18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |  
Thu, 25 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Harga Bawang Merah Anjlok, Petani Sekar Merugi

blokbojonegoro.com | Wednesday, 03 February 2021 08:00

Harga Bawang Merah Anjlok, Petani Sekar Merugi

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com -  Petani bawang merah di Desa Miyono Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro merugi, karena harga jual bawang merah tingkat petani merosot tajam dibanding harga pada panen sebelumnya.

Penyebabnya, diduga karena stok yang melimpah seiring dengan panen raya di sejumlah daerah penghasil bawang merah.

Saat ini, harga jual bawang merah di tingkat petani anjlok hingga Rp8.000-Rp9.000 per kilogram. Harga tersebut merosot tajam jika dibandingkan dengan harga panen sebelumnya yang mencapai Rp25.000 per kilogramnya. 

Heru Setiawan, petani bawang merah asal Desa Miyono Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro, ditemui awak media ini Minggu (31/1/2021) mengaku harga bawang merah saat ini tidak sesuai yang ia harapkan.

Dirinya mengaku, dengan lahan seluas 2.300 meter persegi miliknya, dirinya harus merogoh modal sekitar Rp15 juta, sementara pada panen kali ini, bawang merah basah di sawahnya, dengan sistem tebas atau borong, laku Rp11 juta. Padahal pada panen sebelumnya, dari sawah yang sama laku Rp25 juta.

"Padahal kualitas bawang merah di cukup bagus dan tak kalah dari daerah lain. Mungkin karena panen bawang merah tahun ini bersamaan dengan daerah lain sehingga harganya anjlok," katanya.

Dia menambahkan, dirinya pasrah dengan kondisi tersebut. Hasil panen bawang merah miliknya tidak sesuai dengan yang ia harapkan.

"Ya tetap dijual meskipun harganya turun. Gimana lagi, kami hanya bisa pasrah. Bisa laku saja kami sudah senang, bisa untuk modal tanam lagi," tutupnya.

Juni petani muda asal Dusun Grenjengan Desa/Kecamatan Sekar juga mengungkapkan hal senada, bawasanya untuk mengantisipasi harga bawang merah yang anjlok dirinya berinisiatif untuk mengecer bawang merah ke pasar-pasar lokal di kecamatan tetangga, seperti Ngasem, Ngambon, Tambakrejo bahkan hingga Ngraho.

"Ya mending saya jual ecer, harganya lebih mahal, dari pada di jual ke penadah, saya sering menjual ke pasar-pasar kecamatan lain hingga keluar kabupaten," ungkap Juni. [her/lis]

 

Tag : Harga, bawang , Petani rugi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat