15:00 . Awak bB Sukseskan Vaksinasi untuk Tangkal Covid-19   |   14:00 . Puluhan Wartawan di Bojonegoro Ikuti Vaksinasi di Pendopo Malowopati   |   13:00 . Sepeda Masuk SPT Pajak, Begini Penjelasannya   |   12:00 . Bupati Tinjau Lokasi Terdampak Pasca Banjir Gondang   |   11:00 . Kesembuhan Covid-19 di Indonesia Terus Meningkat Menjadi 1.160.863 Orang   |   10:00 . Setahun Pandemi: Dampak Libur Panjang Jadikan Evaluasi   |   09:00 . Banjir Bandang Terjang Bojonegoro Selatan   |   08:00 . Meski Berada di Desa Pesanan Bordir Tembus Luar Daerah   |   07:00 . Awas, Kurang Paparan Lingkungan Hijau Tingkatkan Risiko ADHD pada Anak   |   06:00 . Kabupaten Bojonegoro Masuk Zona Kuning dengan Risiko Rendah   |   05:00 . Pasien Sembuh dan Kasus Baru 7 Orang, 1 Pasien Meninggal   |   21:00 . Setelah Divaksin Begini yang Dirasakan Ketua Komisi D DPRD Bojonegoro   |   20:00 . Grebek Pasangan Mesum, Satpol Temukan Alat Kontrasepsi Bekas Pakai   |   19:30 . Banjir Bandang Terjang 4 Desa di Gondang   |   19:00 . TMMD Perkuat Sinergitas Personel TNI dengan Masyarakat   |  
Wed, 03 March 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Buku 'Mendesain Pembangunan Bojonegoro Modern'

Gebrakan Bupati dalam Upaya Mendesain Pembangunan Bojonegoro Modern

blokbojonegoro.com | Tuesday, 23 February 2021 17:00

Gebrakan Bupati dalam Upaya Mendesain Pembangunan Bojonegoro Modern

Reporter:  Lizza Arnofia
 
blokBojonegoro.com - Meski baru memimpin selama dua tahun, Bupati perempuan pertama di Kabupaten Bojonegoro, Anna Mu'awanah telah menorehkan legacy sepanjang masa. Yakni penataan kota yang tidak akan dilupakan dalam pembangunan perekonomian di Bojonegoro. 
 
Tim penulis dari Dinas Komunikasi dan Informatika Bojonegoro, berupaya menjadikan buku 'Mendesain Pembangunan Bojonegoro Modern' ini sebagai salah satu hadiah pada hari spesial Bupati perempuan pertama di Bojonegoro. 
 
 
Di benak Bupati wanita pertama di Bojonegoro, mengubah Kabupaten Bojonegoro menjadi Kabupaten modern dari pembangunan infrastruktur jalan, jembatan berbasis data dan prioritas telah dilakukan tanpa mengenal lelah. 
 
Bupati Anna seakan menjawab pertanyaan dan kegelisahan C. L. M Panders dalam bukunya berjudul "Bojonegoro 1900-1942: A Story Of Endemic Poverty In Story East Java Indonesia".
 
Kegelisahan penulis asal Belanda seakan terjawab oleh sosok Bupati wanita yang tak kenal lelah. Sejak pertama kali dilantik pada, 25/09/2018 silam, hidupnya telah diwakafkan untuk pembangunan Kabupaten Bojonegoro. 
 
Melalui sentuhan tangan kreatifnya itu telah membawa Kabupaten Bojonegoro setara dengan Kota-kota lain di Indonesia, dengan kesan metropolis, bersih, estetika, produktif dan religius. 
 
"Berkat kegigihan Bupati Anna, apa yang telah Panders tulis seakan menemukan jawaban. Menjadikan Bojonegoro setara dengan kota lainnya," tulis Tim penulis dari Dinas Komunikasi dan Informatika Bojonegoro. 
 
Penulis juga mengungkapkan, kini banjir yang dahulu menjadi ketakutan masyarakat setiap tahunnya seakan telah sirna. Saluran drainase hingga sanitasi kini telah tertata dalam pola kehidupan. 
 
Desain jalan juga telah menyamai jalan tol, kini jalan cor sepanjang 250 kilometer tersebut juga saling terkoneksi. 
 
Sementara itu, dari segi pertanian yang menjadi sumber pencaharian mayoritas masyarakat Bojonegoro. Bupati juga turut mendukung dengan adanya program kartu petani mandiri (KPM). 
 
"Di tahun 2020 Bupati Anna menganggarkan Rp 75 Miliar, dan ini meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun 2019 sebanyak Rp 40 Miliar," tambahnya.
 
Terkait rumah tidak layak huni di Bojonegoro, Bupati Anna juga turut mendukung melalui program Aladin di tahun 2021 ini telah merencanakan rehabilitasi atau perbaikan untuk 3.927 unit rumah tidak layak huni (RTLH) melalui program Aladin. Jumlah ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 3.373 unit rumah.
 
Dalam sektor kesehatan, Bupati Anna melalui program inovatif pesta Gita atau peningkatan status gizi balita juga mampu menurunkan angka stunting di tahun 2020, sebanyak 6,87 persen. 
 
Tak hanya dalam sektor pembangunan infrastruktur jalan hingga kesehatan. Bupati Anna juga turut mendorong pengembangan BumDes dalam sektor wisata, berkomitmen meningkatkan minat baca dan menjaga arsip, hingga peduli terhadap pendidikan dan keagamaan. 
 
"Bu Anna juga turut mendorong pengembangan BumDes, pendidikan hingga keagamaan di Bojonegoro," paparnya. 
 
Tepat di hari Ibu, 22 Desember 2020, pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro meraih tiga penghargaan tingkat Nasional di ajang top digital awards 2020.
 
Diantaranya top leader on digital implementation 2020 kepada Bupati Bojonegoro, top digital transformation readiness 2020 pemkab Bojonegoro dan top digital implementation 2020 on district goverment Pemkab Bojonegoro level stars 4.
 
"Di tahun 2020 Pemkab Bojonegoro juga memperoleh 3 penghargaan tingkat Nasional," pungkasnya. [liz/ito]
 
Inilah beberapa penghargaan yang pernah diraih oleh Bupati Anna dalam pembangunan. 
 
1. Piagam penghargaan Kabupaten Bojonegoro sangat inovatif (Innovative Government Award 2020/Mendagri), anugerah karya utama adminduk 2020 Dinas pendidikan dan pencatatan sipil Kabupaten Bojonegoro. Terbaik 1 capaian pelayanan administrasi kependudukan kategori jumlah penduduk >1.250.000 jiwa.
 
2. Piagam penghargaan Bupati Bojonegoro penghargaan produktivitas sidohakarya tahun 2020 lomba pramakarya,  25 November 2020, 
 
3. Piagam penghargaan KBK Pinarak asik RSUD Padangan Juara favorite III kelompok KBK Pemerintah Provinsi Jawa Timur 2020 pada 14 November 2020.
 
4. Dalam bidang kesehatan piagam penghargaan Kabupaten Bojonegoro UHC (Universal Health Covage) kepesertaan produk dalam program jaminan kesehatan Nasional, 12 September 2020 atau Gubernur Jawa Timur.
 
5. Kabupaten penyedia informasi berkala terbaik anugerah keterbukaan informasi publik 2020, Kabupaten Bojonegoro laporan tahunan terbaik anugerah keterbukaan informasi publik 8 Desember 2020.
 
6. Kabupaten Bojonegoro, badan terinformatif se-Jawa Timur anugerah keterbukaan informasi publik 2020 pada 8 Desember 2020, 
 
7. Top leader on digital implementation 2020 kepada Bupati Bojonegoro, top digital transformation readiness 2020 pemkab dan top digital implementation 2020 on district goverment pemkab Bojonegoro level start 4.

Tag : desain, buku, bupati, bojonegoro, anna muawanah


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat