11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Lestarikan Tradisi, Gadis Cantik Ini Tekuni Jadi Sinden

blokbojonegoro.com | Monday, 15 February 2021 18:00

Lestarikan Tradisi, Gadis Cantik Ini Tekuni Jadi Sinden

Kontributor: Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Sinden, kata ini identik dengan penyanyi tradisional yang mengiringi lagu-lagu Jawa. Tak banyak pemuda yang tertarik menjadi Sinden dan memilih menjadi penyanyi solo, pop atau jazz yang lebih populer dan kekinian. Namun, hal itu tak berlaku bagi gadis muda cantik yang berasal dari Desa Sekar Kabupaten Bojonegoro. Dia adalah salah satu remaja muda yang berbakat pada musik sinden. Septira Anggun Adinda, gadis yang berumur 16 tahun ini telah menggeluti dunia persindenan sejak ia kecil.

Gadis yang akrab disapa Ira ini mengaku nyinden adalah salah satu hobi yang ia geluti dari dulu. Dengan dukungan keluarga, Ira berhasil membawa namanya di dunia persindenan menuju jenjang Nasional.

"Kalau nyanyi saya sudah belajar dari kecil. Dan kata keluarga saya suara saya pantas apabila menyanyi kan lagu lagu gamelan atau yang biasa disebut nyinden. Jadi saya dari kecil sudah terbiasa nyinden," ujarnya.

Sementara, gadis cantik itu kini tercatat kelas XI SMK di salah satu sekolah kejuruan yang berada di Kelurahan Sekar. Meski masih sekolah Ira mengaku bisa membagi waktu antara kegiatan di sekolah dan aktivitas nyinden yang dia jalani.  

Ira pun menuturkan bahwa hingga saat ini ia masih sering belajar dengan senior-senior persindenan yang ia kenal. 

"Kalau nyinden ini real saya sendiri yang belajar. Lalu setelah sering ikut perform gitu saja jadi kenal senior-senior persindenan lalu saya juga banyak belajar dari mereka," imbuhnya.

Ia bangga menjadi sinden muda. Karena di era modern seperti ini jarang sekali gadis muda yang mau belajar nyinden. Selain mengenal lebih dalam arti kesenian dunia persindenan, ia juga menikmati prosesnya.

Selain itu, dara cantik ini menuturkan bahwa hingga saat ini kota yang paling jauh, yang ia kunjungi untuk melakukan pertunjukan yaitu di Kota Madiun. Bahkan, dia lebih sering ke Madiun daripada pentas di Kota Ledre.

Saat pandemi ini banyak jadwal pemestasan yang harus ia cancel. Selain harus menjaga diri sendiri, ia mengungkapkan bahwa orang tuanya tak menyetujui apabila ia berpergian jauh saat pandemi seperti ini.

"Selama pandemi ini belum perform lagi sama sekali. Karena kan ya banyak pertunjukan yang batal jadi jadwal manggung sendiri juga batal. Selain itu orang tua saja juga melarang untuk berpergian jauh di tengah pandemi seperti saat ini," pungkasnya.

Selain nyinden, Ira juga sering mengikuti pertunjukan orkes. Dari hasil jerih payahnya, Ira mengaku bisa membantu orang tuanya membayar sekolah selain itu juga membeli kebutuhan sehari-harinya.  

"Uang hasil manggung saya bagi, jadi ada yang saya tabung buat bayar sekolah, ada juga yang saya gunakan untuk kehidupan sehari-hari. Ditambah lagi orang tua saya sangatlah menyupport saya dalam keadaan apapun. Jadi saya selaku senang apabila melakukan pekerjaan yang saya gemari," tutupnya. [uul/lis]

 

Tag : Sinden, gadis, belia



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat