid 19, virus corona, vaksinasi


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat