Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bisnis Tanaman Hias, Jutaan Rupiah Terus Mengalir

blokbojonegoro.com | Saturday, 20 March 2021 12:00

Bisnis Tanaman Hias, Jutaan Rupiah Terus Mengalir

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Perkembangan teknologi membuat banyak perubahan. Salah satunya, maraknya bisnis yang dilakukan secara online, termasuk bisnis tanaman hias.

Mereka menggunakan media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan barang dagangannya.

Contohnya seperti yang dilakukan Agus Utomo (31), pemuda asal Desa Wotanngare Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojobegoro, yang memanfaatkan media sosial untuk mendulang rupiah dari tanaman hias yaitu Adenium (Mawar Gurun).

"Pertama kali saya bisnis adenium sambil kerja, tapi kemudian saya memilih resign atau keluar dari tempat kerja. Saya ingin fokus bisnis adenium," ujar Agus Utomo kepada blokBojonegoro.com saat berkunjung ke kebun miliknya, Sabtu  (20/3/2021).

Di kebun milik Agus Utomo terdapat lebih 50 identitas bunga, dan terdapat lebih dari dua ribu pohon adenium. Harganya bervariasi, dari Rp50 ribu hingga Rp3,5 juta.

Dari macam tanaman tersebut, banyak yang menyukai adenium dengan akar yang berwarna emas. Para pembeli datang dari sejumlah daerah di Indonesia, seperti Papua, Aceh, Jakarta, Bandung dan Bali.

"Setiap hari banyak yang pesan tanaman hias jenis adenium, karena saya menjaga kualitas pohon. Hal itu yang menjadi pertimbangan mengapa orang membeli ke sini," kata bapak satu anak ini.

Media sosial memudahkannya menjangkau pembeli dari seluruh Nusantara. Pemesan aglonema dari Sumatera sampai Papua. Dia merintis bisnis tanaman hias sejak tahun 2018. Ia mengaku merintis bisnisnya ini disebabkan karena mencari kesibukan ketika pulang libur kerja dari tambang dan tidak ada kegiatan.

"Saya kan dulu bekerja di Tambang Nikel, selama 6 minggu bekerja dan 2 minggu libur, ketika di rumah tidak ada kegiatan maka saya mencari kesibukan menggeluti Adenium ini, ternyata ketika ditelateni dengan sungguh-sungguh, tanaman ini bisa menghasilkan dua kali lipat gaji dibanding pekerjaan saya dulu hingga 30 juta," ujar alumni KMI Assalam Bangilan Tuban ini. [her/mu]

Tag : bisnis, usaha, tanaman hias



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini